timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Disurvei Dinas Pariwisata, Wisata Alam Khas Cina Akan Segera Dibuka di Bone

Dinas Pariwisata melakukan survei terhadap wisata alam baru di Kabupaten Bone, (dok)
TIMURKOTA.COM, BONE-


Wisata alam baru yang nantinya akan dikelola dan dikembangkan masyarakat di Dusun Kelling, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, sementara dalam tahap survei Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Wisata Air Terjun Tabbunce'e nantinya akan dikonsep ala masyarakat Kecamatan Cina, sehingga tak hanya dijangkau penduduk desa saja. Namun lebih dari itu, diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar kecamatan maupun kabupaten.

Kepala Dinas Pariwisata, Budiono mengatakan hasil pantauan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa air terjun tersebut punya potensi besar untuk di kembangkan.

"Akan kita desain dengan melakukan penanaman pohon. Sehingga pengunjung akan berbondong-bondong datang ke tempat wisata ini," ungkapnya menjelaskan.

Jika dikembangkan dengan baik, maka perekonomian masyarakat bakal mengalami peningkatan. Warga setempat bisa menawarkan jualan, baik buah-buahan maupun makanan lainnya yang bisa dicicipi pengunjung di lokasi air terjun.

"Jika pariwisata ini mau dikembangkan harus dibenahi lebih menarik. Termasuk akses jalan masuk ke air terjun dan lokasi parkir," katanya menerangkan.

Sementara, Sekretaris Dinas Pariwisata, A Muhammad Faizal SE MSi melanjutkan,   harus ada pembentukan pengelola pariwisata yang dibentuk pemerintah desa. 

"Lalu kami dari Dinas Pariwisata akan memberikan pembinaan. Apalagi kami di Dinas Pariwisata sering mengadakan pelatihan pengelolaan pariwisata sehingga pariwisata akan lebih maju,"Jelasnya.

Jika ini dikelola dengan baik, maka tentu pemasukan desa akan lebih bagus. Karena ini salah satu pendapatan desa dan sangat berpotensi dikembangkan.

Kepala Desa Ajangpulu, Jamil menambahkan bahwa akses jalan masuk ke lokasi air terjung akan dilakukan pemabenahan. Demikian pula sungai yang ditempati mandi akan dilakukan pembenahan. Sehingga pengunjung akan tertarik.

,"Insya allah dalam waktu dekat ini kami akan perbaiki jalan masuk ke lokasi air terjun,"ungkapnya menjelaskan.

(rill/as)


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close