Iklan

Pengusaha di Bone Ceritakan Detik-detik Menegangkan saat Tangkap Perampok yang Beraksi di Rumahnya

timurkota.com_official
Jumat, Januari 26, 2024 | 5:38 AM WIB Last Updated 2024-01-25T22:49:42Z

Penulis: Makmur
Editor: Herman Kurniawan

Ilustrasi pelaku perampokan di tangkan di Bone (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Terdengar suara gaduh, seperti orang sedang berkelahi, membuat seorang pelaku yang berjaga di luar rumah menyadari bahwa rekannya tertangkap. 

Akhirnya, RA (17) memilih kabur. Ia lari kembali ke sepeda motornya lalu tancap gas ke kampung halamannya di Desa Ponre-ponre, Kecamatan Libureng. 

Sementara sang eksekutor, LE ditangkap pemilik rumah. Sideking menceritakan awalnya pelaku sempat melakukan perlawanan. 

Namun dirinya mampu menaklukkan hingga  berhasil ditangkap. Ia mengaku, setelah tertangkap pelaku diserahkan ke pihak kepolisian.

"Jadi memang saya menunggu di rumah tempat berjualan tak jauh dari pasar. Di rumah ini kalau malam dalam keadaan kosong," tukas, Sideking.

Setelah jarum jam menunjukkan Pukul 01.00 Wita, Sideking mulai mendengar ada tanda-tanda pelaku berusaha masuk ke dalam rumah. 

Mendengar itu, ia tetap tenang di dalam rumah. Dirinya bahkan mengaku tetap bersembunyi agar tak terlihat oleh pelaku.

"Sempat merasa was-was juga karena berpikir jangan sampai pelaku membawa senjata tajam," terang dia.

Setelah pelaku masuk, Sideking langsung menangkap. Karena pelaku melakukan perlawanan dan terdengar gaduh hingga di luar rumah, akhirnya pelaku lain yang berjaga langsung kabur. 

"Setelah terdengar bahwa rekannya tertangkap. Pelaku yang ada di luar kemudian memilih melarikan diri," bebernya. 

Pasca ditangkap, Sideking kemudian berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk segera mengamankan pelaku karena berpotensi jadi bulan-bulanan massa.

Sebelumnya, Dua anak di bawah umur berinisial RA (17) dan LE (17) tertangkap melakukan aksi perampokan di rumah milik salah seorang pengusaha bernama, Sideking di Desa Mario, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (25/01/24) Pukul 01.00 Wita.

Kepada tim timurkota.com, korban menceritakan detik-detik dirinya menangkap pelaku pencurian yang masuk ke dalam rumahnya dengan cara memanjat melalui bagian atap.

Menurutnya, setelah menaruh curiga lantaran lebih 10 karung beras disimpan di rumah pabrinya hilang. 

Ia kemudian memutuskan diam-diam masuk ke dalam rumah tempatnya menjual barang campuran untuk mengintai pelaku.

"Saya memang sengaja menunggu di dalam rumah dan memadamkan lampu. Pelaku masuk dengan cara memanjat di bagian atap," ungkapnya.

Setelah pelaku masuk ke dalam rumah, Sideking langsung menangkap meski pelaku sempat berupaya melakukan perlawanan untuk meloloskan diri.

"Saat saya tangkap pelaku yang masuk, rekannya kemudian tancap gas menggunakan sepeda motor meninggalkan lokasi," tambahnya. 

Pelaku yang sempat melarikan diri juga telah diamankan pihak kepolisian. Saat ini kedua pelaku telah ditahan di Mapolsek Libureng.

"Dua orang sudah ditangkap, mereka ini sudah berulang kali melakukan pencurian. Saat saya dapat, pelaku hendak mencuri uang dan barang jualan," terangnya.

Pelaku beralih ke tempat jualan, lantaran stok beras yang tersimpan di rumah tak jauh dari pabrik milik korban sudah ludes.

"Jadi yang diambil lebih 10 karung beras, total satu ton lebih, kalau dihitung jumlah kerugian tak kurang dari Rp17 juta," imbuhnya.

Pihak korban berharap, kasus tersebut ditangani dengan serius meski pelaku masih di bawah umur.

"Melakukan perampokan dengan jumlah satu ton lebih beras ini bukan main-main. Harapan kami penadah juga diperiksa, jangan sampai aksi pencurian ini melibatkan lebih dari dua pelaku," lanjut dia.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku mencuri beras lebih satu ton dengan cara bertahap. Hampir setiap malam mereka melancarkan aksinya. 

Pelaku mengetahui kondisi lokasi, lantaran salah seorang diantaranya berinsial RA merupakan mantan buruh yang bekerja di pabrik korban. 

"Jadi salah seorang pelaku mantan karyawan saya. Makanya mereka tahu kapan lokasi dalam keadaam sepi," tutupnya.

Sementara itu dua pelaku saat ini tengah menjalani penahanan di Mapolsek Libureng. Nantinya kasus akan diambil alih Satuan Reserse Kriminal Polres Bone.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengusaha di Bone Ceritakan Detik-detik Menegangkan saat Tangkap Perampok yang Beraksi di Rumahnya

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan