Iklan

Soal Laporan Hoax Tuduhan Kendor Bunuh Ibu Kandung, Anak Almarhum Hj Dahliah Datangi Polres Bone, Tuntut Pelaku Segera Diproses

timurkota.com_official
Rabu, November 29, 2023 | 11:38 AM WIB Last Updated 2023-11-29T04:44:10Z

Edar Alias Kendor saat keluar dari ruang Unit Tipiter Polres Bone (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Tiga orang anak almarhum Hj Dahliah mendatangi Unit Tipiter-Cyber Satuan Reserse Kriminal Polres Bone guna menanyakan kelanjutan laporan dugaan pelanggaran ITE. 

Pihak keluarga korban tiba di Mapolres Bone, Rabu (29/11/23) sekira pukul 09.00 Wita.

Anak kandung Almarhum Hj Dahliah bernama, Edar Alias Kendor menanyakan laporan yang telah ia buat tertanggal 20 November 2023 lalu. 

Dalam laporan tersebut, Kendor selaku korban merasa dirugikan dengan adanya informasi melalui rekaman suara dan pesan berantai di media sosial yang menyebut bahwa dirinya membunuh ibu kandungnya sendiri.

Menantu Almarhum Hj Dahliah, bernama Andi Adnan mengatakan, bahwa kasus tersebut semestinya tidak dibiarkan berlarut-larut oleh pihak kepolisian. 

"Kalau kurang saksi untuk membuktikan keterlibatan terlapor. Kami bisa hadirkan berapa pun diminta oleh penyidik. Apalagi ada saksi yang di dalam grup WhatsApp dimana pelaku mengirim rekaman suara itu mengaku sempat menegur namun tetap dilanjutkan," tukasnya. 

Ia kemudian menerangkan, tujuan pihak keluarkan korban mendatangi Polres Bone untuk menyampaikan kepada pihak kepolisian terkait dengan desakan keluarga besar almarhum.

"Kami datang ke sini untuk menanyakan kelanjutan laporan pelanggaran ITE. Pasalnya, sampai saat ini pihak terlapor belum dipanggil untuk dimintai keterangan," ungkapnya yang merupakan menantu Almarhum Hj Dahliah.

Ia melanjutkan, pihaknya berharap agar penyidik bertindak cepat. Mengingat pihak keluarga besar korban mengetahui pelaku. 

"Bahkan ada beberapa keluarga kalau ketemu di masjid, bilang kalau memang polisi tidak mau ambil pelakunya. Kita yang ambil baru serahkan ke mereka. Namun saya masih bisa tahan," terangnya. 

Dirinya mengungkapkan, pihaknya tak bisa menjamin jika ada tindakan main hakim sendiri dari pihak keluarga korban. 

"Kalau setiap hari pelaku terlihat baru tidak ada tindakan siapa yang bisa tahan. Ini menyangkut nyawa, kami kehilangan orang tua lalu dituduh lagi sebagai pelaku," tegasnya. 

Sementara itu, Edar Alias Kendor mengatakan, pihak keluarga besarnya sudah banyak yang geram dengan belum adanya kelanjutan laporannya.

"Keluarga besar kami di Ancol Phatend juga tidak terima. Kalau memang pihak kepolisian tidak ambil pelaku, bisa-bisa kami yang datangi," tukasnya.

Selaku anak, Kendor mengaku selalu teringat peristiwa tragis yang menimpa ibu kandungnya tiap kali ada yang menanyakan kelanjutan laporannya di kepolisian. 

"Kalau tiba-tiba ada yang tanyakan bagaimana mi itu laporanta na adaji pelaku belum diperiksa, disitu muncul rasa emosi, dan saya pasti teringat bagaimana saat menemukan mamaku tergeletak lalu dikejar pelaku," tutupnya.

Paur Humas Polres Bone, Iptu Rayendra Muchtar SH yang ditemui timurkota.com di ruang kerjanya mengatakan, bahwa terkait dengan perkara tersebut pihaknya akan berupaya mendatangkan saksi. 

"Kalau sudah disurati kemudian tidak datang, kita akan surati kembali. Bisa juga anggota datang ke saksi yang dimaksud untuk memberi penjelasan sekaligus memintai keterangan sebagai klarifikasi," terangnya. 

Mengenai penjemputan secara paksa terhadap saksi bisa saja dilakukan ketika nantinya status kasus naik ke penyidikan. 

"Kalau status kasus sudah naik ke penyidikan. Kemudian dia kali dilakukan pemanggilan, lalu tidak datang, maka dilakukan jemput paksa," tukasnya. 

Rayendra meminta kepada pihak pelapor agar mempercayakan proses hukum ke pihak kepolisian.

"Pasti ditindak lanjuti, dan saksi atau pun terlapor akan dihadirkan. Kalau sudah cukup bukti tentu status kasus dinaikkan dan itu akan dilakukan jemput paksa nantinya," tegas Perwira dua balok ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Soal Laporan Hoax Tuduhan Kendor Bunuh Ibu Kandung, Anak Almarhum Hj Dahliah Datangi Polres Bone, Tuntut Pelaku Segera Diproses

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan