Iklan

PSM Makassar Resmi Ditinggal Pemain Timnas U-20, Manajemen Temukan Pengganti Sepadan

timurkota.com_official
Kamis, Mei 11, 2023 | 9:47 AM WIB Last Updated 2023-05-11T02:47:01Z

Wiwink-Bola, Kamis 11 Mei 04:40 WIB

Bek PSM Makassar berduel dengan striker tim Bhayangkara


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pasukan Ramang PSM Makassar secara resmi telah ditinggal pemain inti mereka untuk musim depan. Pemain yang juga merupakan eks timnas kelompok umur 20 itu telah pamit.

Jangan Lewatkan: Striker Haus Gol Asal Brasil Resmi Jadi Rekrutan Asing Kedua PSM Makassar Musim Depan


Jangan Lewatkan: Cek Fakta: Reza Arya Resmi Gabung Persija, Kiper Timnas Gantikan di PSM Makassar

Salah satu alasan meninggalkan PSM Makassar yakni ingin mendapatkan menit bermain lebih banyak bersama klub barunya.

Manajemen PSM Makassar secara resmi berpisah dengan pemain yang pernah berguru di Liga Korea Selatan. 

Jangan Lewatkan: Lalui Proses Transfer Sama Seperti Yuran Fernandes, Striker Baru Asal Brasil Resmi Gabung PSM Makassar

Jebolan pemain timnas kelompok umur itu, meninggalkan PSM Makassar setelah menjadi bagian Pasukan Ramang dalam merebut juara Liga 1 2023 lalu.

Jangan Lewatkan: Tanpa Sebut Peran Tavares dan PSM Usai Cetak Brace di Timnas, Sananta Diingatkan 'Kacang Lupa Kulit' dan Disebut Segera Gabung Persis 

Belum diketahui kemana sang pemain melanjutkan karir sepakbolanya musim depan. Ia dipastikan tak akan mengalami kesulitan menemukan klub baru.

Manajemen PSM Makassar secara resmi telah melepas pemain eks Timnas Indonesia U-23.

Jangan Lewatkan: Top Skor Sepanjang Masa Miliknya Disebut Resmi PSM Makassar, Bos PSIS Semarang Ucapkan Terimakasih dan Salam Perpisahan 

Alasan manajemen tak memperpanjang lebih kapada gaya permainan tidak masuk dalam skema permainan Bernardo Tavares.

"Melalui Ups dan Down terimakasih untuk semuanya," tulis, Dallen Doke melalui unggahan video di akun instagram pribadinya.

Jangan Lewatkan: Dikontrak Jangka Panjang, Kapten Timnas Resmi Gabung PSM Makassar, Siap Curi Hati Bernardo Demi Posisi Inti

Pemilik nama lengkap Dallen Ramadhan Rovani Doke itu pun merupakan satu dari beberapa pemain bertahan yang pernah memperkuat Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019 di Kamboja.

Dallen Doke merupakan salah satu dari dua pemain muda Indonesia yang dikabarkan akan menuju Korea Selatan (Korsel). Ia bakal mengikuti trial bersama Cheongju FC.

Asal tahu saja, pemain kelahiran Jakarta berusia 21 tahun itu ternyata memiliki cukup banyak pengalaman di Spanyol. 

Jangan Lewatkan: Disebut Resmi ke PSM Makassar, Stefano Lilipaly Blak-blakan Akui Tergiur Ingin Rasakan Assist Berkelas Wiljan Pluim

Pesepak bola yang sempat bermain bersama Persipasi Bandung Raya itu pernah berlatih dan bermain dengan sejumlah klub di Spanyol.

Dallen tercatat pernah berlatih di akademi Torre Levante, sebelum bermain bersama CD Castellon di Tercera Division, dan kemudian sempat dipinjamkan ke Alcudia yang juga berlaga di Tercera Division.

Jangan Lewatkan: Striker Timnas Senior Lebih Ganas dari Sananta Resmi ke PSM Makassar

Pengalaman tersebut tentu menjadi sebuah modal yang sangat bagus bagi Dallen yang kemudian bergabung bersama Bali United jelang Liga 1 2018, setelah memiliki pengalaman memperkuat Serdadu Tridatu U-19 pada 2017.

Meski hanya mendapatkan 578 menit bermain dalam 8 pertandingan, Dallen Doke yang diplot menjadi bek sayap oleh Widodo Cahyono Putro berhasil menyumbang satu gol yang dicetak saat Bali United kalah 2-3 dari Bhayangkara FC, dan satu assist untuk gol Melvin Platje ketika menang 2-0 atas Persija Jakarta di Bantul.

Pada awal tahun 2020, Dallen pun direkrut oleh Persita Tangerang. Musim ini sebelum pandemi, ia telah mencetak 1 gol dan 1 assist dalam 9 laga di Liga 1.

Alta Ballah Jadi Pengganti

PSM Makassar dan Alta Ballah telah dirumorkan beberapa waktu terakhir. Ia akan menjadi randem Yance Sayuri yang kemungkinan besar di dorong ke posisi winger murni bersama kakaknya, Yakob Sayuri.

"Altah Ballah, sama dengah Rizky Pellu. Dia juga sudah tanda tangan kontrak di PSM Makassar. Namun yang berhak menyampaikan secara resmi nanti manajemen," ungkap sumber terpercaya, media ini di internal PSM Makassar.

Dukungan terhadap tim PSM Makassar untuk memaksimalkan skuad untuk mewakili Indonesia pada ajang AFC Cup dan kalau juara musim ini Liga Champions Asia terus mengalir.

Jangan Lewatkan: Tiga Pemain Resmi Tinggalkan PSM Makassar di Saat Tenaganya Dibutuhkan, Sempat Disesalkan Bernardo Tavares, Kini Karirnya Redup

Sejumlah nama pemain muda ditawarkan kepada Pasukan Ramang. Mulai dari Hugo Samir hingga Rizky Fandi sempat dikaitkan dengan PSM Makassar.

Selain itu ada nama pemain keturunan lain yang dinilai cocok dengan skema permainan Bernardo Tavares di PSM Makassar. 

Jangan Lewatkan: PSIS Semarang Dibuat Kecewa Berat, Bidikannya yang Bisa Main di 4 Posisi Resmi Bergabung PSM Makassar Hingga Beberapa Musim ke depan

Pemain tersebut merupakan keturunan Liberia-Indonesia, Alta Ballah. Kabarnya ia akan segera meninggalkan Persebaya Surabaya tim yang dia bela musim ini.

Selain diminati PSM Makassar, Alta Ballah juga dikabarkan tengah digoda manajemen Madura United.

Jangan Lewatkan: Kabar Gembira Buat PSM Makassar, Persib Bandung Ditinggal Dua Pemain Kunci Saat Penentuan Gelar Juara Lawan Persija

Persebaya Surabaya pun tampaknya harus berkerja ektra keras untuk membentengi pemain andalannya di bursa transfer pemain Liga 1 musim depan. 

"Bek muda Persebaya Surabaya Alta Ballah kabarnya digoda Madura United." Tulis transferbolaindo, Minggu (26/03/23).

Bersama Persebaya Surabaya, Alta musim ini telah bermain sebanyak 26 kali dengan torehan satu gol. Bermain sebagai bek kiri ia termasuk pemain yang memiliki kelebihan dan bertahan maupun menyerang.

Jangan Lewatkan: WARNING- Buat Duo Sayuri dan Ramadhan Sananta, Resmi Tinggalkan PSM Makassar Karir Tiga Pemain Redup

Altalariq Erfa Aqsal Ballah lahir di Tangerang, Banten, pada 30 Desember 2000. Artinya saat ini usianya telah menginjak 22 tahun.

Dia merupakan putra dari legenda Persita Tangerang dan Persebaya, Anthony Jomah Ballah, yang merupakan pemain asal Liberia yang menikah dengan seorang wanita Indonesia. Jelas jika darah keturunan Indonesia Alta mengalir dari sang ibu.

Sejak kecil Alta memang telah berminat terjun ke dunia sepak bola seperti sang ayah. Sejak usia enam tahun, Alta diketahui sudah masuk dalam Sekolah Sepak Bola (SSB).

Alta kemudian sempat lolos seleksi di tim Barito Putera U-17 saat usianya masih 15 tahun. Dia kemudian hijrah ke pulau Jawa dan bergabung dengan tim Persib U-20 pada 2019.

Jangan Lewatkan: Satu Musim Menimba Ilmu di Klub Lain, Winger Cepat Bakal Jadi Pesaing Berat di Lini Tengah PSM Makassar

Ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonnya, Alta kemudian bergabung dengan Persita Tangerang setahun kemudian berperan sebagai bek sayap kiri. Dia tergabung di tim utama Pendekar Cisadane-julukan Persita- dan mulai mentas di musim 2021-2022 mencatatkan 20 caps.

Pada April 2022 lalu, Alta pun berlabuh ke Persebaya Surabaya. Klub yang juga pernah dibela sang ayah.

Alta sendiri telah memiliki bakat mumpuni sebagai pesepak bola. Dia sejatinya sempat mendapat panggilan Timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada Mei 2021 lalu untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Alta Ballah sebenarnya juga sempat lolos trial di salah satu klub Liga Spanyol. Namun Alta Ballah rela tak jadi ke Spanyol demi kecintaannya pada Indonesia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PSM Makassar Resmi Ditinggal Pemain Timnas U-20, Manajemen Temukan Pengganti Sepadan

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan