timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Berkat Polesan Bernardo Tavares, Pemain Liga 3 Mampu Tembus Timnas Indonesia Dalam Kurung Satu Tahun

Baca Juga

Wiwink-Bola, Kamis 29 Desember 04:31 WIB

Ramadhan Sananta tampil membela timnas Indonesia lawan Brune Darussalam

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menjadi buah bibir setelah mampu mengorbitkan sejumlah pemain muda untuk mengisi suad utama mereka.


Jangan Lewatkan: Lepas Dallen Doke, PSM Makassar Resmi Datangkan Jebolan Liga Utama Belgia Sebagai Pengganti?

Sederet nama yang tak pernah terdengar selama ini di Liga 1 muncul berkat keberaniaan pelatih asal Portugal memainkan pemain muda.

Ricky Pratama, Victor Jonson, Muhammad Dzaky, Ananda Raehan, Ramadhan Sananta hingga terakhir Mulfi Hidayat merupakan pemain muda yang selama ini tak mendapat ruang untuk bermain.

Jangan Lewatkan: Pilih Pulang ke Jepang, Rupanya Kontrak Kenzo Nambu Belum Diperpanjang di PSM Makassar: Ini Pernyataan Terbarunya

Khusus untuk Ramadhan Sananta. Ia betul-betul menjadi pemain yang menemukan masa depannya bersama Bernardo Tavares. Pasalnya, satu tahun berlalu Sananta masih bermain bersama dengan klub liga 3 di kampung halamannya.

Saat bermain bersama Persikabo 1973, ia menjadi penghangat bangku cadangan. Keberaniannya datang ke Makassar mengikuti trial membawa berkah bagi karir Sananta. 

Lonjakan karier yang luar biasa diperlihatkan Muhammad Ramadhan Sananta, striker muda yang terpilih untuk membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Ramadhan Sananta merupakan pesepak bola kelahiran Daik, Lingga, Kepulauan Riau, pada 27 November 2002. Dengan demikian, Ramadhan baru menginjak usia 20 tahun.

Jangan Lewatkan: Resmi, Bernardo Tavares Sepakat Perpanjang Kontrak dengan PSM Makassar: Klub Liga 1 dan Portugal Gigit Jari

Ramadhan Sananta mengawali karier profesionalnya dari Liga 3. Saat usia 18 tahun, ia bergabung dengan PS Harjuna Putra yang main di Liga 3 Sumatra Utara.

Kala itu, sosok Ramadhan cukup menonjol karena sebagai striker muda, berpostur 1,82 meter. Ia juga sukses membawa timnya jadi semifinalis Liga 3 Sumut.

Alhasil, pada Januari 2022, Ramadhan Sananta akhirnya direkrut oleh tim Liga 1, yakni Persikabo 1973. Dia akhirnya mengawali sebutnya di Liga 1 pada bulan Februari.

Akan tetapi, Ramadhan jarang mendapat menit bermain. Ia hanya bermain empat laga, itu pun sebagai pemain pengganti.

Bulan Mei 2022 lalu, ia memutuskan untuk mengikuti trial di PSM Makassar, di bawah komando pelatih asing, Bernardo Tavares.

Hasilnya, Ramadhan Sananta dinilai layak untuk memperkuat PSM Makassar. Ia lolos dan resmi berseragam Juku Eja, dan punya kans untuk bermain di ajang internasional.

Ramadhan terlebih dulu mengawali debut bersama PSM Makassar di ajang pramusim Piala Presiden 2022. Ia unjuk gigi dalam dua laga, melawan Persik Kediri dan Borneo FC.

Ketika PSM Makassar bermain di Piala AFC 2022, Ramadhan Sananta juga menjalani debut di ajang internasional, menghadapi Tampines Rovers hingga Kuala Lumpur FA.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close