timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

6 Fakta Mistis Permandian Baruttung Kahu. Ada Pohon Cinta Dipercaya Datangkan Jodoh



Editor: hamzah/timurkota

TIMURKOTA.COM, KAHU-
Edisi akhir pekan kali ini tim timurkota.com mengunjungi salah satu tempat permandian alam yang terletak di wilayah bagian selatan Kota Watampone, tepatnya di Desa Matajang, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.


Permandian Baruttung, selain dikunjungi para wisatawan lokal. Tempat ini selalu ramai pada momen-momen tertentu misalnya usai panen raya, hingga ada tradisi warga yang memiliki garis keturunan tertentu setiap habis melaksanakan pesta pernikahan mereka ke lokasi untuk rekreasi sebagai bentuk kesyukuran mereka.


Berikut tim timurkota.com merangkum enam fakta menarik terkait dengan Permandian Baruttung Kahu:


1. Penunggu Kembaran Manusia


Umumnya masyarakat di Indonesia percaya dengan adanya manusia yang berwujud buaya kemudian tinggal di dalam air. Bahkan dibeberapa wilayah seperti Kalimantan Timur ada seorang pria merawat buaya berukuran raksasa dengan dali binatang buas tersebut merupakan kembaran anaknya.


Hal sama pun dipercayai sebagian masyarakat yang berkunjung ke Permandian Baruttung. Ada beberapa warga bahkan datang ke sungai tersebut membawa sesajen. 


Alasannya mereka mempercayai bahwa pada zaman dulu ada nenek moyangnya yang memiliki kembar diturunkan di sungai itu.


"Sejak ada kepercayaan dari nenek moyang kita bahwa ada manusia kembar dengan menyerupai buaya, disitulah mereka mempercayai bahwa kembarannya itu diturunkan di sungai itu." Kata Andi Sri Reski.


2. Pantang Berbicara Takabur dan Angkuh


Warga atau tokoh masyarakat yang dituakan selalu berpesan bahkan menegur ketika ada pengunjung remaja yang takabur ataupun melakukan tindakan tak terpuji. 


Hal itu dilakukan lantaran menurut kepercayaan masyarakat penunggu tempat tersebut tak suka dan terkadang ada pengunjung tenggelam seakan ada yang menarik ke dalam air jika takabur.


3. Kesaksian Adanya Mahluk Halus di Lokasi


Ketika berkunjung ke tempat wisata Baruttung terkadang pengunjung merasakan seakan ada yang memantau dari atas. Misalnya, pepohonan yang tumbuh di atas bebatuan tiba-tiba bergerak seakan ada yang memanjat. 


"Setelah dicek tidak ada apa-apa bahkan angin pun tidak ada." Lanjut Sri.


4. Ramai Dikunjungi Sehabis Musim Panen 

 

Bersyukur atas limpahan rejeki terkadang dirayakan dengan melaksanakan pesta panen. Selain itu ada ritual lain, sebagian masyarakat lokal di sana yakni berkunjung ke Permandian Baruttung. 


Begitu pula dengan warga yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mereka datang ke lokasi untuk sekadar bersantai bersama keluarga.


5. Pohon Cinta (Dipercaya Datangkan Jodoh)


Menurut sumber, terdapat satu pohon di lokasi yang sebagian masyarakat dipercaya dapat mendatangkan jodoh baik bagi kalangan pria maupun wanita tentunya yang belum punya pasangan suami istri ya..


Ketika pasangan kekasih datang ke lokasi kemudian cuci muka dengan air sungai tepat di bawah pohon tersebut dipercaya kelak akan berjodoh dengan pasangannya itu


6. Menelan Dua Korban Jiwa


Meski terlihat dangkal, namun menurut keterangan warga. Sudah ada dua orang pengunjung tewas tenggelam di lokasi. Mereka menghilang, setelah beberapa jam kemudian baru ditemukan terapung.


Selain itu ada beberapa pengunjung tenggelam namun masih sempat diselamatkan. 


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close