timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Ciptakan Vinegar Alami, Penyuluhan Mahasiswa UNIM Bone di Bulu Ulaweng Lolos PKM-PM Tahun 2021

Mahasiswa UNIM Bone
TIMURKOTA.COM, BONE- Kreativitas mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah (Unim) Bone yang berhasil menciptakan Produk Vinegar Alami dari Ballo (Nira Aren Fermentasi Lanjut) saat melakukan penyuluhan bersama dengan Ibu PKK, Desa Bulu Ulaweng lolos pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).


Tim ini berhasil meloloskan proposal dengan judul “Diversifikasi ” yang beranggotakan tiga orang, yaitu Nining Wahyuni (Teknologi Pendidikan) sebagai ketua, Asrina (Teknologi Pendidikan) sebagai anggota satu dan Isdar (Pendidikan Matematika) sebagai anggota dua. Pelaksanaan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini di laksanakan di Desa Bulu Ulaweng.


Program ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat Desa Bulu Ulaweng tentang pengolahan sisa nira aren yaitu pembuatan gula batok dan minuman ballo menjadi vinegar alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan bernilai ekonomis. 


Penyuluhan ini telah dilaksanakan pada Tanggal 01 Juli 2021 di Kantor Desa Bulu Ulaweng yang dihadiri oleh beberapa perangkat desa beserta perwakilan Kelompok Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng.


Nining Wahyuni selaku ketua TIM Program Pengabdian Mayarakat memaparkan materi penyuluhan terkait dengan manfaat vinegar bagi kesehatan, pengenalan alat dan bahan yang digunakan serta bagaimana proses pembutannya.


“Vinegar adalah produk cair yang mengandung asam asetat, diperoleh melalui proses fermentasi bahan-bahan yang mengandung karbohidrat atau alkohol dengan karakteristik dasar yaitu bau, rasa dan warna khas normal” ungkapnya.


Setelah kegiatan penyuluhan dilaksanakan Erni salah satu perwakilan kelompok Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa UNIM Bone yang telah memilih Desa Bulu Ulaweng dalam program kegiatan pengabdian kepada masyarakat.


“Saya selaku perwakilan kelompok Ibu PKK Desa Bulu Ulaweng mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa UNIM Bone yang telah memilih dan melakukan pengabdian di Desa kami, dengan adanya kegiatan ini kami dapat mengetahui manfaat vinegar bagi kesehatan” kata Nining.


***

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close