Iklan

Gelar Bimtek dan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan, Andi Akmal Pasluddin Sebut Tambang Ilegal Berpotensi Picu Bencana Alam

tim redaksi timurkotacom
Minggu, Juni 09, 2024 | 9:58 AM WIB Last Updated 2024-06-09T02:58:57Z

Anggota DPR RI Komisi IV, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin, SP, MM saat menyampaikan sambutan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Hotel Helios menjadi saksi dari berlangsungnya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang diselenggarakan oleh Lembaga Legislatif/DPR RI Sabtu, 08 Juni 2024. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi IV, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin, SP, MM, yang menyampaikan pentingnya pengelolaan hutan yang baik untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Dalam paparannya, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin menekankan bahwa salah satu pemicu utama terjadinya bencana adalah pembabatan hutan yang terus-menerus, serta tambang-tambang ilegal yang melanggar peraturan. 

"Pengelolaan hutan harus dilakukan dengan baik. Kita harus terus melakukan penghijauan dan memastikan tambang-tambang ilegal tertangani dengan baik," tegasnya.

Sebagai upaya konkret, Dr. H. Andi Akmal Pasluddin mengungkapkan bahwa selama 10 tahun berkiprah di DPR, dirinya bersama tim telah berupaya maksimal dalam program penghijauan. 

"Kami telah membentuk 15 kelompok dengan masing-masing kelompok mendapatkan anggaran 100 juta untuk penanaman pohon, termasuk durian musangking yang sudah kami bagikan," tambahnya.

AAP juga menyoroti pentingnya kesadaran lingkungan dan keseimbangan dalam pengelolaan lahan. 

"Di Bone, ada beberapa kawasan hutan yang dikuasai oleh rakyat namun belum ada pelepasan resmi. Kita harus memastikan tidak ada ketidakseimbangan dalam pemanfaatan lahan ini," ujarnya. 

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak berlebihan dalam melakukan pembabatan di daerah pegunungan, meskipun minat terhadap penanaman jagung cukup tinggi.

Namun, ia juga menggarisbawahi masalah harga jagung yang anjlok dan ketidakmampuan pemerintah daerah dalam menemukan solusi. 

"Seharusnya ada solusi dalam menyikapi Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Pemerintah daerah perlu memberdayakan perusahaan daerah secara maksimal untuk mengatasi masalah ini," kata Dr. H. Andi Akmal Pasluddin.

Mengakhiri pidatonya, ia menekankan pentingnya memilih pemimpin yang mampu menjadi solusi bagi masyarakat.

"Pemimpin yang baik harus mampu melayani dan memberikan solusi. Kita pilih bupati untuk melayani masyarakat," tutupnya.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan akan tumbuh kesadaran dan komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan mengelola hutan serta lahan dengan lebih bijaksana. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Bimtek dan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan, Andi Akmal Pasluddin Sebut Tambang Ilegal Berpotensi Picu Bencana Alam

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }