Iklan

Tak Termasuk Bone dan Sinjai, KPU Menerima 6 Pendaftar Perseorangan di Lima Daerah, Simak Berikut...

tim redaksi timurkotacom
Senin, Mei 13, 2024 | 6:07 PM WIB Last Updated 2024-05-13T11:30:46Z

Penulis: Tim timurkota.com
Editor: Herman Kurniawan

KPU Sulawesi Selatan menggelar kegiatan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Komisi Pemelihan Umum (KPU Provinsi Sulawesi Selatan telah merampungkan tahapan pendaftaran bakal calon melalui jalur perseorangan atau non partai politik.

Dari data yang diperoleh, ada sejumlah daerah yang sebelumnya diprediksi akan ada bakal calon yang menempuh jalur perseorangan namun pada akhirnya nihil.

Salah satunya, Kabupaten Bone. Pada Pilkada 2019 lalu, ada pasangan yang sempat berupaya menempuh jalur tersebut namun gagal pada tahapan verifikasi faktual.

Untuk Pilkada 2024, dipastikan tak ada figur yang berminat maju bertarung melalui jalur pengumpukan KTP sebagai bentuk dukungan tersebut. 

Selain Kabupaten Bone, Sinjai yang merupakan tetangga daerah juga tak ada figur yang memilih menempuh jalur perseorangan. 

Anggota KPU Sulawesi Selatan, Ahmad Adiwijaya kepada awak media sebagaimana dikutip timurkota.com mengatakan, dari 24 kabupaten/kota yang mengikuti Pilkada. 

Ada lima daerah diantaranya yang memilih menempuh jalur perseorangan seperti, Jeneponto, Selayar, Takalara, Wajo, dan Pirang.

"Kita telah menerima laporan bahwa ada lima daerah telah menerima data dari tim dalam rangka penyerahan dukungan minimal," tukasnya, Senin (13/05/24).

Ia melanjutkan, setelah menerima pendaftaran maka selanjutnya, KPU Kabupaten/Kota akan melakukan tahapan verifikasi. 

"Kemudian tahapan verifikasi administrasi yang akan dilaksanakan pada 13-29 Mei mendatang," terangnya.

Tim timurkota.com kemudian menemukan nama-nama kandidat yang ingin menempuh jalur perseorangan diantaranya, Kabupaten Wajo dua pasangan masing-masing, Yakni Andi Fadilah Burhanuddin-Andi Ayoga Ghozali dan Andi Muh Yusuf-Herni Jalil.

Kemudian, Takalar ada pasangan  Muh Armin Yakob-Muhammad Nur Arfah. Pasangan ini telah mendaftar meski belum menjulkan jumlah KTP yang telah terkumpul.

Selanjutnya  Jeneponto, pasangan Brigjend TNI (Purn) Dr Jahidin-Safri. Kemudian Selayar,pasangan Abdul Rahman Masriat-Daeng Marowa. Dan terakhir, Pinrang, pasangan Bustan-Untung Pawittoi.

Sesuai regulasi maka masing-masing balon perseorangan akan mengumpulkan dukungan KTP bervariasi seperti berikut, Jeneponto 25.128 dukungan, Takalar 22.785 dukungan. Selanjutnya syarat minimal untuk Pilkada Wajo yakni 24.912 dukungan, Pinrang 25.073 dan Selayar 10.443 dukungan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tak Termasuk Bone dan Sinjai, KPU Menerima 6 Pendaftar Perseorangan di Lima Daerah, Simak Berikut...

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }