Iklan

PMII Komisariat IAIN Bone Gelar SPR di Barugae

timurkota.com_official
Selasa, Januari 23, 2024 | 12:47 PM WIB Last Updated 2024-01-23T05:54:56Z

Penulis: Muis
Editor: Herman Kurniawan

PMII IAIN Bone adakan KSR di Desa Barugae (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sukses gelar kegiatan Sahabat Peduli Rakyat (SPR) di Desa Barugae Kecamatan Lamuru pada (15-21/01/2024).

Kegiatan yang berlangsung selama 7 hari itu di ikuti kurang lebih 150 mahasiswa dari masing-masing rayon dan Lembaga semi otonom PMII Komisariat IAIN Bone. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Tri Dharma pengabdian masyarakat yang dalam realisasinya juga melibatkan dua dharma lainnya yaitu Pendidikan dan Penelitian.

Kegiatan Ini Mengusung Tema "Implementasi Zikir, Fikir dan Amal Shaleh Dalam Pengabdian".

Kedatangan mahasiswa langsung disambut hangat oleh warga setempat. 

Kepala Desa Barugae, Sabardin dalam sebutannya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh mahasiswa PMII IAIN Bone yang sudah berkunjung ke Desa Barugae.

"Semoga dengan kehadiran adik-adik dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IAIN Bone dapat membawa dampak positif bagi warga Desa Barugae" Tuturnya.

Sementara itu, Desa Barugae juga sedang dalam proses pembangunan terutama di sektor pariwisatanya, objek wisata yang terkenal di Desa tersebut adalah air terjun Ladenring.

Mahasiswa dari PMII Komisariat IAIN Bone  turut berpartisipasi dalam memperkenalkan objek wisata yang ada di Desa tersebut, salah satunya adalah dengan menghadirkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone  ke Desa Barugae.

Kepala Dinas Pariwisata Kab.Bone, H.A.Promal Pawi, ST,M.Si Dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Sahabat PMII Komisariat IAIN Bone telah mengadakan kegiatan tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada sahabat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk melakukan sosialisasi terkait dengan pengembangan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bone khususnya di Desa Barugae ini." Ucapnya.

Selain itu, PMII Komisariat IAIN Bone juga melakukan bakti sosial di sekitaran Air Terjun Ladenring, serta pembuatan papan himbauan pada objek wisata tersebut.

Kemudian, mengadakan kegiatan Penyuluhan tentang Pernikahan dini serta Penyelenggaraan jenazah yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Bone, Wadek 1,wadek 2 , dan seluruh kaprodi beserta sekretariat prodi FUD, serta penyuluh dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kec.Lamuru.

"Harapan kami dengan diadakan nya kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya dan efek buruk yang ditimbulkan oleh pernikahan dini pada anak." Harap Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Bone Dr.Sarifah Suhra S.Ag.,M.P.d.i.

Selain itu PMII komisariat IAIN Bone juga melaksanakan sosialisasi pendidikan dan mengajar di sekolah SD selama pelaksanaan kegiatan SPR di Desa Barugae .

Dalam kegiatan ini, Panitia Pelaksana Sahabat Peduli Rakyat (SPR) PMII Komisariat IAIN Bone juga melaksanakan Festival Sahabat yang digelar 17-20 Januari 2024 dengan tujuan mengembangkan potensi-potensi yang ada baik dari kalangan mahasiwa maupun masyarakat di Desa Barugae dengan berbagai  cabang lomba baik kesenian,keagamaan  maupun keolahragaan.

Pada Penghujung Kegiatan di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bone, Irwandi Burhan S.E.,M.E , kepala Desa beserta seluruh perangkat desa Barugae, pembina komisariat, Rayon dan LSO serta  Sahabat Senior PMII Komisariat IAIN Bone.

Muh. Haerul Akbar selaku Ketua Komisariat PMII IAIN Bone berharap setelah terlaksananya kegiatan ini bisa menumbuhkan empati mahasiswa pada masyarakat.

"Mudah mudahan setelah terlaksananya kegiatan ini, kita mampu menumbuhkan rasa kepedulian kepada masyarakat, serta ilmu yang  didapatkan bisa di implementasikan dan kami harap setelah ini semua kader yang telah mengikuti Sahabat Peduli Rakyat (SPR) bisa aktif kembali di Komisariat dalam menjalankan proses kaderisasi yang baik" Katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMII Komisariat IAIN Bone Gelar SPR di Barugae

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan