Iklan

Lipstik Sebagai Obat Alternatif Bekas Gigitan Tomcat

timurkota.com_official
Senin, Januari 29, 2024 | 12:19 PM WIB Last Updated 2024-01-29T05:19:02Z

Oleh: Abdi Khairil



Lipstik merupakan kosmetik yang tidak dapat terpisahkan oleh wanita. Sedangkan Tomcat merupakan serangga yang gigitannya mampu meninggalkan bekas melepuh pada tubuh. 

Lipstik dan tomcat adalah sesuatu hal yang berbeda. Namun, keduanya dapat disatukan pada saat kondisi tertentu. Kondisi apa itu? 

Saya mendapati 1 hingga 2 orang kerabat mengusapkan lipstik ke area lepuhan bekas gigitan tomcat. Kerabat tersebut bertujuan menggunakan lipstik sebagai obat. 
Nah, betulkah lipstik mampu mengobati kulit melepuh akibat gigitan tomcat? 

Dari kebiasaan itu, saya mencari pembenarannya. Beberapa literatur menunjukkan bahwa terdapat lipstik tertentu yang memiliki kandungan chamomile. 


Chamomile yang terkandung pada lipstik merupakan hasil ekstrak dari bunga chamomile (latin: matricaria recutita atau chamomile noble). Bunga Chamomile adalah tanaman herbal dari keluarga Asteraceae. 

Tanaman ini menghasilkan bunga kecil yang mirip bunga aster yang bisa dikeringkan dan direndam dalam air untuk dibuat teh. 

Melansir wikipedia macam-macam jenis chamomile diantaranya kamomil jerman, kamomil hungaria, kamomil liar, kamomil biru, atau mayweed beraroma. 

Chammomile telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah. Beberapa diantaranya yaitu membantu menenangkan kulit sensitif, mencerahkan kulit, obat jerawat alami, hingga memperlambat munculnya penuaan dini. 

Maka dari itu, selain lipstik dapat digunakan sebagai obat tomcat, mungkin juga bisa digunakan untuk totol jerawat, hingga memperlambat penuaan dini. Tak terbayangkan bila lipstik juga dipakai untuk memperlambat penuaan dini, merah semua tuh badan heheh. 

Ternyata chamomile tidak hanya digunakan sebagai bahan aktif pada lipstik namun juga dapat diolah menjadi teh dan minyak. 

Seperti yang dijelaskan alodokter.com. Ekstrak dan minyak bunga chamomile banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam berbagai produk perawatan kulit. 

Tak mengherankan, sebab chamomile memiliki lebih dari 120 senyawa kimia aktif yang bermanfaat sebagai antioksidan, antiradang dan antimikroba yang baik untuk kulit dan wajah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lipstik Sebagai Obat Alternatif Bekas Gigitan Tomcat

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan