timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Persija, Persib, dan PSIS Dibuat Gigit Jari, Asnawi Pastikan Pilih PSM Makassar Jika Harus Main di Liga 1

Baca Juga

Wiwink-Bola, Minggu 30 Oktober 2022 04:20 WIB

Asnawi Mangkualam Bahar saat bermain bersama timnas Indonesia

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Jiwa petarung, pantang menyerah, dan tidak terpengaruh dengan uang sudah tertanam dalam diri pemain masa depan Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar.


Asnawi adalah pemain yang memilih memperkuat Ansan Greenrs dengan alasan ingin terus mengembangkan karir sepakbolanya di luar negeri.

Bermain di klub Ansan Greenrs membuat Asnawi harus menerima kenyataan nilai kontraknya lebih rendah ketika ia bermain di Liga Indonesia.

Namun baginya, uang bukanlah segalanya. Paling terpenting adalah dia harus berkarir dan mencari pengalaman di luar negeri sebagai bekal untuk membantu timnas berprestasi.

Dua tahun berlalu, Putra Bahar Muharram tersebut telah membuktikan diri sebagai pemain sepak bola profesional yang mampu berkerir bersama dengan klub luar negeri.

Bersama Ansan Greenrs selama dua tahun sejak Januari 2021 lalu. Asnawi telah menuntaskan musim kedua bersama dengan klub yang direkomendasikan oleh pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong itu.

Meski di awal karirnya ia sempat mengalami masalah sulit dari segi adaptasi cuaca di Korea Selatan. 

Namun perlahan-lahan mantan pilar PSM Makassar ini mampu menunjukkan permainan terbaiknya hingga menjadi langganan starter bagi tim yang berkompetisi di kasta dua Liga Korea Selatan itu.

Sepanjang karirnya di Ansan Greenrs, Asnawi telah tampil sebanyak 40 kali dengan rincian musim perdana Asnawi tercatat 14 kali bertanding dengan 12 kali menjadi starter.

Musim kedua ia menujukkan grafik meningkat dari segi penampilan termasuk mampu menciptakan dua gol dan dua assist. 

Berkat kerja kerasnya Asnawi tampil sebanyak 26 di K League 2 dengan 16 kali menjadi starter pada 2022.

Kini Asnawi telah menyelesaikan semua pertandingan bersama Ansan. Ia kemudian berharap musim berikutnya akan bermain di K League 1 yang merupakan kasta tertinggi liga di Korea Selatan.

Lantas bagaimana jika nantinya Asnawi telah menyelesaikan karir di Klub luar negeri. Akankah dia pilih balik ke Liga 1 Indonesia. 

Asnawi tetap punya impian kembali bermain di klub Indonesia dengan memperkuat serta membawa PSM Makassar beprestasi.

"Tetap ingin PSM, di sini rumah saya, kampung halaman, dan suatu saat saya ingin kembali," ujar dia kepada awak media sebelum berangkat ke Korea Selatan.

Dari pernyataan di atas membuat klub-klub tajir harus gigit jari. Asnawi tetap memilih proses berkarir dibanding gabung ke klub dengan hanya memikirkan nominal kontrak saja.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close