timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Masuk Dalam Daftar Tersukses Sepanjang Sejarah saat PSM Makassar Resmi Kontrak Dua Top Skor Liga 1

Baca Juga

Wiwink-Bola, Sabtu 29 Oktober 2022 04:23 WIB

Logo PSM Makassar


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Dalam catatan sejarah panjang persepakbolaan tanah air, ada beberapa proses transfer pemain yang dianggap paling tersukses.


Bukan hanya kalangan pemain asing, pilar lokal pun masuk dalam daftar tersebut. Beberapa klub Indonesia bahkan mampu meraih gelar juara berkat proses transfer yang terbilang sukses itu.

Salah satunya adalah PSM Makassar, sepanjang perjalanan setelah perubahan kompetisi dari liga Era Perserikatan ke Liga Indonesia, Pasukan Ramang PSM Makassar tercatat dua kali sukses mendatangkan pemain.

Pertama adalah ketika Pasukan Ramang sukses mendatangkan Kurniawan Dwi Yulianto yang kemudian menjelma sebagai sosok striker yang menakutkan di Indonesia.

Pemain berjuluk Si Kurus ini mengawali karir di Eropa lewat akademi tim Serie A, U.C Sampdoria dan sempat memperkuat tim asal Swiss, FC Luzern.

Untuk karier di dalam negeri, Kurniawan pernah memperkuat beberapa tim Liga 1 seperti Persela Lamongan, Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara. Total dia telah mencetak 162 gol.

Si kurus mampu mempersembahakan juara bagi PSM Makassar pada Liga Indonesia Divisi Utama tahun 2000/2001.

PSM Makassar mengalahkan PKT Bontang di Final dengan skor 3-2 berkat dua gol Kurniawan Dwi Yulianto, serta gol penentu kemenangan Rahman Usman.

Berkat juara tersebut PSM Makassar mewakili Indonesia bertanding di Liga Champions Asia. Pasukan Ramang akhirnya harus mengakui keunggulan klub-klub Asia Timur.

Selanjutnya adalah Cristian Gonzales menjadi striker tertajam sepanjang sejarah Liga Indonesia. Dia mulai berkarir di Tanah Air sejak 2003.

Selama hampir dua dekade itulah pemain berjuluk El Loco telah mendulang 269 gol. 

Pemain naturalisasi asal Uruguay ini juga pemegang rekor sebagai top skorer semusim terbanyak dengan 4 kali dan juga rekor mencetak hat-trick di liga Indonesia dengan 11 kali. 

Pemain berusia 46 tahun itu pernah memperkuat beberapa tim Liga 1 seperti PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Samarinda, Arema FC, PSS Sleman, RANS Nusantara FC, hingga kini masih bermain di Liga 2 bersama PSIM Yogyakarta. 

Kesuksesan Gonzales di Indonesia tak lepas dari peran PSM Makassar. Pemain asal Uruguay ini pertama kali main di Liga Indonesia saat didatangkan PSM Makassar pada tahun 2003 silam.

Awal karirnya dia mulai dengan menjadi pemain pelapis alias cadangan bagi striker lain yakni Oscar Arafena. Namun dalam sebuah laga di Stadion Mandala Jayapura, Gonzales diturunkan dari bangku cadangan. 

Hanya berselang beberapa menit di lapangan ia sukses mencetak gol perdana bagi Pasukan Ramang. Keberhasilan itu dianggap luar biasa pasalnya diciptakan di kandang Persipura Jayapura yang dikenal angker bagi tim tamu.

Hattrick pertamanya di Indnoesia terjadi hanya dua bulan berselang, tepatnya pada 26 Maret 2003. Saat itu, PSM mengalahkan PSS Sleman dengan skor telak 5-1 di Liga Indonesia 2003. 

Pada akhir musim Gonzales menorehkan 27 gol yang membuatnya berada di peringkat ketiga dalam klasemen pencetak gol terbanyak.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close