Iklan

Bukti Keberanian Bernardo dalam Merombak Tim Buat Bos PSM Geleng-geleng Kepala

timurkota.com_official
Rabu, Oktober 26, 2022 | 4:58 AM WIB Last Updated 2022-10-25T21:58:04Z

Wiwink-Bola, Rabu 26 Oktober 2022 19:40 WIB

Kiper Muda PSM Makassar, Reza Arya Pratama menepis bola


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Sebelum Hilmansyah dan Saiful Syamsuddin hengkang dari PSM Makassar, Reza Arya Pratama merupakan kiper ketiga bersama PSM Makassar.


Sebelum itu, ia bahkan menjadi kiper ke empat bersama PSM Makassar. Namun berkat kegigihan selama latihan, pemain berusia 23 tahun itu mendapat kepercayaan oleh Bernardo Tavares.

Kepercayaan yang diberikan Bernardo pun tak disia-siakan oleh Reza Arya. Ia tampil maksimal disetiap pertandingan dan baru enam gol bersarang di gawangnya hingga memasuki pekan ke-11 BRI Liga 1 2022.

Lini belakang PSM Makassar nomor urut kedua dalam hal clean sheet alias tidak kebobolan dengan jumlah laga empat.

Selain itu Pasukan Ramang juga kebobolan enam gol hingga pekan ke-11 BRI Liga 1 2022. Pertandingan PSM Makassar yang berakhir tanpan kebobolan.

Saat mengalahkan Persebaya 3-0, menang atas Arema FC dengan skor 1-0, dan mempecundangi juara bertahan Bali United dengan skor 2-0. Kemudian bermain imbang tanpa gol di markas Persik Kediri.

Pasukan Ramang saat ini berada di urutan tiga klasemen Liga 1 dengan 22 poin. Dari 10 laga, tim Juku Eja meraih 6 kemenangan dan 4 hasil imbang.

Terkadang dalam pertandingan yang dianggap sangat penting. Ia malah memarkir pemain asing demi memberi kesempatan kepada pemain muda untuk bermain.

Salah satu yang tak terlupakan, ketika ketika ia memilih tak memasukkan Wiljan Pluim dalam line up saat PSM Makassar berhadapan dengan tamunya Arema FC pada 20 Agustus 2022 lalu di Stadion BJ Habibie.

Menariknya lagi, pemain yang disiapkan sebagai pengganti adalah pemain muda belia, Ananda Raehan Alif merupakan jebolan akademi PSM Makassar yang baru berusia 18 tahun.

Begitu juga dengan lini tengah, Rasyid Bakri yang selama ini langganan duet M Arfan diparkir. Ia digantikan Bryan Cesar. Namun hasilnya, malah makin efektif. Serangan PSM Makassar makin mencair dan mampu mengalahkan Arema dengan skor 0-1.

Namun diantara perjudian Bernardo yang membuat manajemen PSM Makassar merawa was was adalah ketika laga melawan tim Tampines Rover di partai penentu penyisihan grup AFC Cup Zona ASEAN.

Di lini depan, Bernardo Tavares memilih menurunkan pemain minim pengalaman bahkan baru pertama kali menjalani debut sebagai starter pada ajang tingkat ASEAN.

Trio, Muh Dzaki, Ramadhan Sananta, dan Ricky Pratama menjadi ujung tombak PSM Makassar. Tak ada nama legiun asing, Everton Nascimento dan Kenzo Nambu.

Duo bersaudara Yakob dan Yance Sayuri juga baru diturunkan pada babak kedua. Lagi-lagi, hasilnya PSM Makassar sukses memenangkan pertandingan dengan skor tipis 2-1 berkat dua gol Everton Nascimento yang turun di awal babak kedua.

Keberanian Bernardo itu menjadi berkah tersendiri bagi pemain mudanya. Yakob dan Ramadhan Sananta langsung mendapat panggilan untuk memperkuat timnas Indonesia.

Selanjutnya, Muhammad Dzaki. Pemain asal Majene yang selama ini tak pernah diprediksi justru mendapat panggilan timnas dan kini, ia sementara mengikuti pemusatan latihan di Turki dan Spanyol.

Pemain lain yang muncul dipermukaan berkat Bernardo Tavares adalah Victor Jonson. Era pelatih sebelumnya ia tak pernah dipanggil ke tim senior. Namun di era Bernardo, Victor kini jadi langganan line up.

Kemudian pemain yang terakhir adalah Reza Arya Pratama. Berposisi sebagai penjaga gawang, pemain asal Parepare ini musim-musim sebelumnya hanya jadi kiper cadangan ke empat.

Barulah di masa Bernardo Tavares pemuda berusia 22 tahun itu mendapat kesempatan dan bahkan hingga kini tak tergantikan di bawa mistar gawang Pasukan Ramang. Ia bahkan menyingkirkan dua seniornya Rivky Mokodompit dan Harlan Suardi.

"Kalau kualitas pemain-pemain yang akan datang ke Tim (PSM Makassar) fifty-fifty. Lebih baik saya lakukan perjudian dengan memberikan kesempatan lebih kepada pemain muda dari akademi kami," tukas Bernardo Tavares.

Meski terbilang cukup berani, namun Bernardo Tavares diyakini punya banyak pertimbangan. Terlebih lagi, ia punya pengalaman sebagai tim penjaring bakat pemain sepak bola muda bersama klub raksasa Eropa Real Madrid dan Porto.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bukti Keberanian Bernardo dalam Merombak Tim Buat Bos PSM Geleng-geleng Kepala

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan