Iklan

Belum Tertangkap, Pelaku Pemarangan Mahasiswa hingga Tangan Terputus Masih Berkeliaran?

timurkota.com_official
Rabu, Desember 01, 2021 | 1:58 PM WIB Last Updated 2021-12-01T07:03:04Z


Editor: hamzah/timurkota

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR-
Hingga memasuki hari kelima pasca pelaku penyerangan yang mengakibatkan dua mahasiswa terluka di Kota Makassar belum juga tertangkap. Kasi Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando mengatakan, pihaknya sejauh ini masih bekerja keras memburu para pelaku.


"Polri masih bekerja keras dalam mengungkap pelaku penyerangan serta motifnya, akan disampaikan  setiap perkembangannya," kata AKP Lando


Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana juga bereaksi dengan mengeluarkan ultimatum ke para pelaku agar menyerahkan diri.


"Jadi kami harapkan agar para pelaku segera menyerahkan diri kepada kami. Ini saksi-saksi yang sedang kami periksa dari kedua belah pihak," sebut Nana Sudjana dalam pesan tertulis yang dibagikan Humas Polda Sulsel.

Pemicu Utama

Dari hasil pertemuan khusus dengan pimpinan UIM, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto membeberkan penyebab awal terjadinya penyerangan hingga melukai, Arham Ketua BEM UIM yang berasal dari Desa Ulu Balang, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone.


Menurut Danny, awal kejadian bermula dari ketersinggungan pada saat pendataan Mahasiswa Baru (Maba), diduga ada organisasi mahasiswa kedaerahan yang ingin mendata mahasiswa. Disaat bersamaan organisasi ekstra Kampus sementara melakukan hal sama.


Hingga akhirnya Sekretariat BEM UIM yang berada di dalam kampus diserang sejumlah pria bertopeng. Akibatnya, seorang mahasiswa yang juga ketua BEM Arham jadi korban. Tangannya nyaris putus akibat tebasan parang.


Insiden ini kemudian langsung beredar ke rekan, Arham hingga merembes ke isu melibatkan mahasiswa daerah tertentu.


Puncaknya pada Minggu (28/11/21) pukul 02.00 Wita, Asrama putra IPMIL Luwu, Jalan Sungai Limboto, Lorong 37, Makassar diserang belasan pelaku yang juga bertopeng. Dalam serangan itu seorang mahasiswa terluka, ia ditebas parang oleh pelaku hingga lengannya terputus.


Kemudian di hari yang sama pada pukul 04.30 Wita, giliran Asrama 1 Kepmi Bone, Jalan GunungLimboto, Lorong 48, Makassar diserang dan dibakar menggunakan bom molotov. Dalam penyerangan ini hanya mengalami kerugian materil.


"Jadi kami telah memanggil pihak UIM untuk mendengarkan keterangan secara langsung. Begitu juga dengan pemerintah daerah dari mahasiswa masing-masing. Kita ingin kejadian ini dapat dihentikan dan tak ada lagi korban," tukas Pomanto.


Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Nana Sudjana memastikan para pelaku penyerangan terhadap mahasiswa di Makassar akan ditangkap dan diproses secara hukum.


"Berdasarkan rapat koordinasi disepakati hukum adalah panglima, kami akan lakukan penegakan hukum," tegas Irjen Nana Sudjana.


Menurutnya, Penyidik Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) telah memeriksa sepuluh orang saksi terkait penyerangan dan pembakaran asrama mahasiswa yang terjadi di Makassar pada Minggu (28/11).



Hal itu disampaikan usai menghadiri rapat koordinasi terkait masalah itu di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/11/21). 


"Kami sudah dapatkan data atau arah kepada pelaku, tetapi kami belum bisa sampaikan di sini," kata Irjen Nana terkait penyerangan asrama mahasiswa di Makassar.


Guna menyelesaikan kasus itu, Irjen Nana sudah berkoordinasi dengan Gubernur Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, dan para bupati terkait.


Mantan Kapolda Sulawesi Utara itu menyebut para saksi yang diperiksa berasal dari Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) dan Kesatuan Pelajar Mahasiswa (KEPMI) Bone yang diduga terlibat pertikaian.






Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belum Tertangkap, Pelaku Pemarangan Mahasiswa hingga Tangan Terputus Masih Berkeliaran?

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan