timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Direstui Menpora, Empat Pemain Keturunan Selangkah Lagi Bela Timnas di Piala AFF 2020


Editor: hamzah/timurkota

TIMURKOTA.COM, JAKARTA-
Keinginan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mendapatkan jasa pemain keturunan, Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks sepertinya selangkah lagi bakal terwujud.


Setelah PSSI memberi dukungan dan bahkan memulai memproses dokument sang pemain, kini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali secara terang-terangan mendukung program tersebut.



"Saya tidak mau terima usulan dari klub. Kalau dulu, usulan klub diterima. Sekarang tidak. Harus dari PSSI supaya ada yang bertanggung jawab," kata Amali dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11/2021).



"Kalau usulan klub untuk menaturalisasi pemain, biasanya pemain itu sudah berpindah-pindah tim. Misalnya, saat pengajuan naturalisasi, dia di klub A. Tiba-tiba dalam proses, dia pindah ke klub B. Dalam proses naturalisasinya mau selesai, dia sudah di klub C. Kalau klub yang mengajukan, saya tolak," imbuh Amali.



Amali mengajukan syarat mutlak untuk PSSI sebelum memproses permintaan naturalisasi. Pihaknya bakal meminta bukti garis keturunan terhadap keempat pemain itu.


"Sekarang syaratnya, pemain harus punya keturunan, lalu ditelusuri dan diminta pembuktiannya. Jangan sampai kejadian seperti sekarang ini," tutur Amali.


Amali lantas menyindir seorang pemain naturalisasi yang telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) namun belum bisa membela Timnas Indonesia.


"Jangan sampai kejadian saat ini terulang lagi. Kami itu dulu menganggap, kami terima sudah lengkap. Sekarang tidak, saya perketat," papar Amali.


Dengan begitu, akan lebih mudan dan prosesnya bakal  mempercepat jika itu menjadi kebutuhan PSSI.


"Kalau dia punya keturunan, buktikan keturunan dari mana. Apakah orang tuanya atau kakek dan neneknya. Saya akan minta itu sehingga tidak menyulitkan kami." terang menteri dari Partai Golkar itu.


Berikut Empat Pemain yang akan digadang-gadang bakal membela Timnas pada Piala AFF 2020.


1. Sandy Walsh (Belanda)

2. Jordi Amat (Spanyol)

3. Mees Hilgers (Belanda)

4. Kevin Diks (Belanda


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close