Iklan

Ratusan Bangunan Rusak Berat Akibat Gempa Susulan 6,2 SR di Sulbar. Warga Mengungsi

timurkota.com_official
Jumat, Januari 15, 2021 | 6:29 AM WIB Last Updated 2021-01-14T23:30:11Z

Sejumlah bangunan runtuh akibat gempa berkekuatan 6,5 SR di Sulawesi Barat, (foto: Istimewa)

TIMURKOTA.COM, SULBAR-

Gempa susulan berkuatan 6,2 SR kembali mengguncang Provinsi Sulawesi Barat. Tercatat tiga kabupaten, masing-masing, Mamuju, Majene dan Polewali merasakan getaran hebat yang meruntuhkan sejumlah bangunan itu.

Salah satu bangunan yang mengalami kerusakan cukup parah yakni Hotel Maleo di Mamuju. Terlihat bangunan rubuh. Hal yang sama juga dialami gedung Kantor Gubernur Sulbar terdapat beberapa kerusakan berat.

Gempa susulan ini sendiri terjadi pada Jumat (15/01/2021) sekira pukul 02.28 Wita.

"Kami terbangun saat ada guncangan lagi. Semalam itu getarannya lebih keras, lemari dan benda lain terjatuh. Saya bangunkan anak kemudian lari keluar rumah," kata warga, Mardiah.

Sejak guncangan dahsyat itu, Mardiah mengaku trauma berada di dalam rumah. Dia memilih untuk mencari titik pengungsian sambil menunggu keterangan resmi dari pemerintah.

"Nanti setelah ada pernyataan resmi dari pemerintah baru kami pulang ke rumah. Lebih baik cari aman dulu demi anak-anak juga," katanya.

Warga lain, Juliandi yang mengaku saat kejadian tengah berada di kawasan Hotel Maleo Mamuju. Menurutnya, getaran yang dia rasakan cukup keras bahkan dirinya menyaksikan bangunan-bangunan mulai ambruk.

"Saat saya baru parkir motor, tiba-tiba rasanya seperti dalam ayunan. Pas saya berbalik gedung sudah berjatuhan, saya tinggalkan motor dan lari ke tempat terbuka bersama warga lain,"katanya.

Dari dua gempa yang terjadi, Julianri menuturkan peristiwan pada pukul 02.28 Wita memiliki getaran paling kencang.

"Memang sejak kejadian kemarin, kami selalu merasa was-was. Bahkan saya sendiri sulit tidur karena takut ada guncangan kedua dan ternyata betul ada," katanya lagi.

Hingga saat ini tampak sejumlah warga memilih untuk membersihkan puing-puing dinding rumah yang rusak.


***


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Bangunan Rusak Berat Akibat Gempa Susulan 6,2 SR di Sulbar. Warga Mengungsi

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan