Iklan

Jauh-jauh dari Jakarta, Mendagri Bahas Ballo di Makassar

timurkota.com_official
Rabu, Juli 08, 2020 | 9:05 PM WIB Last Updated 2020-07-08T14:06:01Z

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (dok)
TIMURKOTA.COM, MAKASSAR-



Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membahas potensi mengalihkan ballo (jenis minuman keras lokal) menjadi cairan hand sanitaiser.

Hal itu dusampaikan Tito Karnavian dalam kunjungannya sekaligus memimpin gerakan sejuta masker di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Saya tadi ngobrol sama Pak Gubernur, 'Pak Gub, di sini kan banyak sekali ballo, ballo itu kan ditangkapi (disita) polisi, ditampung saja oleh kepala daerah, seperti arak Bali itu ditampung mereka dipakai kerjasama dengan universitas, Balai POM, kemudian diubah menjadi hand sanitizer," kata Tito.

Menurut mendagri, virus akan lebih mudah mati dengan alkohol.

"Virus ini tak kuat dengan alkohol, etanol, 70-73 persen. Lalu enggak kuat juga dengan disinfektan yang mengandung pemutih. Lalu enggak kuat dengan asam yang keras seperti karbon," kata Tito.

Sementara menurut Tito ballo Sulsel yang disita polisi dari masyarakat bisa diolah untuk menjadi hand sanitizer.

"Karena ballo itu baru 30-40% (alkoholnya), yang bisa membunuh (virus) itu 70%. (Setelah ballo jadi hand sanitizer) baru kemudian dikasih label," ujarnya.

(rill/as)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jauh-jauh dari Jakarta, Mendagri Bahas Ballo di Makassar

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan