Iklan

Tolak RUU Penyiaran, GAM Gelar Unjuk Rasa di Makassar

tim redaksi timurkotacom
Senin, Mei 20, 2024 | 5:06 PM WIB Last Updated 2024-05-20T10:06:00Z

reporter                          editor
tim timurkota. com    herman kurniawan

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) gelar aksi demonstrasi di Jln. A.P.Pettarani, Kota Makassar (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) gelar aksi demonstrasi di Jln. A.P.Pettarani, Kota Makassar Provinsi Sulawesi - selatan pada Senin (20/05/2024).

Terlihat, massa aksi membentangkan spanduk bertuliskan RUU Penyiaran Pembungkaman Demokrasi serta stop kriminalisasi pers.

Dalam aksi tersebut, mereka juga membakar ban bekas dan menahan mobil sebagai panggung orasinya. Massa aksi nyaris bersitegang dengan aparat keamanan yang berjaga di lokasi,akibatnya kemacetan panjang pun terjadi di sepanjang Jalan tersebut.

Jenderal Lapangan GAM, Fajar Wasis menilai RUU Penyiaran bertentangan dengan UU Pers nomor 40 tahun 1999.

"UU Pers telah mengatur tentang kebebasan pers dalam mencari, memperoleh, dan menyebarkan informasi, yang lebih lanjut pada pasal 5" Ungkapnya.

Kemudian, dirinya juga memprotes terkait sejumlah pasal pada RUU Penyiaran yang dinilai kontroversi.

"Seperti Pasal 50B ayat (2) huruf C melarang penayangan eksklusif jurnalistik investigasi.
Pasal 50B ayat (2) huruf K terkait mengenai penayangan isi siaran berita dan konten siaran yang mengandung bohong, fitnah, penghinaan, pencemaran nama baik, kekerasan, dan radikalisme" Ucapnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa Pasal 8A Ayat (1) Huruf Q berbunyi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam menjalankan tugas berwenang menyelesaikan sengketa jurnalistik di bidang penyiaran.

"Pasal 51E disebutkan sengketa yang timbul akibat dikeluarkannya keputusan KPI dapat diselesaikan melalui pengadilan sesuai peraturan perundang-undangan" Ujarnya.

Sementara itu, La Ode Ikra Pratama atau akrap di sapa Banggulung selaku panglima Besar gerakan aktivis mahasiswa ( GAM), dalam orasinya mengatakan bahwa mengenai RUU penyiaran ini jelas menyebabkan munculnya pembungkaman Demokrasi di negara Indonesia.

"Mengenai RUU Penyiaran ini, jelas pembungkaman Demokrasi" Tuturnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tolak RUU Penyiaran, GAM Gelar Unjuk Rasa di Makassar

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }