Iklan

Resmikan IPAL Losari, Jokowi Ajak Warga Tingkatkan Kepedulian Lingkungan

timurkota.com_official
Kamis, Februari 22, 2024 | 12:11 PM WIB Last Updated 2024-02-22T05:11:12Z

Penulis: Muis
Editor: Herman Kurniawan

Presiden RI didampingi beberapa menteri dan Pj Gubernur Sulawesi Selatan meresmikan IPAL Losari (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Presiden Republik Indonesia resmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari Makassar, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi - Selatan pada Kamis (22/02/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi beberapa kabinet, diantaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa IPAL Losari terpusat ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dikarenakan ramah lingkungan.

"Sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat" Ungkapnya.

Selanjutnya, dirinya mengatakan bahwa selain mampu untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat, IPAL Losari ini juga dapat mengatasi masalah pencemaran lingkungan khususnya di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi - Selatan.

"Sistem pengeluaran air limbah ini kita butuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar memiliki perhatian dan kepedulian bersama-sama mengatasi masalah pencemaran lingkungan terkhusus di Kota Makassar" Tuturnya.

Kemudian, Presiden Republik Indonesia itu menyebut bahwa IPAL Losari ini dibangun sejak tahun 2019-2023 dengan menelan anggaran mencapai Rp.1,2 Triliun.

"Dari APBN sebanyak Rp.1,067 triliun, dari ADB (Asian Development Bank) sebanyak Rp.672 miliar, dan dari APBD sebanyak Rp.150 miliar. Memiliki kapasitas 16.000 kubik per hari dengan panjang jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 kilometer" Ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo mengungkapkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari ini ditargetkan dapat melayani sebanyak 41.000 Kepala Keluarga.

"Saya berpesan, dengan beroperasinya sistem pengeluaran limbah domestik terpusat ini penanganan air limbah semakin terintegrasi dan kualitas lingkungan Kota Makassar semakin bersih, kualitas air tanah, kualitas air semakin baik dan masyarakat semakin sehat dan produktif Katanya.

Sebelum mengakhiri sambutan, orang nomor satu di Indonesia tersebut bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama-sama menekan tombol sirene sebagai simbol peresmian IPAL Losari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resmikan IPAL Losari, Jokowi Ajak Warga Tingkatkan Kepedulian Lingkungan

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan