Iklan

Soal Video Minta Dukungan ke Kades Viral, Bawaslu Belum Sentuh Pj Bupati Bone

timurkota.com_official
Selasa, Januari 02, 2024 | 5:58 AM WIB Last Updated 2024-01-01T22:58:13Z

Logo Bawaslu Kabupaten Bone (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Bawaslu terus melakukan penelusuran pasca viralnya video Penjabat (Pj) Bupati Bone, Andi Islamuddin meminta kepada para kepala desa untuk mendukung anaknya dalam sebuah pertemuan di Kecamatan Kahu, 

Saat ini pihak Bawaslu mengumpulkan data di lapangan maupun memeriksa sejumlah saksi. Namun informasi yang diperoleh tim timurkota.com, belum ada pemanggilan kepada Pj Bupati Bone untuk dimintai keterangan.

"Saat ini fokus kita bagaimana mengumpulkan data di lapangan. Mengambil keterangan saksi kepala desa yang ada pada video," ungkap Ketua Bawaslu Bone, Alwi kepada awak media yang dikutip tim timurkota.com.

Berbagai pelanggaran diduga terjadi di masa kampanye Pemilu 2024 di Kabupaten Bone. 

Mulai dugaan pelanggaran paket Baznas dibagikan oknum caleg, dua oknum ASN kedapatan berada di ruangan yang merupakan sekretariat tim pemenangan Caleg.

Terbaru sebuah video berdurasi 49 detik, dimana dalam ruangan tersebut Penjabat (Pj) Bupati Bone, Andi Islamuddin bersama dengan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Andi Gunadil Ukra dan sejumlah kepala desa.

Dalam rekaman tersebut Andi Islamuddin memakai baju warna biru, sementara Andi Gunadil Ukra mengenakan seragam dinas lengkap.

Andi Islamuddin kemudian menyampaikan beberapa hal terkait dengan harapannya agar kepala desa yang hadir dalam pertemuan tersebut membantu anaknya untuk mendapatkan suara terbanyak pada Pileg 2024.

"Tentunya akan menjadi ringan, lalu kemudian, kalau seluruh teman-teman kepala desa ini bersepakat saya sangat meyakini bahwa bukan hanya mampu mendudukan anak saya sebagai anggota DPRD Provinsi. Tetapi mampu juga, memperoleh suara terbanyak dari seluruh kandidat, kan seperti itu," ungkapnya. 

Setelah menyampaikan hal tersebut, Andi Islamuddin kemudian menyampaikan bahwa dirinya meminta dengan ikhlas kepada kepala desa bukan dalam keadaan terpaksa.

"Diulle mo kira-kira, kalau de, tapaui detomaga (Kira-kira kita bisa, kalau tidak bisa sampaikan, tidak ada masalah, red), tapi saya berharap, saya berkeinginan besar, tapi saya berkeinginan ini, saya juga tidak mau pak, bahwa melakukan sesuatu itu dengan keterpaksaan, lakukan lah sesuatu dengan tekad dan keinginan anda," ungkapnya. 

Mendengar ungkapan Pj Bupati tersebut, Andi Gunadil Ukra yang duduk tepat berada di samping kirinya kemudian mengangkat tangan kanan sambil dikepal untuk membakar semangat orang yang hadir di ruang tersebut. 

"Insyallah, Ikhlas," ungkap Gunadil seraya mengangkat tangan dan disertai ucapan sama dari sebagian kepala desa yang hadir di ruangan tersebut.

Ketua Bawaslu Bone, Alwi kepada tim timurkota.com mengatakan bahwa pihaknya telah mendeteksi vidoe yang viral di media sosial tersebut. 

"Betul, videonya juga telah saya dapatka,"tegasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Soal Video Minta Dukungan ke Kades Viral, Bawaslu Belum Sentuh Pj Bupati Bone

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan