Iklan

Lawan Gerakan Anarkisme di Sulsel, Tokoh Pemuda dan Mahasiswa Gelar Dialog PublikTokoh Pemuda dan Mahasiswa Gelar Dialog Publik

timurkotacom~herman kurniawan
Sabtu, November 18, 2023 | 7:28 AM WIB Last Updated 2023-11-18T00:28:57Z

Tokoh Pemuda dan Mahasiswa Gelar Dialog Publik sebagai bentuk perlawana terhadap tindak premanisme (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR - Dialog Publik dengan tema 'Sinergitas Mahasiswa dan Pemuda Dalam Melawan Gerakan Anarkisme di Sulawesi Selatan' yang dilaksanakan di Hotel Jolin Makassar, Kamis (16/11/23). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengupayakan agar mahasiswa dan pemuda untuk bersinergi dalam melawan gerakan anarkisme di Sulawesi selatan. 

Kegiatan SERUM Institute ini menghadirkan tokoh Mahasiswa dan Pemuda Sulawasi Selatan yakni Dawita Rama (ketua PMKRI Makassar)  Imran S. Sos (ketua KAMMI  Makassar) La Ode Ikra Pratama (Panglima GAM) Nurlili Karmila putri (Ketua BEM Sospol Unismuh Makassar) turut hadir juga DR. M. Yusuf Alfian Rendra Anggoro KR, S.E, M.M (Sekjend ADRI Sulsel) . 

Ketua PMKRI Makassar, Dawita Rama menuturkan bahwa dalam mencegah anarkisme di kota makassar kita perlu sinergitas mahasiswa pemuda dan pemerita. 

"Upaya yang perlu kita lakukan dalam mengatasi anarkisme yaitu memberikan edukasi ke masyarakat soal pentinya perilaku yang baik sesama masyarakan agar bisa menciptakan budaya cinta kasi dan saling melindungi satu sama lain," tuturnya

Sementara itu Ketua KAMMI Makassar,
Imran S.Sos juga mengatakan, bahwa kekerasan yang terjadi di kota makassar persoalan anarkisme yang paling cenderung di lakukan oleh anak-anak maupun remaja usia lanjutan.

Maka dari itu kata dia perlu adanya upaya memberikan edukasi mulai dari segi pendidikan dan etika ahlak keagamaan agar menyadarkan mereka agar tidak melakukan tidakan-tindak yang akan merugikan mereka sendiri.

Lanjut Nurlili Karmila Putri selaku Ketua BEM Sospol Unismuh Makassar mengharapkan agar hal ini bisa menjadi catatan untuk pemuda dan mahasiswa agar lebih jelih melihat situasi di sekita.

"Bahwa bangsa hari ini dalam goncangan siklus pendidikan yang kurang sehiga mengakibatkan perpecahan di mana-mana terutama di makassar maka perlu agar bergerak bersama-sama untuk membenahi ini dan menjaga generasi kita untuk Indonesia yang labih baik," ucapnya 

La Ode Ikra Prarama atau akrab disapa (Banggulung) selaku Panglima Besar Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM), juga berkata bahwa tindakan kekerasan dan kejahatan anarkisme ini adalah perilaku yang sangat merugikan bagi masyarakat atau anak-anak muda yang turut terlibat dalam tindakan anarkisme ini kususnya di sulawasi selatan. 

Hal ini sudah jelas bahwa tidakan kekerasan atau anarkisme yang berada di lingkungan masyarakat di karenakan kuranya daya asupan tentang ilmu pengetahun bahkan pemaham hukum untuk mencegah yang namanya pemahan anarkisme itu menjadi meluas.

Dan ini menjadi tamparan besar bagi pemerinta bahwa perlu yang namanya penerapan pedidikan yang murah dan lepangan perkerjaan bagi masyarakat  agar mencega tindakan anarkisme di sulsel karna sebap dari adanya anarkisme ini dikarnakan sulitnya medapatkan pendidikan dan sulitnya mencari lapangan pekerjaan di Sulawesi Selatan. Tegas Banggulung panglima GAM

Adapun DR. M. Yusuf Alfian Rendra Anggoro KR, S.E, M.M Selaku Sekjend ADRI Sulsel Ia juga berkata anarkisme di Sulawasi Selatan bisa diminimalisir dengan cara pergerakan semua lapisan elemen mahasiwa maupun pemuda untuk hadir langsung di tengah-tangah masyarakat. 

Ini juga agar meberikan pemahaman dan edukasi untuk berupaya menyelamatkan generasi muda agar terhindar dari gerakan anarkisme yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Serta perlunya upaya pemerintah untuk melihat kembali kebutuhan masyarakat tentang pentinya penerapan pendidikan secara meluas dan lapangan pekerjaan yang bayak agar menghindari yang namanya kemiskinan dan menciptakan generasi mudah berkualitas untuk Indonesia yang lebih baik,' tutupnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lawan Gerakan Anarkisme di Sulsel, Tokoh Pemuda dan Mahasiswa Gelar Dialog PublikTokoh Pemuda dan Mahasiswa Gelar Dialog Publik

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }