Iklan

Perlakuan Berbeda Pahlawan SEA Games, Sananta Disambut Bak Raja di Kampung Halaman, Ananda Raehan Hanya Spanduk Bergambar Gubernur

timurkota.com_official
Minggu, Mei 21, 2023 | 7:17 AM WIB Last Updated 2023-05-21T00:17:26Z

Wiwink-Bola, Minggu 21 Mei 04:40 WIB

Ramadhan Sananta


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Perlakuan berbeda dialami pemain PSM Makassa musim lalu yang baru saja membawa Timnas Indonesia meraih medali emas pada cabang olahraga sepak bola. 

Jangan Lewatkan: Agung Mannan Pergi, PSM Langsung Perkenalkan Pemain Bek Jangkung dengan Tinggi Badan 1, 87 Meter Sebagai Pengganti


Jangan Lewatkan: Melebihi Klok dan Kambuaya, Duet Pemain Asing Baru PSM Paling Menakutkan Musim Depan, Harganya Fantastis 

Perlakuan berbeda itu diterima keduanya saat pulang ke kampung halamannya. Ananda Raehan kembali ke Kota Makassar sementara Ramadhan Sananta ke Provinsi Kepri.

Sananta disambut meriah, mahkan pada saat dirinya sampai di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau. Hampir semua pimpinan daerah di wilayahnya menyambut berbaur dengan masyarakat menyanyikan yel yel.

Striker Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta disambut meriah di kampung halaman di Kepulauan Riau usai dianggap pahlawan di SEA Games 2023 di Kamboja.

Keramaian di pintu kedatangan Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau menyambut Sananta dengan dentuman bas, suara lantunan yel-yel penyemangat yang keras.

Mulai dari anak kecil, anak sekolah, orang tua, pekerja di kawasan itu, hingga beberapa pejabat di provinsi itu juga turut menyemarakkan nyanyian yel-yel tersebut.

Tidak hanya itu, spanduk yang bertuliskan "Selamat datang Muhammad Ramadhan Sananta. Peraih medali emas sepak bola pada SEA GAMES Kamboja 2023" juga dihadirkan pada momen sambutan tersebut.

Jangan Lewatkan: KEJUTAN BESAR, Bukan Hanya Pellu, PSM Makassar Pulangkan Anak Hilang yang Bawa Juara Piala Indonesia

Nyanyian tersebut terus didengungkan sampai Ramadhan Sananta keluar dari gedung kedatangan dengan berkalung medali emas SEA GAMES 2023.

Pemain yang musim lalu memperkuat PSM Makassar tersebut melayani 'tos' orang-orang di sekitarnya. Selain nyanyian, Sananta juga disambut dengan taburan beras kunyit sebagai tradisi di tanah Melayu.

Taburan beras kunyit itu melambangkan kemakmuran, kesejahteraan, dan kebersihan hati juga diberikan saat menyambut kedatangan sang pahlawan, dikutip dari Antara.

Sejumlah pejabat mulai dari Asisten I Pemerintah Provinsi Kepri Tengku Said Arif Fadilah, Ketua Umum KONI Kepri Usep, hingga Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kepri Muhammad Ikhsan juga ikut menyambut kedatangan Sananta.

Para pejabat tersebut memberikan kalung bunga kepada Sananta dengan hiasan merah putih dan tulisan 'Ramadhan Sananta'.

Tengku Said mengatakan bangga dan terima kasih kepada Sananta, sebagai putra daerah dari Lingga yang mengukir prestasi di level internasional.

Sananta pun tidak lupa berterima kasih kepada pendukung serta seluruh masyarakat Kepulauan Riau yang memberikan dukungan kepadanya, terutama untuk orang tua yang selalu memberikan motivasi.

Anak keempat dari lima bersaudara ini berharap ada lagi pesepakbola Kepulauan Riau yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Ramadhan Sananta adalah pencetak dua gol untuk kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand, 5-2, pada final sepak bola putra SEA Games 2023.

Sedangkan tiga gol Indonesia lain dicetak Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman, dan Beckham Putra, sementara gol balasan Thailand dikemas Anan Yodsangwal dan Yotsakorn Burapha.

Di luar pencapaiannya sebagai bintang kemenangan Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta juga dituding sebagai pemicu keributan Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2023.

Pasalnya, Ramadhan Sananta lebih dahulu berselebrasi di depan bangku cadangan Thailand. Momen tersebut terjadi sebelum gol Yotsakorn. Usai Yotsakorn mencetak gol penyeimbang, ofisial Thailand bergantian berselebrasi di depan bench Indonesia.

Sementara itu Ananda Raehan Alief penyambutannya terlihat sederhada. Tak ada ada puluhan warga berkumpul untuk melakukan penyambutan, hanya pihak keluarga serta Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulsel juga hadir.  

Penyambutan Ananda Raehan Alief 

Bintang muda timnas Indonesia, Ananda Raehan Alief telah tiba di Kota Makassar usai mengantarkan Tim Sepakbola Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 2023. 

Jangan Lewatkan: PSM Makassar Resmi Datangkan Lima Pemain Berlabel Timnas Musim Depan

Sesampai di Bandara Sultan Hasanuddin Kota Makassar, Ananda disambut dengan spanduk bergambar Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kemudian bertuliskan 'Selamat Datang Duta Olahraga' 

Dalam foto tersebut tak ada Gubernus Sulsel. Ia diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga, H Suherman bersama dengan beberapa penggemar PSM Makassar. 

Indonesia harus menunggu selama 32 tahun untuk meraih medali emas sea games dari cabang sepak bola. 

Akhirnya penantian panjang itu terwujud juga Selasa malam (16/5) setelah tim Garuda U22 berhasil mengkandaskan perlawanan Thailand. 

Terakhir kali, Indonesia merebut medali emas sepak bola sea games tahun 1991 lalu. Ketika itu Skuat Indonesia memang diisi nama-nama mentereng seperti Robby Darwis, Peri Sandria, Widodo C Putro hingga Rochy Putiray.

Setelah masa emas Indonesia saat itu, medali emas begitu sulit diraih. Beruntung dalam sea games kali ini Indonesia memiliki skuat tangguh seperti Ramadhan Sananta, Rizky Ridho serta Irfan Jauhari.

Jangan Lewatkan: Klub Pesaing Dibuat Ketar-ketir, PSM Rasmi Daratkan Pemain Asing Termahal di Makassar

Melalui perjuangan berat dan berbagai drama, akhirnya Selasa malam Indonesia berhasil menekuk Thailand dengan skor 5-2 di babak final. 

Sebelum kembali ke Makassar, Ananda Raehan dan kawan-kawan diarak dimulai dari halaman Kemenpora dilanjutkan ke Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5). 

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan saat arak-arakan yang dipimpin oleh Menpora Dito Ariotedjo itu menggunakan bus tingkat atap terbuka milik Transjakarta, sedang atlet cabang olahraga lain menggunakan Bandros. 

"Ada 14 cabang olahraga yang ikut arak-arakan ini," kata Menpora Dito Ariotedjo saat melepas arak-arakan yang diikuti ribuan masyarakat itu. 

Dia menegaskan akan terus mendukung seluruh elemen atlet dan pelatih untuk terus berkontribusi. "Kita sambut kalian dengan bangga dan mari kita keliling sedikit di Jakarta buat menyapa masyarakat, setuju? Salam olahraga!" katanya. 

Pantauan di lapangan, persiapan arak-arakan sempat membuat macet jalan di depan kantor Kemenpora. Namun, kondisi tersebut tidak menyurutkan masyarakat menyambut pahlawan olahraga itu. 

Saat di halaman Kemenpora, para pahlawan olahraga ini juga disambut dengan beberapa hiburan. Ratusan siswa juga hadir memberikan sambutan di sepanjang jalan. Benar-benar meriah.

Khusus untuk sepak bola, sejumlah pemain seperti Bagas Kaffa berada di atap bus dengan membawa bendera Merah Putih, begitu juga Beckham Putra yang berkaca mata hitam berjoget ria di atap bus tingkat bikinan karoseri Adiputro itu. 

Atlet renang seperti Siman Sudartawa yang sukses merebut emas juga ikut dalam arak-arakan tersebut. Begitu juga dengan tim bola basket putri yang mencetak sejarah merebut emas untuk pertama kalinya juga itu merasakan sensasi diarak.

Sementara di Gelora Bung Karno sebuah panggung besar di siapkan untuk pahlawan olahraga itu. Live musik terus menggema di stadion terbesar di Tanah Air itu.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa euforia keberhasilan Timnas sepak bola U-22 memenangi medali emas SEA Games 2023 telah selesai, dan kini PSSI kembali fokus untuk mempersiapkan tim nasional yang akan mengikuti ajang-ajang berikutnya. 

"Ya saya kira euforia sudah selesai. Jadi benar-benar kita harus mulai persiapan lagi kepada tim nasional baik jangka pendek, menengah, dan panjang," kata Erick saat ditemui setelah mengikuti parade juara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat siang.

Menteri BUMN ini juga menyatakan bahwa kesuksesan timnas U-22 mengakhiri puasa medali emas selama 32 tahun dari cabang sepak bola, membuat para anggota tim yang masih berusia muda akan menjadi tulang punggung timnas pada masa yang akan datang. 

Kompetisi terdekat yang akan diikuti timnas adalah Piala Asia 2023 yang dimainkan pada awal tahun depan dan kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober dan November. PSSI sendiri akan melakukan pemusatan latihan untuk Piala Asia selama tiga pekan mulai 20 Desember mendatang.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perlakuan Berbeda Pahlawan SEA Games, Sananta Disambut Bak Raja di Kampung Halaman, Ananda Raehan Hanya Spanduk Bergambar Gubernur

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan