Iklan

Polisi Turun Tangan Selidiki Aliran Sesat Ajaran Puang Nene di Libureng Bone

timurkota.com_official
Kamis, Maret 23, 2023 | 8:31 AM WIB Last Updated 2023-03-23T01:31:46Z

Wiwink-Bola, Kamis 23 Maret 04:40 WIB

Kepolisian Resort Bone



TIMURKOTA.COM, BONE- Kepolisian Resort Bone menerjunkan tim melakukan penelusuran terkait dengan aliran sesat di Dusun Pape, Desa Mattirowalie, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Jangan Lewatkan: CEK FAKTA: Aliran Sesat di Libureng Bone Bernama Al-Mukarrama Al-Khaerat Mukminin Segitiga Emas Sunda Nusantara, Pengikut Tak Wajib Salat yang Penting Setoran Lancar



Jangan Lewatkan: Soal Aliran Sesat dengan Dugaan Nabi Palsu Puang Nene, Ketua Karang Taruna Libureng Adukan ke MUI Bone

Polisi akan mencari fakta terkait dengan ajaran menyimpang tersebut. Selain itu polisi juga mengantisipasi adanya kemungkinan tindakan penduduk setempat yang mulai resah dengan keberadaan kelompok aliran tersebut.

Kasubsi PIDM Sihumas Polres Bone, Iptu Rayendra Muhtar SH mengatakan pihaknya tengah melakukan penyelidikan terkait dengan aliran sesat tersebut.

"Kami sementara menelusuri dulu aliran sesat tersebut," ungkapnya.

Ia melanjutkan, Grento Walinono alias Puang Nene merupakan warga Kabupaten Soppeng yang disebut sebagai khalifah dalam aliran tersebut.

"Aliran ini tidak mewajibkan salat lima waktu. Memberi ilmu tarekat kepada pengikutnya untuk tidak salat jumat. Mereka pengikut diminta menyetor ongkos untuk pembeli kursi diakhir zaman nanti," imbuhnya.

Dari informasi yang diperoleh media ini terungkap bahwa aliaran yang dibawa oleh Grento Walinono alias Puang Nene bernama Al-Mukarrama Al-Khaerat Mukminin Segitiga Emas Sunda Nusantara. 

Diketahui pula bahwa aliran tersebut punya pemimpin untuk wilayah Kabupaten Bone bernama, Hasang alias Acang.

Kepolisian Resort Bone pun telah turun tangan menangani dugaan aliran sesat tersebut.  

Dugaan aliran sesat di Dusun Pape, Desa Mattirowalie, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan akan segera dilaporkan secara resmi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bone.

Hal itu disampaikan, Ketua Karang Taruna Kecamatan Libureng, Andi Idhil. Ia mengatakan, dalam waktu dekat akan bersurat ke MUI Kabupaten Bone untuk mengadukan dugaan aliran sesat tersebut.

"Sementara saya kerjakan ini, bantu pak desa. Rencana kami akan bersurat ke Kecamatan dan MUI Bone," ujarnya.

Sebelumnya, warga digegerkan dengan adanya sekelompok orang yang diduga tergabung dalam aliran sesat.

Bukti aliran ini menyimpang yakni pengikutnya tidak diwajibkan melaksanakan salat jumat seperti umat muslim pada umumnya.

Selain itu, ada seseorang pimpinan yang diduga kuat dianggap mereka sebagai pimpinan dalam aliran atau nabi. 

Ketua Karang Taruna Kecamatan Libureng, Andi Idhil kepada awak media mengungkapkan temuan kelompok aliran sesat itu berdasar pada laporan dari warga setempat ke pihak desa. Kelompok tersebut dipimpin orang bernama Puang Nene.

"Sudah ada beberapa pengikutnya. Sudah menyimpang itu, karena mereka tidak sholat Jum'at," sebutnya kepada awak media, Rabu (22/3/2023).

Idhil melanjutkan, Puang Nene tersebut dianggap nabi oleh pengikutnya. Kalau dia (Puang Nene. Red) datang dan minum kopi, gelas pengikutnya tidak boleh lebih besar dari gelas Puang Nene.

"Kalau kayak adai dan terus minum kopi itu gelasnya nda boleh lebih besar dari gelasnya Puang Nene, dan kalau ada sisa kopinya itu di minum sama pengikut sebagai berkat," papar Idhil.

Idhil menambahkan, pihaknya dan pemerintah desa setempat berrncana akan bersurat ke MUI Bone.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi Turun Tangan Selidiki Aliran Sesat Ajaran Puang Nene di Libureng Bone

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan