Iklan

7 Pemain Muda Hasil Polesan Bernardo di Balik Keberhasilan PSM jadi Kandidat Juara

timurkota.com_official
Selasa, Maret 07, 2023 | 6:19 AM WIB Last Updated 2023-03-06T23:19:00Z

Wiwink-Bola, Selasa 7 Maret 04:40 WIB

Pemain PSM Makassar usai menjalani latihan


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- PSM Makassar kini berada di jalur juara. Pasukan Bernardo Tavares saat ini tinggal selangkah lagi untuk memastikan diri juara BRI Liga 1 2022.

Jangan Lewatkan: GAWAT, PSM Makassar Terancam Krisis Pemain Lawan Persikabo, Hanya Kenzo Nambu Legiun Asing Ikut Latihan 


Jangan Lewatkan:  5 Fakta Mengerikan PSM Makassar Musim Ini: Kembali Datangkan Sosok Pemain Baru Demi Menuju Tangga Juara 

Hasil yang diperoleh PSM Makassar tak kepas dari kejelian dan kemampuan Bernardo Tavares dalam mendeteksi bakat pemain. 

Berikut ada 7 Pemain Cemerlan berkat polesan Bernado Tavares:

1. Erwin Gutawa

Jangan Lewatkan: Cek Fakta: PSM Makassar Resmi Datangkan Pemain Asing Baru Duet Yuran Fernandes Musim Depan, Ini Fakta Sebenarnya

Sebelum dirukangi Bernardo Tavares, Erwin Gutawa sempat beberapa kali membela PSM Makassar.

Namun perkembangan permainannya di PSM Makassar baru muncul setelah mendapat polsen Bernardo Tavares.

2. Ramadhan Sananta

Dari sekian pemain lokal yang direkrut PSM, Ramadhan Sananta menjadi pemain yang paling menonjol. Di Liga 1 musim ini, Ramadhan Sananta menjadi top skor PSM dengan mencetak 9 gol.

Jangan Lewatkan: Hadang Persija dan Persib: Ini Skenario Persik-Borneo Permulus Langkah PSM di Puncak Klasemen

Performa apiknya bersama PSM membuat pemain berusia 20 tahun ini mendapat satu tempat di skuad Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Siapa yang sangka, sebelum bergabung bersama PSM, dahulu Ramadhan Sananta bukanlah pemain yang dikenal banyak orang. Ia pernah berkostum Persikabo 1973 pada musim 2022.

Namun, bersama Laskar Padjajaran, Ramadhan Sananta hanya bermain 4 laga. Itupun bermain sebagai pemain pengganti dengan total penampilan hanya 224 menit tanpa mencetak gol maupun assist.

Jangan Lewatkan: Resmi, Inilah Rekrutan Baru PSM Makassar Calon Pengganti Yuran-Ewin Lawan Persikabo

3. Dzaky Asraf

Dzaky yang masih berusia 20 tahun ini sudah menjadi bintang di tim PSM. Dia berkembang pesat di bawah asuhan Bernardo Tavares.

Meski belum mencetak gol maupun assist, Dzaky menjadi andalan PSM di sisi sayap dengan total 17 penampilan di Liga 1 musim ini.

Berkat penampilannya tersebut, pemain jebolan akademi PSM itu berhasil promosi ke skuad Timnas Indonesia untuk persiapan Piala Asia hingga Piala Dunia U-20.

4. Yance Sayuri

Yance telah menjadi full bek pilihan pertama PSM musim ini. Pemain berusia 25 tahun itu memainkan 24 laga di Liga 1 dengan mencetak 3 gol dan 2 assist.

Jangan Lewatkan: Persib-Persija Sambut 'Gembira' Yuran dan Erwin Absen, Berharap PSM Dikalahkan Persikabo

Yance semakin berkembang di bawah Bernardo Tavares dengan sejumlah penampilan yang sangat meyakinkan. Dallen Doke yang menjadi andalan PSM musim lalu bahkan harus duduk lama di bangku cadangan.

Jika dibandingkan musim sebelumnya, Yance hanya bermain 16 laga di Liga 1 2021/2022 dengan kontribusi tanpa mencetak gol dan assist sama sekali.

5. Reza Arya Pratama

Setelah sebelumnya hanya menjadi kiper keempat PSM, Reza Arya Pratama mulai berkembang pesat di bawah asuhan Bernardo Tavares. Ia telah menjadi kiper utama PSM dengan melampaui para seniornya.

Reza telah menghasilkan serangkaian kemenangan untuk menjaga PSM dalam perburuan untuk menjadi juara di Liga 1 musim ini.

Sejauh ini, PSM bahkan menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit dengan 20 kebobolan dari 27 laga. Bersama Reza, PSM juga menjadi tim yang paling sedikit menelan kekalahan dengan hanya 2 kali kalah.

6. Akbar Tanjung

Ketika PSM memiliki segudang gelandang hebat, banyak yang memperkirakan Akbar Tanjung yang direkrut PSM sulit bersaing. Pemain berusia 29 tahun itu berjuang keras untuk memenangkan kepercayaan Bernardo Tavares dan telah mendapatkan tempat di starting XI.

Meski bertugas sebagai gelandang bertahan, Akbar Tanjung rupanya juga berkontribusi besar dalam membangun kreasi serangan PSM. Dari 26 penampilannya, Akbar menyumbang 3 assist.

Melihat rekam jejaknya, Akbar sebetulnya bukan permain yang diperhitungkan. Pengalamannya hanya pernah bermain di klub kasta kedua yakni PSIM Yogyakarta dan Badak Lampung.

7. Agung Mannan

Memperkuat klub kampung halaman tidak semudah yang diharapkan bagi Agung Mannan. Pemain asal Kabupaten Pangkep ini harus merantau lebih dahulu di beberapa klub di luar Sulsel.

Bahkan untuk masuk dalam skuad PSM musim ini, Agung Mannan harus menjalani proses seleksi terlebih dahulu. Ia harus bersaing dengan banyak pemain yang diseleksi PSM di awal musim.

Di bawah asuhan Bernardo Tavares, Agung Mannan menjadi pilihan utama PSM di lini belakang. Ia menggeser pemain sekelas Erwin Gutawa yang menjadi pilihan utama PSM musim sebelumnya.

Musim ini, Agung memainkan 23 laga bersama PSM di Liga 1. Pemain berusia 24 tahun itu juga telah mencicipi bermain di kompetisi Asia, AFC Cup dengan 2 kali main.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 7 Pemain Muda Hasil Polesan Bernardo di Balik Keberhasilan PSM jadi Kandidat Juara

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan