Iklan

Bukan Target Juara Liga 1, Inilah Misi Tersendiri Pelatih PSM Makassar di Markas Persebaya

timurkota.com_official
Jumat, Februari 24, 2023 | 5:55 AM WIB Last Updated 2023-02-23T22:55:12Z

Wiwink-Bola, Jumat 24 Februari 04:40 WIB

Pemain PSM Makassar, Victor Jonson



TIMURKOTA.COM, SURABAYA- Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mebeberkan misi khusus jelang berhadapan dengan Persebaya Surabaya, Jumat (24/02/23).


Bernardo Tavares menyebut bahwa misi yang ia usung yakni memutus rekor tak pernah meraih kemenangan di kandang Persebaya Surabaya.

Dalam catatan tujuh pertemuan terakhir. Empat kemenangan PSM Makassar diperoleh di kandang sendiri. 

Sementara sisanya, Persebaya Surabaya juga meraih tiga kemenangan saat bertindak sebagai tuan rumah melawan PSM Makassar.

"Dalam catatan kita tidak pernah menang di sini (kandang Persebaya Surabaya). Kami berharap rekor itu akan dipecahkan besok,"ujar Bernardo Tavares, Kamis 23 Februari 2023.

Dalam hitung-hitungan perolehan poin ada tiga tim peserta Liga 1 2022/2023 yang disebut punya peluang merebut juara. 

Pertama, pemuncak klasemen sementara PSM Makassar saat ini memperoleh poin 53 dari 25 pertandingan. Hasil tersebut disusul, Persib Bandung dengan poin 52.

Selanjutnya, Persija Jakarta membuntuti diposisi tiga dengan perolehan angka 50. Ketiga tim masih menyisahkan sembilan pertandingan.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengaku tak memusingkan soal peluang juara timnya.

Seperti yang diketahui, PSM Makassar merupakan salah satu kandidat terkuat untuk juara Liga 1 2022/2023.

Bahkan tim berjuluk Juku Eja itu sekarang menempati posisi puncak klasemen. PSM Makassar tercatat memimpin dengan raihan 53 poin dari 25 laga.

"Di awal musim target kita adalah lebih baik dari musim sebelumnya. Untuk saat ini kita sudah lebih baik dari musim sebelumnya, misi kita adalah untuk menikmati pertandingan-pertandingan yang kita miliki ke depannya," ungkapnya.

Pasalnya, Persib Bandung dan Persija Jakarta menempel ketat posisi PSM Makassar.Persib Bandung berada diperingkat kedua dengan 52 poin.

Sedangkan Persija Jakarta diurutan ketiga dengan 50 poin.

"Di sepak bola, pada saat anda memenangkan dua atau tiga pertandingan secara beruntun semua akan terlihat baik, semua orang akan bicara manis, kamu akan dipuji dan lain-lain padahal tidak, masalah itu akan tetap ada." Tukasnya. 

Ketatnya persaingan tersebut tentu bakal mempengaruhi mental para pemain.

"Pada saat kamu kalah dalam dua atau tiga pertandingan beruntun orang akan bilang pelatih tidak bagus, pemain tidak bagus, padahal tidak, kita masih tetap punya sisi baik di setiap pertandingan." Terangnya.

Namun Bernardo Tavares rupanya tak ingin hal itu menerpa anak-asuhnya.

Pelath asal Portugal ini berharap pemain bisa bermain lepas tanpa adanya tekanan pada laga yang tersisa.

Terlebih PSM Makassar sekarang sudah memenuhi targetnya yakni lebih baik dari musim lalu.

Lebih lanjut, Bernardo Tavares menilai bila tekanan hanya berlaku untuk tim yang sudah mengeluarkan banyak uang demi juara.

"Jadi yang saya mau adalah pemain untuk tidak mempunyai tekanan tambahan dari luar sana, kita hanya ingin menikmati pertandingan-pertandingan kita."

"Tekanan itu hanya untuk tim-tim yang memang mengeluarkan banyak uang, budget besar membeli pemain-pemain mahal," kata Bernardo Tavares, dalam sesi jumpa pers jelang melawan Persebaya Surabaya, Kamis (23/2/2023).

Atas dasar itu pula, Bernardo Tavares tak ingin membebani timnya untuk meraih kemenangan melawan Persebaya Surabya.

Bernardo Tavares hanya meminta anak-asuhnya tampil maksimal dan menunjukan kerja keras di lapangan.

"Kalaupun kita bisa menang besok, sudah luar biasa."

"Kalaupun kita kerja keras tapi hasilnya imbang, saya juga akan puji pemain."

"Tetapi saya tidak mau tekanan tambahan kepada pemain-pemain saya."

"Tentu saja kita analisa Persebaya, pendekatan-pendekatan yang kita lakukan terhadap lawan lawan kita akan berbeda dengan bagaimana kita lakukan pendekatan contoh lawan Bali, lawan tim lain, lawan Persebaya."

"Saya kira Persebaya punya tim bagus, mereka mendatangkan pemain bagus juga di putaran kedua ini dan kita bisa lihat dari performa poin yang mereka kumpulkan saya kira mereka menunjukan performa yang menanjak."

"Kecuali di pertandingan melawan Bali kemarin, tetapi untuk pertandingan besok kita hanya ini menikmati pertandingan tersebut," tuturnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bukan Target Juara Liga 1, Inilah Misi Tersendiri Pelatih PSM Makassar di Markas Persebaya

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan