Iklan

6 Fakta Tentang Haji Isam Orang Terkaya di Kalimantan Selatan Berasal Dari Bone

timurkota.com_official
Senin, Februari 13, 2023 | 4:46 AM WIB Last Updated 2023-02-12T21:46:33Z

Wiwink-Ragam, Senin 13 Februari 04:40 WIB

Andi Syamsuddin Arsyad atau Haji Isam


TIMURKOTA.COM, BATULICIN- Bugis perantau yang sukses dan jadi Crazy Rich di kampung orang tak terhitung lagi. Berbagai kesulitan yang mereka lalui sebelum menjadi orang kaya raya. 


Bahkan ada yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Sumber daya alam yang dapat dikelola menjadikan perantau makin mudah mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Salah satunya adalah Andi Syamsuddin Arsyad atau Haji Isam merupakan salah satu contoh dari orang terkaya asal Batulicin, Kalimantan Selatan. 

Crazy rich asal Kalsel ini tercatat sebagai pemilik PT Jhonlin Agro Raya Tbk. Perusahaan ini bergerak di usaha perkebunan dan pengolahan minyak kelapa sawit.

Istri dan anak Haji Isam


Melansir situs berita merdeka.com inilah enam fakta lengkap dan menarik dari Crazy Rich asal Kalsel bernama Haji Isam:

1. Dekat Dengan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu meresmikan pabrik pengolahan sawit menjadi biodiesel PT Jhonlin Agro Raya di kabupaten Tanah Bumbu provinsi Kalimantan Selatan. Pabrik ini milik pengusaha Samsuddin Andi Arsyad atau Haji Isam.

Jokowi mengatakan bersedia meresmikan secara langsung keberadaan pabrik dengan melihat besarnya pabrik yang dibangun dan upaya hilirisasi CPO.

"Saya sangat menghargai apa yang dilakukan PT Jhonlin Agro membangun pabrik biodiesel, artinya mengindustrialisasi CPO ke biodiesel. Dan kita berharap nantinya ada perusahaan lain yang mulai menghilirisasi, mengindustrialisasi CPO baik menjadi minyak goreng, kosmetik atau barang setengah jadi atau barang jadi lainnya," jelas Jokowi pada Kamis, 21/10).

2. Masih Berusia 46 Tahun

Mengutip Wikipedia, Crazy Rich ini lahir pada 1 Januari 1977 di Batulicin, Kalimantan Selatan. Meski demikian, keluarga besar Haji Isam berasal dari sebuah desa di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, daerah itu adalah daerah etnis Bugis.

3. Luas Kediamannya Mencapai 20 Ha

Rumah mewah Haji Isam dipotret dari sisi depan


Haji Isam bukan sosok yang asing di kalangan masyarakat Batulicin, Kalimantan Selatan. Dia diketahui memiliki kediaman mewah yang dibangun di atas lahan 10-20 hektar.

"Salah satu orang yang punya hobi senang banget off road, rumahnya itu sekitar 10-20 hektar," ungkap sang presenter dalam kanal YouTube TV Judi Online.

4. Memiliki Garasi Modern Super Luas

Selain luas, kediamannya juga memiliki berbagai fasilitas lengkap nan mewah. Haji Isam memiliki hobi otomotif hingga ia memiliki garasi modern berstandar internasional untuk merawat banyak mobil miliknya.

"Jadi bangunan berstandar bengkel-bengkel di Amerika yang canggih ini cuma untuk mewadahi hobi bapak (Haji Sam)," ucapnya.

5. Memiliki Lahan Track Off Road 

Yang lebih mencengangkan, Haji Isam memiliki lahan track off road pribadi yang berada di dekat kediamannya. Arena track off road ini sengaja dibangun untuk menyalurkan hobinya dibidang otomotif. 

"Punya track off road sendiri, terus punya mobil banyak," katanya.

6.  Kolam Renang Mewah

Rumah Haji Isam juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang mewah. Di bagian tepi kolam renang terdapat sebuah teras yang bisa digunakan untuk bersantai.

Jika menggelar sebuah acara, kolam renang ini akan dihias sedemikian rupa sehingga terlihat semakin indah dan cantik. Suasana santai juga tercipta di area kolam renang milik Haji Isam

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 6 Fakta Tentang Haji Isam Orang Terkaya di Kalimantan Selatan Berasal Dari Bone

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan