Iklan

RESMI BERGABUNG: Kapten Timnas Indonesia Mulai Latihan Bersama PSM Makassar Hari Ini

timurkota.com_official
Rabu, November 09, 2022 | 4:10 PM WIB Last Updated 2022-11-09T09:10:38Z

Wiwink-Bola, Rabu 9 November 15:56 WIB

Suasana latihan PSM Makassar yang dipimpin langsung Bernardo Tavares

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Manajemen PSM Makassar secara resmi memperkenalkan pemain baru mereka dalam latihan pada Rabu (09/11/22) sore.


Latihan seperti biasanya dipimpin Pelatih Kepala, Bernardo Tavares didampingi para asisten pelatih. Kemudian para pemain juga tampak mengikuti semua instruksi pelatih.

Dari sekian pemain yang mengikuti latihan terlihat ada sosok pemain baru yang juga merupakan kapten Timnas U-17 yaknit Sultan Zaky.

Pemain yang merupakan asli binaan akademi PSM Makassar itu dipromosikan ke Tim Senior oleh Bernardo Tavares.

Bukan hanya, Zaky ada dua pemain baru lainnya tampak mengikuti latihan yang dipusatkan  di lapangan Bosowa Sport Center (BSC), Makassar.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares sangat selektif dalam menentukan pemain yang akan direkrut. 

Bahkan beberapa pemain yang sempat ditawarkan oleh manajemen ditolak Bernardo. Alasan penolakan itu sendiri karena dianggap sang pemain tak masuk dalam skema permainannya.

Sementara, ketika ada pemain yang dianggap memiliki potensi dan masuk dalam skema permainannya, Bernardo akan rekrut meski banyak yang kritisi.

Sempat dikaitkan dengan bek Persib Bandung, Victor Igbonefo. Namun sepertinya PSM Makassar tak akan merekrut pemain naturalisasi asal Kamerun itu.

Salah satu alasan adalah masukan dari Bernardo Tavares yang menyebut bahwa tim membutuhkan pemain muda untuk mengangkat prestasi tim ke depan.

Saat ini di PSM Makassar tak ada pemain berusia dia atas 36 tahun. Sementara Victor telah menginjak usia 37 tahun. Sehingga pelatih PSM Makassar mengihkan perhatian ke pemain muda.

Arsitek asal Portugal ini mengindikasikan untuk merekrut pemain muda ketimbang mendatangkan pemain senior dan naturalisasi.

Bernardo sebetulnya tak menutup ruang bagi pemain berumur, namun ia punya standar yang harus dipenuhi pemain jika ingin berkostum PSM Makassar.

"Kalau kualitasnya tak lebih baik dari pemain yang ada. Maka saya akan memilih memaksimalkan pemain muda dari akademi. Sebuah kebanggaan ketika ada pemain akademi yang berkembang dan perkuat tim senior," ungkap pelatih berusia 42 tahun ini.

Pemain yang kemungkinan akan dimaksimalkan ke tim senior adalah Sultan Zaky. Pemain jangkung berusia 16 tahun itu merpakan bek tangguh yang memperkuat Timnas U-16.

Anak dari Legenda PSM Makassar, Ansar Razak itu menjadi kapten timnas U-16 yang berhasil membawa timnya juara pada Piala AFF.

Sultan Zaky dianggap sebagai pemain yang layak diberi kesempatan memperkuat tim senior. Ia kemungkinan akan dipromosikan pada musim depan.

Sebelumnya, adanya isu bahwa pemain naturalisasi asal Kamerun Victor Igbonefo sepertinya akan terbantahkan dengan penegasan Bernardo Tavares terkait dengan faktor umur pemain.

Meski telah dinyatakan bakal akan keluar dari Persib Bandung namun pihak PSM Makassar sepertinya lebih tertarik memasksimalkan pemain muda yang dimiliki.

Sebetulnya ada beberapa suporter menyebut bahwa Victor Igbonefo merupakan pemain yang dianggap cocok berduet dengan Yuran Fernandes.

Khusus untuk musim ini Victor jarang dimainkan oleh Luis Milla. Kabarnya itu menjadi dasar manajemen sehingga bersedia melepas sang pemain.

Capaian Victor masih kalah jauh dari Agung Mannan. Tercatat, dari 10 pertandingan yang telah dilakoni PSM Makassar, Agung Mannan mampu membuat gawang Juku Eja hanya kebobolan sebanyak 6 gol.

Catatan itu menjadi statistik terbaik kedua di Liga 1 2022 di bawah Persija Jakarta yang baru kebobolan 5 gol dari 10 pertandingan.

Jika Victor nanti bergabung maka dia akan dijadikan sebagai pelapis atau duet trio Agung dan Yuran pada lini belakang Pasukan Ramang.

Manajemen PSM Makassar belum memberikan gambaran detail terkait dengan pemain buruan mereka di putaran kedua nanti.

"Kami masih dalam tahap pembahasan dengan pelatih. Jadi belum mengerucut ke nama-nama pemain," tukas, Sadikin Aksa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RESMI BERGABUNG: Kapten Timnas Indonesia Mulai Latihan Bersama PSM Makassar Hari Ini

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan