timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Eks Pemain Persib dan Kapten Timnas Bergabung, Persaingan Lini Belakang PSM Makassar Makin Ketat: Ancam Posisi Agung Mannan

Baca Juga

Wiwink-Bola, Rabu 9 November 17:58 WIB

Pemain belakang PSM Makassar mengawal pemain depan Bali United dalam laga di Stadion BJ Habibie


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Persaingan lini belakang PSM Makassar kian ketat jelang kelanjutan BRI Liga 1 2022. Kedatangan dua wajah baru bisa saja mengancam posisi Agung Mannan yang selama ini menjadi langganan starter.


Posisi Agung Mannan sama dengan dua pemain PSM Makassar lainnya, Sultan Zaky serta Abd Rahman Sulaiman. Khusus Sultan, ia telah mengikuti latihan perdana bersama tim PSM Makassar pada Rabu (09/11/22) sore.

Hadirnya mantan kapten Timnas U-17 pada kualifikasi Piala Asia 2023. Akan menjadi ancaman bagi pemain bertahan lainnya. Bisa jadi, Bernardo Tavares akan memberi kesempatan berduet dengan Yuran Fernandes.

Posisi yang paling terancam adalah Agung Mannan. Selain Zaky, ada bek senior, Abd Rahman Sulaiman yang juga merupakan mantan pemain Persib Bandung. Abd Rahman saat ini masih dalam tahap penyembuhan dan kemungkinan akan kembali latihan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, manajemen PSM Makassar secara resmi memperkenalkan pemain baru mereka dalam latihan pada Rabu (09/11/22) sore.

Latihan seperti biasanya dipimpin Pelatih Kepala, Bernardo Tavares didampingi para asisten pelatih. Kemudian para pemain juga tampak mengikuti semua instruksi pelatih.

Dari sekian pemain yang mengikuti latihan terlihat ada sosok pemain baru yang juga merupakan kapten Timnas U-17 yaknit Sultan Zaky.

Pemain yang merupakan asli binaan akademi PSM Makassar itu dipromosikan ke Tim Senior oleh Bernardo Tavares.

Bukan hanya, Zaky ada dua pemain baru lainnya tampak mengikuti latihan yang dipusatkan  di lapangan Bosowa Sport Center (BSC), Makassar.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares sangat selektif dalam menentukan pemain yang akan direkrut. 

Bahkan beberapa pemain yang sempat ditawarkan oleh manajemen ditolak Bernardo. Alasan penolakan itu sendiri karena dianggap sang pemain tak masuk dalam skema permainannya.

Sementara, ketika ada pemain yang dianggap memiliki potensi dan masuk dalam skema permainannya, Bernardo akan rekrut meski banyak yang kritisi.

Sempat dikaitkan dengan bek Persib Bandung, Victor Igbonefo. Namun sepertinya PSM Makassar tak akan merekrut pemain naturalisasi asal Kamerun itu.

Salah satu alasan adalah masukan dari Bernardo Tavares yang menyebut bahwa tim membutuhkan pemain muda untuk mengangkat prestasi tim ke depan.

Saat ini di PSM Makassar tak ada pemain berusia dia atas 36 tahun. Sementara Victor telah menginjak usia 37 tahun. Sehingga pelatih PSM Makassar mengihkan perhatian ke pemain muda.

Arsitek asal Portugal ini mengindikasikan untuk merekrut pemain muda ketimbang mendatangkan pemain senior dan naturalisasi.

Bernardo sebetulnya tak menutup ruang bagi pemain berumur, namun ia punya standar yang harus dipenuhi pemain jika ingin berkostum PSM Makassar.

"Kalau kualitasnya tak lebih baik dari pemain yang ada. Maka saya akan memilih memaksimalkan pemain muda dari akademi. Sebuah kebanggaan ketika ada pemain akademi yang berkembang dan perkuat tim senior," ungkap pelatih berusia 42 tahun ini.

Pemain yang kemungkinan akan dimaksimalkan ke tim senior adalah Sultan Zaky. Pemain jangkung berusia 16 tahun itu merpakan bek tangguh yang memperkuat Timnas U-16.

Anak dari Legenda PSM Makassar, Ansar Razak itu menjadi kapten timnas U-16 yang berhasil membawa timnya juara pada Piala AFF.

Sultan Zaky dianggap sebagai pemain yang layak diberi kesempatan memperkuat tim senior. Ia kemungkinan akan dipromosikan pada musim depan.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares saat ini tengah mempersiapkan timnya guna menghadapi kelanjutan BRI Liga 1 2022. 

Tak adanya kejelasan kapan dimulai kembali kompetisi tak menjadi alasan pelatih PSM Makassar menghentikan aktivitas latihan. Pasca libur selama 19 hari, ia bahkan menyebut pemainnya ada mengalami penurunan kebugaran hingga berat badan naik.

Di tengah persiapan, PSM Makassar mendapat kabar baik, yakni bek andalan mereka yang juga merupakan eks Pemain Persib Bandung Abdul Rahman Sulaiman memberi kode bahwa dirinya dalam waktu dekat akan bergabung dalam latihan PSM Makassar.

Kode yang diberika mantan pilar Timnas Indonesia itu dengan mengunggah foto dirinya berseragam PSM Makassar sambil memainkan si kulit bundar.

Abdul Rahman terhitung dua tahun lebih tak dapat memperkuat PSM Makassar di kompetisi resmi dengan alasan dirinya mengalami cedera parah.

Bernardo Tavares sebagai pelatih Kepala PSM Makassar, bahkan pernah mengungkapkan, bahwa dirinya tak terlalu optimis pemainnya itu akan sembuh dalam waktu dekat.

Pertimbangan pelatih asal Portugal itu yakni, Rahman dari segi usia terbilang tua. Kemudian cedera yang dialami juga cukup parah. Sehingga sangat riskan ketika dipaksakan untuk tampil.

"Rahman butuh istirahat, tak boleh dipaksakan. Dengan kondisi usia saat ini, ia akan beresiko ketika dipaksanakn tampil," ungkapnya.

Sebetulnya, Rahman pernah kembali mengikuti latihan bersama Pasukan Ramang pada awal musim 2022. Namun dalam latihan ringan, ia merasakan sakit pada bagian kakinya yang telah dioperasi.

 

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close