timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Audit Masih Berlangsung, Ini Daftar Stadion yang Layak Pakai: Belum Termasuk Markas PSM Makassar

Baca Juga

Wiwink-Bola, Sabtu 5 November 14:37 WIB

Markas PSM Makassar dalam waktu dekat akan diaudit.


TIMURKOTA.COM, JAKARTA- Menindak lanjuti instruksi FIFA dan Pemerintah Indonesia PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyampaikan hasil sementara proses audit terhadap Stadion yang layak pakai di Indonesia.


Dari sekian banyak stadion telah diaudit, baru delapan yang dinyatakan layak pakai alias siap menjadi venue pertandingan Liga 1 dan 2.

Meski masih berlangsung, namun sudah ada beberapa stadion yang dinyatakan lolos audit. Sementara yang belum diberi kesempatan untuk melakukan pembenahan. 

Jika, pembenahan memakan waktu yang cukup panjang maka, klub diminta untuk markas baru di stadion yang dianggap layak pakai.

Komisaris Utama, Juni Rachman seusai pertemuan dengan pemilik klun Liga 1, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (4/11/2022) mengungkapkan bahwa ada beberapa stadion yang disebut layak pakai.

Juni Rachman mengatakan dari sekian banyak stadion yang diaudit oleh PUPR hingga saat ini baru hanya delapan stadion yang disebut layak.

Enam di antaranya yakni stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023.

Keenam stadion tersebut yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Untuk dua stadion tambahannya yakni Stadion Batakan Balikpapan dan Stadion Jatidiri Semarang.

“Yang layak delapan stadion. Itu termasuk yang enam buat Piala Dunia U-20,” ujar Juni Rachman kepada awak media.

“Lalu tambahan Stadion Batakan dan Stadion Jatidiri Semarang,” ucapnya.

Juni mengatakan bahwa saat ini tim gugus tugas masih melakukan audit untuk beberapa stadion dan hanya itu yang disebut layak pakai.

Termasuk untuk security officer juga masih dilakukan, untuk itu Juni mengatakan PT LIB tak bisa buru-buru.

Terkait untuk jadwal pertandingan juga karena LIB dipastikan masih akan menunggu rekomendasi dari pemerintah.

"Begitu juga terkait security officer, audit saat ini masih dilaksanakan oleh gugus tugas. Termasuk masalah jadwal pertandingan uji coba Liga 1, kami masih tunggu rekomendasinya,” kata Juni.

“Kami tidak bisa menyampaikan masalah jadwal, tapi hasil rekomendasi akan disosialisasikan ke LIB kalau sudah pasti," tuturnya.

Seperti diketahui, bila sesuai timeline yang dibuat oleh gugus tugas transformasi sepak bola Indonesia, setelah melakukan pelatihan dan pendidikan untuk stakeholder terkait aturan safety & security terbaru 15-18 November 2022.

Pada tanggal 18-20 November mendatang akan berlangsung test uji coba pertandingan Liga 1.

Pertandingan uji coba tersebut adalah tiga partai tunda Liga 1 musim 2022/2023 pada pekan ke-11 yang melibatkan Barito Putera melawan PSM Makassar (18/11/2022), PSIS Semarang vs Bhayangkara FC (19/11/2022), dan Persib Bandung kontra Persija Jakarta (20/11/2022).

Sementara untuk Markas PSM Makassar Stadion BJ Habibie dalam waktu dekat akan diaudit untuk menentukan kelayakannya menjadi markas Pasukan Ramang.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close