timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Termasuk Pilar PSM, Inilah Tiga Pemain Serba Bisa Milik Papua Paling Diburu Klub Liga 1 pada Putaran ke Dua

Baca Juga

Wiwink-Daerah, Rabu 19 Oktober 2022 19:08 WIB

Tiga pemain potensial Papua yang bermain di BRI Liga 1 2022


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Mutiara hitam dalam dunia sepak bola selalu memunculkan talenta luar biasa dalam hal bakat alami. 


Tanah Papua selama ini dikenal sebagai daerah yang hampir setiap tahun menghasilkan pemain sepak bola serba bisa. 

Khusus pada tahun BRI 2022, meski Persipura Jayapura harus degradasi ke Liga 2. Namun itu tidak menyurutkan bakat-bakat pemain muda yang berasal dari Papua.

Bahkan hampir semua klub liga 1 diperkuat  satu atau dua pemain asal Papua. Hebatnya lagi, mereka tampil konsisten dan menjadi pilihan utama pelatih di klub masing-masing.

Berikut timutkota.com merangkum tiga orang pemain Papua yang tampil konsisten bersama klubnya. Bahkan kabarnya tiga pemain ini masuk dalam buruan klub-klub elit BRI Liga 1 2022.

Terens Puhiri

Pemain yang memulai karirnya pada sepak bola profesional dengan bergabung pada Persisam Samarinda pada 2015 lalu. Ia mampu tampil dominan diposisi winger kanan bersama Borneo FC pada BRI Liga 1 2022.

Winger lincah berusia 28 tahun ini dikenal sebagai sosok pemain yang telah lama merantau. Bahkan Terens belum pernah memperkuat Persipura Jayapura.

Berkat penampilannya bersama klub dan Timnas Indonesia Terens diminati klub Port yang berkompetisi di liga Thailand. 

Ia berhasil menciptakan tiga gol dalam 11 pertandingan yang dilakoni musim ini bersama Borneo. Sedangkan musim lalu, Terens butuh 31 pertandingan untuk mencetak 4 gol.

Musim ini Terens membuat banyak klub Liga 1 tertarik memakai jasanya setelah menunjukkan permainan menawan dan menjadi salah satu pemain paling berkonstribusi terhadap serangan Borneo FC dari sisi sayap.

Yakob Sayuri

Selanjutnya pemain paling diminati klub lain adalah Yakob Sayuri. Winger kanan berusia 23 tahun ini tak tergantikan di PSM Makassaar. 

Ia bahkan telah menciptakan empat gol alias berada di jajaran pencetak gol terbanyak di PSM Makassar musim ini dengan sembilan pertandingan.

Khusus pertandingan terakhir sebelum kompetisi dijeda, Yakob sengaja tak dimainkan dengan alasan sang pemain kelelahan akibat bermain full di dua pertandingan uji coba timnas Indonesia.

Berkat permainannya yang apik musim ini membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggilnya. 

Dia tampil dalam dua pertandingan uji coba FIFA Matchday. Yakni saat melawan Curacao pada November lalu. Tapi Yakob tidak bermain di posisinya. 

Dia dapat posisi baru sebagai bek kanan. Meski masih canggung, dia tetap dapat kepercayaan tampil dalam dua kali ujicoba lawan Curacao.

Yohanes Kandaimu

Pemain tersebut Yohanes Kandaimu. Bek berusia 27 tahun ini masuk dalam tiga daftar pemain asal Papua yang dianggap tampil cemerlan bersama dengan Yakob Sayuri dan Terens Puhiri.

Pemain berposisi sebagai bek tengah ini memiliki postur 189 CM sangat ideal untuk ukuran pemain bertahan. Pemain yang lahir di Kepulauan Mappi, Papua Selatan itu lebih mirip pemain asing Afrika ketika tampil di lapangan.

Sebelum bermain bersama Persita Tangerang Kandaimu dulunya merupakan pemain yang lama berkiprah di klub Liga 2. 

Beberapa tim telah diperkuat seperti, PSBS Biak, PSG Pati, musim ini merupakan kesempatan perdana bagi dirinya mencicipi panasnya persaingan BRI Liga 1 2022.

Jika Kandiamu bergabung dengan PSM Makassar, maka ia akan menjadi penopang makin kokohnya lini pertahanan PSM Makassar. 

Kandaimu juga dapat menjadi pelapis sepadan jika Yuran Fernandes harus absen di tengah kompetisi. Selain hebat dalam bola-bola atas, Kandaimu juga memiliki kecetapan dan kepiawaian dalam mengantisipasi serangan bawah lawan.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close