timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Ini Kabar Gembira Diterima PSM Makassar dari PSSI...

Baca Juga

Wiwink-Bola, Jumat 14 Oktober 2022 13:08 WIB

Tim PSM Makassar Latihan


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- PSSI saat ini tengah melakukan pembahasan terkait dengan penggunaan Stadion yang menjadi markas tim peserta BRI Liga 1 2022.


Manajemen PSM Makassar sempat khawatir dengan pemberlakuan kebijakan tersebut. Pasalnya ada isu yang berkembang bahwa saat Liga 1 akan dilanjutkan maka semua stadion wajib Single Seat.

Rupanya belakangan disebutkan bahwa penggunaan single seat di setiap stadion.  Dilakukan secara bertahap.

Ketua tim Investigasi PSSI, Ahmad Riyadh mengatakan pembenahan tersebut dilakukan secara bertahap. Bagi yang belum menggunakan. Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare nantinya akan dibenahi juga secara bertahap sesuai dengan instruksi PSSI.

"Yang utama sekarang dulu adalah pengamanan. Setelah semua berjalan dengan baik. Maka tentunya adalah stadion. Itu, Single seat bertahap atau digunakan sesuai dengan 50 persen dulu," imbuhnya.

Menurutnya, saran FIFA agar menggunakan Single Seat. Namun hal itu masih dalam tahap penyesuaian dengan PSSI.

"Masih diputuskan dulu, yang kita bisa jalankan saja dulu (kompetisi), pake single seat penonton dan tidaknya urusannya nanti," tegasnya.

Anggota Executive (Exco) PSSI tersebut mengatakan, yang terpenting saat ini agar sistem keamanan dalam pelaksanaan pertandingan pada masing-masing markas klub Liga 1 lebih diutamakan agar Tragedi Kanjuruhan tidak terulang kembali.

"Syukur-syukur nanti di izinkan tergantung pengamanannya nanti. Kita tidak mau mendahului hasil sinkronisasi hasil pengamanannya bagaimana kalau sudah sinkron cocok bagi PSSI, cocok bagi FIFA, cocok bagi kepolisian, yah jalan," tutupnya.

PSSI Pastikan BRI Liga 1 Digulirkan November

PSSI telah resmi membentuk tim Transformasi Sepak Bola Indonesia bersama FIFA, AFC, dan Pemerintah. 

Melansir Bolasport, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan timeline atau lini masa kerja Satuan Tugas (Satgas) mulai bekerja.

Perbentukan Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia ini telah mendapatkan persetujuan dari FIFA dan AFC.

Hal ini dipastikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan seusai menjalani pertemuan dengan FIFA, AFC, dan Pemerintah di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan pertama kali timeline dari tim Transformasi.

Dalam rapat ini menghasilkan penyusunan timeline action plan yang akan dilakukan oleh tim task force.

Untuk deretan timeline akan dimulau pada 17 Oktober 2022 dengan pengumuman tim task force yang menyertakan iterpol hingga United Nation (PBB).

Setelah itu, pada 21 Oktober akan dilakukan pertemuan pertama tim Task Force untuk membahas SOF (Standard Operating Procedure) buat penyelenggaraan sepak bola Indonesia.

Pada 27 Oktober akan dilanjutkan dengan membuat draft SOP baru setelah itu akan ada launching Football for Schools.

Kemudian akan berlanjut pada bulan November 2022 dengan mematangkan action plan dan penyusunan road map.

Ditargetkan untuk pekan kedua November sudah mencapai tahap finalisasi action dan penyusunan road map.

Untuk penyampaiak ke publik dan stakeholder pun diharapkan bisa berlangsung pada 14 November 2022.

Setelah ini terkait rencana ini aakan dikomunikasikan pada G20 pada 15 November.

Saat itu akan dilakukan berbarengan dengan adanya pelatihan dan edukasi tahap pertama untuk stakeholder dalam penerapan sistem baru untuk Liga 1 di semua venue pertandingan nantinya.

Tak lipa setelah itu kepastikan soal Liga 1 direncanakan akan kembali berlanjut pada 25-26 November 2022.

Namun, dalam lini masa ini penjelasannya masih tentatif untuk lanjutan Liga 1 2022-2023.

Hal ini masih tentatif karena pemerintah juga ingin memastikan bahwa Liga 1 bisa bergulir kembali seusai semua sistem keamanan sudah final.

“Kami sampaikan komitmen Pemerintah, FIFA, PSSI hingga AFC terkait membahas timeline tugas,” ujar Mochamad Iriawan dalam jumpa pers di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

“Tanggal 17 pertemuan FIFA dengan PSSI dan FIFA dengan AFC. Insyaallah kami akan berangkat ke Kuala Lumpur untuk koordinasi.,” ucapnya.

“Tanggal 18 ke Jakarta, Presiden FIFA akan bertemu dengan Presiden Indonesia dan PSSI yang diadakan di Jakarta. 

Presiden FIFA terbang ke Jakarta setelah kegiatan tanggal 17 di Kuala Lumpur. Pembahasannya terkait komitmen FIFA, PSSI dan pemerintah.”

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan bahwa sepak bola Tanah Air memang perlu perombakan besar-besaran.

Ini dilakukan untuk mencegah agar tragedi Kanjuruhan tak terulang lagi karena insiden tersebut telah menewaskan sedikitnya 132 orang.

Untuk itu pembentukan satgas transformasi sepak bola yang dibantu FIFA dan AFC ini diharapkan bisa dipastikan keamanan dan kenyamanannya ke depan.

Terkait lebih jelas dan pastinya akan ada pertemuan Presiden FIFAm, Gianno Infantino dengan Presiden RI, Joko Widodo nantinya

Dalam pertemuan itu akan dibahas lebih jelas dan tentu saja pembenahan sepak bola diharapkan sudah selesai. Sehingga kompetisi pun bisa kembali bergulir dengan aman dan nyaman.

“Tanggal 16 November 2022 Presiden FIFA akan hadir di G20. Itu untuk suarakan bahwa Indonesia tempat yang aman untuk acara internasional dan siap memulai Liga,” tuturnya

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close