timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Di Tengah Kompetisi Sedang Terhenti, PSM Kehilangan Sosok Penting Pernah Persembahkan Juara

Baca Juga

Wiwink-Bola, Selasa 25 Oktober 2022 13:57 WIB

Logo PSM Makassar


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- PSM Makassar menjadi salah satu peserta Liga 1 2022 yang telah menyampaikan sikap mereka terhadap kelanjutan kompetisi yang hingga saat ini belum ada kejelasan.


Selain PSM Makassar beberapa tim lain juga mengambil sikap sama yakni meminta agar kompetisi segera dilanjutkan. 

Bahkan dua klub masing-masing Persis Solo dan Persebaya Surabaya telah mengambil sikap dengan meminta agar PSSI segera lakukan KLB.

Dari kondisi tim, Pasukan Ramang julukan PSM Makassar harus merelakan pemain yang pernah mempersembahkan juara Piala Indonesia kelur dari tim dengan alasan cedera yang tak kunjung pulih.

Sosok tersebut adalah Abdul Rahman Sulaeman. Pemain kelahiran Sidrap 35 tahun lalu ini masih berkutat pada cedera panjang yang mengancam karirnya sebagai pesepakbola profesional.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares memberi indikasi bahwa pihaknya akan mendepak Abdul Rahman Sulaeman dari skuad PSM Makassar pada paruh ke dua BRI Liga 1 2022.

Ia mengaku telah lama tidak mendapatkan kabar terkait dengan perkembangan kondisi cedera yang dialami Abdul Rahman Sulaeman.

Ia mengatakan, dirinya menyadari dengan umur 35 tahun. Akan sangat beresiko jika mantan pemain Timnas Indonesia itu memaksakan diri untuk terus bermain.

Dengan kata lain, Bernardo telah mengantongi nama calon pengganti buat Abdul Rahman Sulaeman. Sang pemain kemungkinan akan diminta untuk fokus pada proses penyembuhan.

"Saya melihat dari faktor umur dan cedera yang dialami. Akan banyak resiko jika ia (Rahman) memaksakan diri untuk bermain. Dengan cedera berkepanjangan begitu sangan riskan," tukasnya.

Sekadar diketahui, sebelum mengalami cedera parah. Abdul Rahman adalah pilar tak tergantikan di lini belakang PSM Makassar. 

Beberapa pergantian pelatih ia selalu menjadi pemain utama. Pernah diduetkan dengan Staven Paule, setelahnya berduet dengan Husain El Dor, serta berduet dengan Setif Hasic. 

Namun cedera posterior cruciate ligament (PCL) dan anterior cruciate ligament (ACL) membuat sang pemain absen kurang lebih tiga tahun.

Meski semangatnya untuk puliha dan kembali bermain tak pernah pudar. Hingga saat ini Abdul Rahman terus melakukan terapi dan berbagai pengobatan untuk pulih dan kembali merumput.

Pada 2021 lalu tepatnya bulan November. Abdul Rahman sudah dinyatakan sembuh total. Ia kemudian dimainkan saat menghadapi Persib Bandung.

Di awal laga penampilannya sangat menjanjikan. Bahkan dominasinya di lini belakang kembali seperti beberapa tahun lalu, tampil lugas dan selalu unggul dalam perebutan bola atas.

Namun pada menit ke-32, Abdul Rahman terlibat duel bola atas dengan striker Persib Bandung, Wander Luiz. Rahman mampu menjauhkan bola dari lini pertahanan, namun saat jatuh, dia salah tumpuan dan langsung tersungkur.

Malam itu menjadi malam terakhir bagi Rahman membela PSM Makassar hingga saat ini. Memang, di awal BRI Liga 1 2022, Abdul Rahman sempat menjani latihan dan menyatakan diri telah pulih.

Namun, Bernardo Tavares tak mau mengambil resiko. Ia bahkan meminta Rahman tak diikutkan ketika latihan game atau menu latihan yang berpotensi terjadi benturan antar pemain.

Belakangan, Rahman kembali menghilang dari latihan PSM Makassar. Kabar dari Media Officer, Sulaeman Abdul Karim bahwa sang pemain sementara menjalani proses terapi.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close