timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Inilah Profil Pemain Naturalisasi Mantan Timnas. Bisa Jadi Solusi Lini Depan PSM Makassar

Wiwink-Bola, Sabtu 05 Juni 2022 10: 47 WIB



TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Jelang penutupan bursa transfer, PSM Makassar belum mendatangkan pemain senior berposisi sebagai ujung tombak. Pemain yang didatangkan mayoritas berposisi sebagai gelandang, winger hingga bek.

 

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih kesulitan mendapatkan pemain berpengalaman. Hampir semua pemain Liga 1 telah diikat kontrak klub lain.

"Bisa kita cari siapa pemain berpengalaman yang free sekarang. Kita kesulitan karena semua telah mendapat klub baru. Ada beberapa juga telah kita ajak, namun mereka menolak dengan berbagai alasan," katanya menjelaskan.

Khusus untuk lini depan, PSM Makassar bisa mendapatkan kembali mantan ujung tombaknya, Osas Saha.

Saat dikonfirmasi, Osas mengaku saat ini belum memutuskan bergabung ke klub mana. Meski dirinya mengaui sudah ada beberapa tawaran dari tim Liga 1.

"Sudah banyak tim Liga 1 yang menghubungi. Saat ini saya telah sembuh total dari cedera. Saat ini saya belum menentukan di klub mana akan bermain," ujar Osas.

Menurut catatan Transfermarkt, Sebelumnya dia memulai karier di negara asalnya, Prime FC pada 2007.

Setelah itu dia pindah ke KF Elbasani, klub asal Albania pada 2008. Satu musim di sana, Osas Saha memulai petualangannya di Indonesia pada 2008.

Klub Indonesia pertama yang dibela Osas Saha di Indonesia adalah PSDS Deli Serdang. Dia tampil apik dengan mencetak 11 gol dari 21 laga. Kemudian dia pindah ke PSMS Medan.

Tak cukup apik penampilan Saha di sana karena cuma mencetak 4 gol dari 15 laga. Dia akhirnya pindah ke PSAP Sigli pada 2010. Di sini dia menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 29 gol dari 26 laga.

Ketajamannya itu membuat PSMS Medan kembali merekrutnya untuk Indonesia Super League 2011/12. Saha tampil apik dengan kontribusi 19 gol dari 32 pertandingan.

Setelah PSMS, Osas Saha cukup sering pindah tim mulai dari Persepam Madura United, Persisam Putra Samarinda, Persiram Raja Ampat, Semen Padang, hingga Perseru Serui.

Saha sempat berpetualang ke Malaysia dengan bergabung bersama Penang FA di tahun 2016. Namun, setelah hanya mencetak 5 gol di sana, Saha akhirnya kembali ke Indonesia.

Saha bergabung dengan Persija Jakarta pada 2018. Namun, saat itu dia tak dihitung sebagai pemain asing karena sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Mei 2018.

Di level tim nasional, pemain yang berposisi sebagai striker itu sebenarnya sempat mencuat di Nigeria.

Hal itu terbukti kala dia pernah dipanggil Timnas Nigeria pada jenjang U-17 hingga U-20. Namun tak pernah merasakan tampil bersama timnas senior.

Dia justru mendapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Osas Saha menjalani debutnya bersama Indonesia saat melawan Thailand pada September 2019 lalu


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close