timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Selain Nikita Mirzani, Ini Daftar Artis Pernah Tersandung Kasus Penghinaan Agama



Editor: hamzah/timurkota

TIMURKOTA.COM, JAKARTA-
Artis Nikita Mirzani saat ini kembali menjadi buah bibir. Pasalnya artis seksi itu diduga melakukan penghinaan terhadap Agama Islam.


Hal itu berawal dari video akun TikTok @riricisofficial_30, ucapan Nikita dikecam dan disebut melecehkan agama sendiri.


"Ushalli fardhol maghribi tsalaatsa raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aala. Takbir!" tutur Nikita Mirzani sambil tertawa, 



Tak hanya TikTok, video itu juga diunggah di media sosial Twitter dan akhirnya viral. Salah satunya akun Twitter yang turut mengunggah adalah adalah Haji Umar Syadat Hasibuan.


Namun jauh hari sebelum Nikita Mirzani ada enam artis Indonesia yang pernah tersandung kasus sama. Berikut daftarnya: 


Joshua Suherman


Seperti Coki-Muslim, Joshua juga merupakan stand up comedian yang tergabung dalam MLI. Mantan penyanyi cilik itu tersandung masalah karena materi yang ia bawakan saat ber-stand up comedy.


Kala itu, Joshua membandingkan dua mantan personel Cherrybelle yakni Annisa dan Cherly. Joshua menyebut keduanya memiliki kemampuan yang relatif sama namun Annisa lebih populer ketimbang Cherly.


"Gue mikir kenapa Annisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam! Karena di Indonesia ini ada satu hal yang dengan sebesar apapun mayoritas," ucapnya saat itu melansir kumparan.


Perkataan Joshua tersebut berujung pada pelaporan ke Bareskrim Polri oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) dengan dugaan penistaan agama.


Andre Taulany


Presenter Andre Taulany bersalaman dengan Ketua Dakwah MUI, Muhammad Cholil Nafis saat akan menggelar konferensi pers. 


Dalam potongan video tersebut, Andre diduga menghina Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Adi Hidayat dalam program acara yang dibawakannya bersama Sule pada April lalu.


Dugaan penghinaan itu belum mereda, Andre kembali dihadapkan pada masalah serupa. Potongan video saat dirinya membawakan acara dengan Sule kembali viral di media sosial. Namun, kali ini Andre dinilai oleh sebagian kalangan melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.


Acara ini ternyata tayang pada Ramadhan tahun 2017. Kala itu, Virzha mengaku mengagumi Nabi Muhammad SAW yang wanginya seperti 1.000 bunga. Namun, Andre malah menanggapinya dengan candaan. “Aromanya 1000 bunga? Itu badan apa kebon,” katanya.

Andre akhirnya menyampaikan permintan maafnya melalui pertemuan dengan salah satu Ketua MUI, KH. Cholil Nafis, Sabtu (4/5).


Meski begitu, Andre tetap harus berurusan dengan hukum karena telah dilaporkan oleh Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama.


Coki-Muslim


Dua komika yang tergabung dalam Majelis Lucu Indonesia (MLI) ini juga pernah tersandung dugaan penistaan agama. 


Coki Pardede dan Tretan Muslim dianggap menyinggung umat Islam karena membuat konten memasak daging babi dengan rebusan sari kurma. Potongan video saat keduanya memasak itu pun sempat viral di media sosial.


Dalam video tersebut, ada adegan Muslim yang memegang kotak makanan berisi daging babi dan mendekatkannya ke telinga lalu mengucapkan, "neraka...neraka...neraka,". 


Tidak itu saja keduanya juga berguyon dengan mempertanyakan apakah kadar keharaman daging babi bisa berkurang bila mencampurnya dengan sari kurma. Keduanya pun mengalami hujatan yang cukup masif di media sosial. 


Akibatnya, keduanya dilaporkan ke Polda Jatim. Mereka lalu sempat memutuskan untuk rehat dari dunia komedi, dan meminta maaf atas kegaduhan yang ada (bukan minta maaf karena masalahnya). Namun kini keduanya sudah kembali lagi aktif berkomedi melalui konten-konten Youtube.


Uus


Dalam cuitannya, Uus mengomentari sebuah foto yang bertuliskan "Sehelai rambut Habib Rizieq jatuh, bukan urusan dengan FPI, tapi dengan umat Islam,".

Uus meresponsnya dengan menuliskan "Shampoo untuk RIzieq. Viralkan! Bantu Rizieq beli shampo!!"


Uus pun seolah menghilang dan enggan menanggapi kasus tersebut. Hingga ia sempat menuangkan isi hatinya kembali dalam akun Instagram.


"Maaf ya teman-teman kalau saya jadi public figure yang enggak sesuai seperti yang teman-teman harapkan," tutur Uus kala itu.


Uus akhirnya memilih untuk menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Maksud kedatangannya tersebut ingin tabayyun, dan menyampaikan permohonan maaf ke seluruh umat Islam di Indonesia.


"Saya minta maaf kepada seluruh umat islam yang merasa tersinggung atas opini saya soal islam yang damai. Mungkin tidak semua umat islam mendapat respons yang baik, jadi saya minta maaf. Semoga dengan tabayyun saya dengan pak Cholil di sini bisa menjauhi fitnah-fitnah yang mulai berdatangan," ungkap Uus dalam sebuah video.


 Ernest Prakasa


Ernest Prakasa pernah dikecam lantaran kicauannya tentang kedatangan ulama asal India, Zakir Naik, ke Indonesia yang akhirnya bertemu dengan wakil Presiden Jusuf Kalla.


"JK dengan hangat menjamu Zakir Naik, orang yang terang-terangan mendanai ISIS. Sulit dipahami," kicau Ernest pada 5 Maret 2017 lalu.


Cuitannya itu langsung diserbu netizen baik yang pro maupun yang kontra. Beberapa pihak yang tak puas, bukan hanya memberikan kecaman kepada Ernest, namun juga muncul pesan boikot untuk produk iklan yang dibintangi olehnya.


Sadar akan kicauannya yang menimbulkan kecaman, sutradara dan aktor 'Cek Toko Sebelah' itu langsung menghapus cuitan di akun Twitter.

Ernest juga langsung meminta maaf secara terbuka melalui akun Instagramnya.


Ge Pamungkas


Komika asal Bandung ini pernah bermasalah akibat salah satu materi yang ia bawakan. Ge kala itu membahas tentang banjir yang terjadi di Jakarta yang dianggap sebagai cobaan dari Allah SWT.


'Sesungguhnya Allah memberikan cobaan kepada yang Dia cintai. Cintai apaan?' ucap Ge kala itu. Potongan video saat dirinya membawakan materi tersebut viral di media sosial. 


Ge akhirnya mengklarifikasi dengan mengatakan bahwa ia bukan bermaksud menghina Allah melainkan menyinggung sifat manusia yang memiliki standar ganda dalam melihat agama atau ras yang dianutnya.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close