timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Tak Banyak yang Tahu, Dua Putra Bone Jadi Pilar Utama PSM di Piala Menpora


TIMURKOTA.COM, MALANG- 

PSM Makassar baru saja membuat kejutan dengan menumbangkan Persija Jakarta pada laga perdana Grup B Piala Menpora 2021.

Dengan mengandalkan 100% pemain lokal, Pasukan Ramang membuat tim ibu kota yang diperkuat pemain asing ditambah naturalisasi tak berdaya. 

Di balik kemenangan itu, rupanya ada konstribusi positif dari pemain lokal yang membawa semangat kedaerahan dari masing-masing kabupaten di Sulawesi Selatan.

Salah satunya Kabupaten Bone. Dua punggawa PSM Makassar rupanya berasal dari kabupaten kelahiran mantan Wapres Jusuf Kalla ini.

Dua pemain tersebut yakni, Erwin Gutawa dan Muhammad Rizky Eka Pratama. Erwin merupakan pemain kelahiran Desa Samaenre, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Pemain berposisi stopper yang identik dengan nomor punggung 5 pernah membela sejumlah tim lokal di desanya, dua diantaranya adalah Samaenre FC dan Tonra Muda FC.

Selain itu, Erwin juga sempat menjadi pilar utama di lini belakang Martapura FC dan Sriwijaya FC yang berlaga pada kompetisi Liga 2.

Sempat diragukan mampu bersaing dengan bek senior di PSM Makassar, Erwin Gutawa menunjukkan permainan apik hingga pelatih memberi kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi palang pintu Juku Eja bersama Hasyim Kipuw.

Saat melawan Persija Jakarta, Erwin Gutawa tampil full time alias tak tergantikan. Ia bahkan mampu mematikan pergerakan striker sekaliber Marko Simic.

Selain Erwin Gutawa, terdapat pula pemain kelahiran Kota Beradat lainnya, yakni Muhammad Rizky Eka Pratama. Pemuda kelahiran 24 Desember 1999 ini, mampu menjelma menjadi sosok pemain ditakuti lawan di sisi sayap Pasukan Ramang.

Rizky Eka merupakan jebolan SSB Beringin Putra kemudian bergabung di PPLP Sudiang. Pria Kelahiran Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone ini juga merupakan salah satu pilar Timnas Indonesia persiapan SEA Games.

Saat menghadapi Persija Jakarta, Risky tampil spartan dengan melancarkan beberapa serangan dari sisi sayap. Bersama Yakob Sayuri, ia membuat lini belakang Persija yang diperkuat pemain asing keteteran.

"Kami dalam kondisi sangat siap menghadapi pertandingan di Piala Menpora. Meski sebetulnya persiapan cukup singkat," kata Risky Eka jelang pertandingan melawan Persija.

Kini, Erwin Gutawa bersama Risky Eka serta rekan-rekannya tengah mempersiapkan diri menghadapi laga berat berikutnya melawan Bhayangkara FC pada Sabtu 27 Maret 2021.

"Hari ini latihan perdana usai pertandingan melawan Persija Jakarta. Kita persiapkan tim untuk laga selanjutnya," ujar, Pelatih PSM Makassar Syamsuddin Batola.


***

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close