timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Yaqut Cholil Diangkat Jadi Menag. Banser Trending di Twitter

Yaqut Cholil Qoumas

TIMURKOTA.COM, JAKARTA-

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) menjadi trending di twitter usai panglimanya, Yaqut Cholil Qoumas diangkat sebagai Menteri Agama (Menag).

"Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau adalah pemimpin Muslim, Ketua GP Ansor dan kita (Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin) akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," kata Presiden Jokowi di Veranda Istana Merdeka, Jakarta, Senin (22/12/20) 

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, banyak dikenal kiprahnya sebagai ketua umum GP Ansor, yaitu badan otonomi Nahdlatul Ulama yang mengurusi pemuda.

Ansor juga menaungi organisasi Banser yang salah satu tugasnya melindungi para ulama terutama untuk kalangan kiai Nahdliyin.

Naiknya nama Yaqut tersebut sejatinya meneruskan tradisi pos menteri agama yang dalam beberapa periode kepemimpinan terakhir secara "turun temurun" diisi tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Meski menteri agama sebelumnya Fachrul Razi sempat "menyela" tradisi tersebut karena merupakan kalangan non-NU.

Yaqut adalah kelahiran Rembang pada tahun 1975.

Dia termasuk belia untuk memimpin Kementerian Agama lantaran tokoh muda itu akan genap berusia 46 tahun pada 4 Januari 2021.

Menilik nama-nama menteri agama pendahulunya, tentu Gus Yaqut tergolong junior, meski usia muda bukan jadi penghalang kesuksesan seseorang.

Sebut saja para mantan menteri agama yang memimpin di usia tergolong senior seperti Abdul Malik Fadjar, Muhammad Tolchah Hasan, Said Agil Husin Al Munawar, M Maftuh Basyuni, Suryadharma Ali, Agung Laksono, Lukman Hakim Saifuddin dan Fachrul Razi

***

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close