Iklan

234 Kiai dan Tokoh NU Meninggal Dunia Selama Covid-19

timurkota.com_official
Minggu, Desember 27, 2020 | 2:27 PM WIB Last Updated 2020-12-27T07:27:10Z

Kantor PBNU Jakarta (foto: Istimewa)

TIMURKOTA.COM, JAKARTA-

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengonfirmasikan banyak kalangan NU yang meninggal dunia selama Pandemi Covid-19. Sebanyak, 234 kiai dan tokoh NU meninggal dunia dari priode Maret-Desember 2020.

"Hingga saat ini kiai dan tokoh NU meninggal selama masa Pandemi," ujar, Ketua Satkor Covid-19 Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU Ulun Nuha di Banda Aceh, Minggu (27/12) dilansir Antara.

Ini mengalami peningkatan enam kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah kiai yang meninggal pada periode yang sama tahun lalu.

"Pada tahun 2019 lalu, para kiai atau tokoh NU yang meninggal dunia kurang dari 50 orang, hanya sekitar 40-an yang meninggal dunia pada tahun lalu," ujarnya.

Namun, Ulun tak menyatakan apakah para kiai tersebut wafat terpapar Covid-19. Ia hanya menyebut para kiai dan tokoh NU tersebut meninggal selama pandemi virus corona.

"Jadi Kita tidak menyatakan beliau meninggal karena Covid-19, kita menyatakan beliau meninggal selama masa pandemi," katanya.

Selain itu, kata Ulun, pihaknya mencatat ada 112 pesantren di Indonesia yang terpapar virus corona dengan lebih dari 5.000 lebih santri dan kiai yang postif Covid-19.

Dari banyaknya santri yang terpapar Covid-19, terdapat dua santri yang meninggal dunia dan ratusan lainnya dinyatakan sembuh.

Ulun pun menyatakan pihaknya telah membentuk Satgas NU peduli dengan melibatkan sejumlah badan otonom untuk melindungi warga Nahdliyin dari ancaman pandemi virus corona.

"Amanah dari Buya Said (Said Aqil Siradj), kita fokus melindungi warga termasuk warga pesantren dengan berupaya melakukan edukasi untuk melindungi, serta melakukan kegiatan pendidikan, pelatihan, kampanye, audit kesehatan agar warga NU berdaya untuk menegakkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sabtu (26/12). Dari jumlah itu, sebanyak 576.693 orang dinyatakan sembuh dan 20.994 orang lainnya meninggal dunia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 234 Kiai dan Tokoh NU Meninggal Dunia Selama Covid-19

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan