Iklan

Polisi Pastikan Proses Hukum Admin Medsos Usai Resmi Terima Aduan Solidaritas Jurnalis Bone

timurkota.com_official
Senin, Januari 22, 2024 | 6:05 PM WIB Last Updated 2024-01-22T11:11:35Z

Penulis: Makmur
Editor: Herman Kurniawan

Solidaritas wartawan Bone melakukan aksi unjuk rasa sekaligus melaporkan secara resmi pemilik akun medsos (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE-  Kepolisian Resort Bone memastikan akan menindaklanjuti sekaligus memproses secara hukum sejumlah admin media sosial yang diduga kerap mencopy paste berita karya jurnalis Bone, Senin (22/01/24) Pukul 11.00 Wita.

KBO Sat Reskrim Polres Bone, Ipda Gunawan SH kepada wartawan yang menggelar unjuk rasa menegaskan bahwa pihaknya akan memproses aduan dari solidaritas Jurnalis Bone.

"Terkait dengan aduan secara tertulis yang telah diserahkan kepada kami," ungkapnya.

Langkah pertama yang akan dilakukan yakni melakukan serangkaian proses penyelidikan dengan mengumpulkan bukti, serta keterangan saksi.

"Setelah itu kami melakukan gelar perkara sesuai dengan standar operasional prosedur," tukasnya.

Sebelum menyerahkan aduan tertulis secara resmi ke Mapolres Bone, puluhan wartawan yang mengatasnamakan solidaritas jurnalis Kabupaten Bone menggelar orasi di Tugu Jam, Pusat Kota Watampone.

Dalam laporannya, sejumlah nama akun media sosial baik yang diketahui adminnya maupun tidak telah diadukan diantaranya, Lambeturahbone, boneterkini, info bone, bone info, bone sharing, info kejadian bone id dan beberapa akun medsos lain.

Koordinator Aksi, Anto Syambani Adam dalam orasinya mengatakan, pihaknya secara resmi melaporkan perbuatan pelaku.

"Dari tindakan yang dilakukan selain melanggar  UU ITE, dan pelagiat. Memang tidak dibenarkan mengcopy beritaku tanpa izin, apalagi tujuan komersial," terangnya.

Beberapa akun Medsos yang meresahkan ini diantaranya Lambe Turah Bone, Info Bone dan Bone Terkini, Akun Medsos tersebut diduga kerap kali mengcopy paste tanpa izin dan konfirmasi ke redaksi berita yang mereka ambil karya ciptanya kemudian mereka upload di medsosnya masing-masing.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi Pastikan Proses Hukum Admin Medsos Usai Resmi Terima Aduan Solidaritas Jurnalis Bone

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan