Iklan

Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024, KPU Bone Ajak Media Kontrol Pelaksanaan Tahapan

timurkota.com_official
Sabtu, Desember 02, 2023 | 2:09 PM WIB Last Updated 2023-12-02T07:09:12Z

Perwakilan Komunitas Wartawan di Kabupaten Bone bersama KPU dan Bawaslu Bone (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone melaksanakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 dengan menghadirkan perwakilan komunitas wartawan sebagai peserta. 

Kegiatan tersebut dipusatkan di salah satu hotel di Jl Ahmad Yani, Kota Watampone pada, Sabtu (02/12/23) Pukul 09.00 Wita. 

Selain sebagai peserta, KPU juga menghadirkan salah seorang jurnalis senior di Kabupaten Bone, Drs Bahtiar Parenrengi sebagai pemateri dalam kegiatan ini. 

"Bagaimana agar kita saling mengingatkan terkait dengan fungsi dan tugas jurnalis sesungguhanya. Tentunya juga, semua yang hadir di sini memahami fungsi itu," tukas, Bahtiar.

Kontributor Metro TV itu menerangkan, bahwa pemilu 2024 merupakan momen berbagi kasih sayang karena bertepatan dengan hari kasih sayang. 

"Kita tentu ingin Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan apa diharapkan. Caleg yang kita dukung, dan Pasangan Capres dan Cawapres yang didukung bisa terpilih, tapi paling penting tak ada saling menyakiti," tambahnya. 

Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Abd. Asis mengatakan, keberadaan media sangat dibutuhkan dalam penyebaran informasi hingga ke pelosok desa.

"Kemudian kita percayakan kepada media mengontrol kegiatan ke bawah. Termasuk peserta dan penyelenggara, jangan sampai ada yang melenceng dari aturan perundang-undangan," terangnya.

Komisioner KPU bagian tekhnis Zainal., S. Sos., M. Si dalam pemaparannya mengatakan, bahwa sinergitas dengan media selalu menjadi salah satu hal terpenting khususnya dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

"Kami berlima di komisioner KPU Bone selalu membuka diri dengan rekan-rekan media. Namun dalam pelaksanaan tahapan, ada tiga ketegori informasi yang selalu kita jalankan, yakni Informasi Wajib di Publis, ada juga memang juga bersifat internal dan tidak bisa dibuka ke publik, ada juga informasi tetap boleh dibuka ke publik akan tetapi menunggu tahapannya," ungkap, Zainal.

Zainal yang juga berlatar belakang sebagai jurnalis menambahkan, sepanjang informasi atau data itu boleh ungkap ke publik maka KPU akan selalu menyajikan datanya ke awak media sebagai mitra.

Komisioner KPU bagian hukum dan pengawasan, Rusnaedi., S.Pd., M. Si, menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan menjaga kemitraan dengan media. 

"Tentu ke depan kita akan selalu berkoordinasi dengan teman-teman media. Terlebih bagian kami hukum ataupun sengketa dan pelanggaran nantinya. Namun kami juga berharap semua berjalan seperti apa kita harapkan bersama,"tukasnya. 

Selain KPU Bone hadir pula Mitra strategis dari Komisioner Bawaslu Rozali Putra Badaruddin.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024, KPU Bone Ajak Media Kontrol Pelaksanaan Tahapan

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan