Iklan

Warga Dikagetkan Pohon Keluarkan Api di Kawasan Perkuburan Macanang, Tim Emergency Center Turun Tangan

tim redaksi timurkotacom
Sabtu, September 23, 2023 | 7:29 AM WIB Last Updated 2023-09-23T00:48:51Z

Warga dikagetkan dengan pohon yang mengeluarkan api di kawasan Perkuburan Macanang, Kabupaten Bone, (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Warga yang berdomisili di kawasan Pemakaman Islam Macanang, Jalan MT Haryono, Kota Watampone dikagetkan dengan adanya pohon yang tiba-tiba mengeluarkan api pada Jumat (22/09/23) Pukul 20.24 Wita. 

Menurut keterangan saksi mata, api tiba-tiba menyala dan membesar pada salah satu pohon berada di lokasi. Sejumlah warga kemudian panik lantaran takut api menjalar ke rumah mereka. 

"Awalnya ada anak-anak yang melihat api menyala. Setelah kami cek, ada potensi kebakaran lebih besar. Kami langsung hubungi pemerintah setempat untuk melaporkan ke Emergency Center," ungkap salah seorang warga Muh Munir (47) kepada timurkota.com. 

Muh Munir menilai api tersebut belum diketahui sumbernya. Ia menyebut pada malam hari tak ada aktivitas di lokasi. 

"Tidak ada aktivitas, kalau anak-anak kecil tidak mungkin juga berani masuk ke dalam kuburan. Padahal ini yang terbakar pohon," lanjut dia. 

Api baru dapat dijinakkan setelah tim dari Emergency Center tiba dilokasi kemudian langsung melakukan penyemprotan. 

Danton Tiga Emergency Centre, Darwanis  mengatakan, hingga saat ini penyebab kebakaran pohon di kawasan Perkuburan Macanang masih dalam proses penyelidikan. 

"Warga yang berada di lolasi juga tidak ada yang mengetahui penyebab kebakaran. Jadi sekarang status masih dalam penyelidikan," ungkapnya. 

Ia melanjutkan, dalam melakukan operasi pemadaman pihaknya menerjunkan satu mobil armada ke lokasi. 

"Setelah ada laporan, kami ke lokasi dengan membawa satu mobil armada. Api baru dapat dipadamkan setelah dilakukan penyemprotan di lokasi," tuturnya. 

Ia mengimbau kepada seluruh warga untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah musim kemarau dan dampak iklim el nino dimana meningkatnya suhu di atas permukaan sehingga sangat cepat mengeringkan sendi-sendi material dan mudah terbakar. 

"Diharap kepada masyarakat jangan membakar sampah tanpa pengawasan, apalagi membersihkan lahan dengan cara membakar. Semoga Bone selalu dijauhkan dari musibah kebakaran," harapnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Dikagetkan Pohon Keluarkan Api di Kawasan Perkuburan Macanang, Tim Emergency Center Turun Tangan

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }