Iklan

Arab Saudi Ambil Peran Penting, Undang 40 Negara Demi Perdamaian Dunia, Kecuali Rusia...

herman kurniawan~timurkotacom
Minggu, Agustus 06, 2023 | 5:14 AM WIB Last Updated 2023-08-05T22:14:27Z

Arab Saudi ambil peran penting dalam mengusung perdamaian

TIMURKOTA.COM, ARAB SAUDI- Sebagai upaya strategis untuk mengakhir perang di Ukraina. Arab Saudi mengundang 40 negara untuk melakukan diskusi dan membahas upaya mengakhiri serangkaian serangan Rusia ke Ukraina. 

Sejumlah negara yang belakangan ini mendukung upaya perdamaian akan turut andil dalam pertemuan tersebut. 

Bahkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan, perang yang terjadi bukan hanya berdampak pada negaranya. 

Hampir semua negara mengalami problem dalam bidang ekonomi. Ada beberapa mengalami lonjakan harga yang tak terkendalikan. 

"sangat penting karena pada isu-isu seperti ketahanan pangan, nasib jutaan orang di Afrika, Asia," ungkap Zelenskyy, dikutip Al Jazeera, Sabtu (5/8/2023).

Ia pun menyuarakan agar negara-negara didunia ikut menyuarakan dan bergerak bersama menghentikan perang tersebut.

"Di belahan dunia lainnya secara langsung bergantung pada seberapa cepat dunia bergerak untuk mengimplementasikan formula perdamaian tersebut," tukasnya.

Lonjakan harga pangan merupakan dampak dari kebijakan Rusia yang tak lagi berpartisipasi dalam kesepakatan pangan yang ditengahi PBB. 

Kesepakatan itu memungkinkan pengiriman produk Ukraina melalui Laut Hitam ke negara yang berjuang melawan kelaparan.

Zelenskyy berharap pertemuan yang diinisiasi oleh Arab bisa mengarah pada kesepakatan para pemimpin dunia pada musim gugur ini untuk mendukung prinsip-prinsip tersebut, yang dia yakini harus didasarkan pada formula perdamaian 10 poin Kyiv yang dibuat pada KTT G20 lalu.

Formula itu mencakup penghormatan terhadap integritas teritorial Ukraina dan penarikan pasukan Rusia dari wilayah yang diklaim Moskow telah dicaplok.

Adapun, forum yang mengecualikan Rusia itu dikatakan akan diawasi oleh Kremlin atau pusat kekuasaan Rusia.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan Rusia perlu memahami tujuan apa yang ditetapkan dan apa yang akan dibahas.

"Setiap upaya untuk mempromosikan penyelesaian damai layak mendapat evaluasi positif," katanya.

Di sisi lain, KTT itu dianggap penting bagi Ukraina karena memberikan kesempatan untuk menjangkau negara-negara yang tetap netral, termasuk India dan Brasil. Bahkan pertemuan itu dihadiri oleh 'sekutu' Rusia yakni negara China.

China klaim negaranya netral dalam konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Namun klaim itu tidak sesuai dengan tindakan China.

Wang Wenbin, juru bicara kementerian China, mengatakan bahwa China bersedia bekerja dengan komunitas internasional untuk terus memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan solusi politik untuk krisis di Ukraina.

Dengan begitu, pertemuan yang berlangsung hari ini, Sabtu (5/8/2023) di Arab yang melibatkan 40 negara menggarisbawahi jasa baik Riyadh untuk berkontribusi mencapai solusi perdamaian abadi.

"Kesiapan Riyadh untuk menggunakan jasa baiknya untuk berkontribusi mencapai solusi yang akan menghasilkan perdamaian permanen," kata pejabat Saudi Press Agency

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Arab Saudi Ambil Peran Penting, Undang 40 Negara Demi Perdamaian Dunia, Kecuali Rusia...

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }