Iklan

PSM Makassar Kehilangan 4 Pemain Inti Saat Lawan Bhayangkara FC

herman kurniawan~timurkotacom
Jumat, Juli 28, 2023 | 1:11 PM WIB Last Updated 2023-07-28T06:11:28Z

Dua pemain PSM Makassar menjalani latihan rutin jelang memasuki pekan ke-5 Liga 1 musim ini (Foto: Dok. PSM Makassar)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pasukan Ramang dipastikan akan ditinggal sedikitnya 4 pemain inti saat berhadapan dengan Bhayangkara FC. 

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares  mesti menyiapkan pemain pengganti yang sepadan dalam laga nanti. 

Pasalnya, Bhayangkara FC akan memaksimalkan peluang bermain di kandang untuk merebut poin penuh. 

Apalagi The Guardian hingga saat ini belum meraih poin. Sebanyak 4 pertandingan dilalui semua berakhir dengan kekalahan.

PSM Makassar bisa dikata dalam kondisi pincang saat berhadapan dengan Bhayangkara FC pada pekan ke-5 BRI Liga 1 musim ini. 

PSM Makassar akan bertindak sebagai tim tamu saat berhadapan dengan Bhayangkara FC, Minggu (29/07/23) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Dalam laga ini PSM Makassar dipastikan tak akan diperkuat sejumlah pemain pilarnya. 

Erwin Gutawa masih menjalani skorsing dari Komdis PSSI. Pemain kelahiran Kabupaten Bone itu baru akan diturunkan pada saat PSM Makassar melawan Persik Kediri pekan depan. 

Selain itu pemain lain yang dipastikan yakni gelandang Timnas Indonesia SEA Games lalu. 

Ananda Raehan Alief, ia baru saja lolos sebagai bintara Polri dan harus menjalani pendidikan selama 5 bulan ke depan. 

Adil Nur Bangsawan masuk sebagai kandidat kuat menggantikan posisi Ananda Raehan Alif usai dipastikan absen membela PSM Makassar hingga akhir putaran pertama. 

Adil disebut bertipe hampir sama dengan Ananda Raehan Alief yakni Box to box. Dalam beberapa laga terakhir Adil selalu tampil meski memulai laga dari bangku cadangan. 

Meski ada pemain senior Rizky Pellu dan Rasyid Bakri, namun Adil dinilai punya potensi khususnya dari pemain muda. 

Pellu dan Rasyid Bakri lebih dominan dalam bertahan ketimbang menyerang. Keduanya memiliki peran sama dengan Akbar Tanjung.

Sebelum bergabung dengan PSM Makassar U-20. Adil tercatat sebagai pemain Akademi OS Barito Putera U-16.  

Ia mendapat pemanggilan ke tim PSM Makassar usai terpantau Bernado Tavares yang mengunjungi tempat latihan tim PSM Makassar U-20. 

Adil diketahui pernah dipanggil mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-16 yang digelar pada 18 hingga 30 Juni 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat. 

Kala itu diproyeksikan untuk mengikuti Piala AFF U-15 Championship 2019 dan Kualifikasi AFC U-16 Championship 2020.

 Manajemen PSM Makassar langsung tancap gas setelah menjalani pertandingan pekan ke-12, sekaligus memastikan BRI Liga 1 2022 dilanjutkan.  

Sebelumnya, pihak manajemen mengabulkan permintaan pelatih yang ingin menambah amunisi baru untuk mengarungi sisa pertandingan di putaran pertama dengan sistem bubble. 

Pelatih PSM Makassar, Barnardo Tavares mengatakan, dengan didaftarkannya tiga pemain tersebut menjadi bukti bahwa PSM Makassar saat ini tengah membangun kekuatan dari pemain muda. 

"Sebagai tim profesional, kami tak pernah menutup ruang mendatangkan pemain. Siapapun pemai muda punya potensi akan saya maksimalkan untuk memperkuat PSM Makassar," kata pelatih asal Portugal ini. 

Bernardo melanjutkan, ketika pemain yang dipantau mampu memenuhi kebutuhan tim. Maka pihaknya akan memberi kesempatan kepada pemain untuk tampil dalam pertandingan resmi. 

"Buat semua pemain muda, tentunya dari pulau mana saja. PSM Makassar memberi ruang kepada kalian untuk berkarir. Dengan tentunya memenuhi syarat serta pekerja keras," lanjutnya. 

Pernyataan Bernardo Tavares dibuktikan dengan mendaftarkan tiga tambahan pemain baru untuk mengarungi BRI Liga 1 2022. 

Tiga pemain yang telah didaftarkan, bahkan namanya sudah tercatat di situs resmi PT LIB. Penggawa baru yang dimaksud, adalah Adil Nur Bangsawan, Sultan Zaky dan terakhir striker muda Mulfi Hidayat. 

Media Officer PSM Makassar, Sulaiman  Abd Karim mengatakan, tiga pemain tersebut telah terdaftar sebagai PSM Makassar dan sudah bisa dimainkan. 

"Untuk alasan didaftarnya karena memang kuota masih ada," tegasnya.

Selain itu pemain lain yang absen, Sultan Zaky yang dilepas ke timnas U-17. Absennya Sultan dapat diantisipasi Bernardo Tavares pasalnya pemain tersebut selama ini belum pernah jadi starter di PSM Makassar. 

Kemudian Adilson da Silva. Ia hampir pasti absen lantaran mengalami cedera serius saat melawan Bhayangkara FC. 

Dua pemain muda dianggap layak menggantikan posisi Adilson da Silva sejak menit awal laga nanti. 

Dua pemain tersebut masing-masing, Andy Harjito. Striker yang didatangkan dari Borneo FC dengan status pinjaman itu telah membuktikan diri dengan mencetak gol pekan lalu. 

Andy berpeluang dimainkan sejak menit awal dengan alasan dirinya punya kecepatan dalam menyusun serangan cepat. 

Pemain lain yang juga punya peluang dimainkan Bernardo Tavares yakni Ricky Pratama. Ia merupakan jebolan garuda select dan musim lalu telah banyak mendapatkan menit bermain. 

Sama dengan Andy Harjito. Ricky Pratama merupakan tipe striker cepat dan agresif. 

Ia akan sangat berbahaya jika mendapat umpan daerah dari Wiljan Pluim di lini tengah. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PSM Makassar Kehilangan 4 Pemain Inti Saat Lawan Bhayangkara FC

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }