Iklan

Tiba di Makassar, Ananda Raehan Disambut Dengan Spanduk Gubernur Sulsel: Selamat Datang Duta Olahraga

timurkota.com_official
Sabtu, Mei 20, 2023 | 11:22 AM WIB Last Updated 2023-05-20T04:22:53Z

Wiwink-Bola, Sabtu 20 Mei 04:40 WIB

Penyambutan Ananda Raehan Alief 


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Bintang muda timnas Indonesia, Ananda Raehan Alief telah tiba di Kota Makassar usai mengantarkan Tim Sepakbola Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 2023. 

Jangan Lewatkan: Klub Pesaing Dibuat Ketar-ketir, PSM Rasmi Daratkan Pemain Asing Termahal di Makassar


Jangan Lewatkan: PSM Makassar Resmi Datangkan Lima Pemain Berlabel Timnas Musim Depan

Sesampai di Bandara Sultan Hasanuddin Kota Makassar, Ananda disambut dengan spanduk bergambar Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kemudian bertuliskan 'Selamat Datang Duta Olahraga' 

Dalam foto tersebut tak ada Gubernus Sulsel. Ia diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga, H Suherman bersama dengan beberapa penggemar PSM Makassar. 

Indonesia harus menunggu selama 32 tahun untuk meraih medali emas sea games dari cabang sepak bola. 

Akhirnya penantian panjang itu terwujud juga Selasa malam (16/5) setelah tim Garuda U22 berhasil mengkandaskan perlawanan Thailand. 

Terakhir kali, Indonesia merebut medali emas sepak bola sea games tahun 1991 lalu. Ketika itu Skuat Indonesia memang diisi nama-nama mentereng seperti Robby Darwis, Peri Sandria, Widodo C Putro hingga Rochy Putiray.

Setelah masa emas Indonesia saat itu, medali emas begitu sulit diraih. Beruntung dalam sea games kali ini Indonesia memiliki skuat tangguh seperti Ramadhan Sananta, Rizky Ridho serta Irfan Jauhari.

Melalui perjuangan berat dan berbagai drama, akhirnya Selasa malam Indonesia berhasil menekuk Thailand dengan skor 5-2 di babak final. 

Sebelum kembali ke Makassar, Ananda Raehan dan kawan-kawan diarak dimulai dari halaman Kemenpora dilanjutkan ke Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5). 

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan saat arak-arakan yang dipimpin oleh Menpora Dito Ariotedjo itu menggunakan bus tingkat atap terbuka milik Transjakarta, sedang atlet cabang olahraga lain menggunakan Bandros. 

"Ada 14 cabang olahraga yang ikut arak-arakan ini," kata Menpora Dito Ariotedjo saat melepas arak-arakan yang diikuti ribuan masyarakat itu. 

Dia menegaskan akan terus mendukung seluruh elemen atlet dan pelatih untuk terus berkontribusi. "Kita sambut kalian dengan bangga dan mari kita keliling sedikit di Jakarta buat menyapa masyarakat, setuju? Salam olahraga!" katanya. 

Pantauan di lapangan, persiapan arak-arakan sempat membuat macet jalan di depan kantor Kemenpora. Namun, kondisi tersebut tidak menyurutkan masyarakat menyambut pahlawan olahraga itu. 

Saat di halaman Kemenpora, para pahlawan olahraga ini juga disambut dengan beberapa hiburan. Ratusan siswa juga hadir memberikan sambutan di sepanjang jalan. Benar-benar meriah.

Khusus untuk sepak bola, sejumlah pemain seperti Bagas Kaffa berada di atap bus dengan membawa bendera Merah Putih, begitu juga Beckham Putra yang berkaca mata hitam berjoget ria di atap bus tingkat bikinan karoseri Adiputro itu. 

Atlet renang seperti Siman Sudartawa yang sukses merebut emas juga ikut dalam arak-arakan tersebut. Begitu juga dengan tim bola basket putri yang mencetak sejarah merebut emas untuk pertama kalinya juga itu merasakan sensasi diarak.

Sementara di Gelora Bung Karno sebuah panggung besar di siapkan untuk pahlawan olahraga itu. Live musik terus menggema di stadion terbesar di Tanah Air itu.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa euforia keberhasilan Timnas sepak bola U-22 memenangi medali emas SEA Games 2023 telah selesai, dan kini PSSI kembali fokus untuk mempersiapkan tim nasional yang akan mengikuti ajang-ajang berikutnya. 

"Ya saya kira euforia sudah selesai. Jadi benar-benar kita harus mulai persiapan lagi kepada tim nasional baik jangka pendek, menengah, dan panjang," kata Erick saat ditemui setelah mengikuti parade juara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat siang.

Menteri BUMN ini juga menyatakan bahwa kesuksesan timnas U-22 mengakhiri puasa medali emas selama 32 tahun dari cabang sepak bola, membuat para anggota tim yang masih berusia muda akan menjadi tulang punggung timnas pada masa yang akan datang. 

Kompetisi terdekat yang akan diikuti timnas adalah Piala Asia 2023 yang dimainkan pada awal tahun depan dan kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober dan November. PSSI sendiri akan melakukan pemusatan latihan untuk Piala Asia selama tiga pekan mulai 20 Desember mendatang.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tiba di Makassar, Ananda Raehan Disambut Dengan Spanduk Gubernur Sulsel: Selamat Datang Duta Olahraga

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan