Iklan

Diserang Kelompok Separatis Teroris Puncak Papua, Anggota TNI Asal Lapri Bone Gugur Tertembak di Bagian Dada

timurkota.com_official
Jumat, Maret 03, 2023 | 7:32 PM WIB Last Updated 2023-03-03T12:33:44Z

Wiwink-Hukum, Jumat 3 Maret 04:40 WIB

Praka Junardi yang gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Separatis Teroris Puncak Papua, Jumat (03/03/23)


TIMURKOTA.COM, PAPUA- TNI kembali berduka, salah seorang personel terbaiknya, Praka Junardi yang merupakan warga Desa Patangkai, Kecamatan Lappariaja gugur setelah terjadi kontak senjata dengan Kelompok Separatis Teroris Puncak Papua pimpinan Kalenak Murib.

Dalam liris tertulis yang diterima timurkota.com, sebelum gugur. Praka Junardi yang tergabung dalam Satgas Kodim Yonif R 303/SSM melakukan penyisiran di Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak dan Kampung Nigilome, Distrik Mage'abume, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Selain Praka Junardi seorang penduduk setempat bernama, Terina Murib (25) juga meninggal dunia akibat tertemnak anak buah dari Kalenak Murib.


Kronologi kejadian bermula saat Kamis 2 Maret 2023 pukul 22.00 WIT,  Aparat Keamanan TNI dipimpin oleh Waasops Kasdam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Arif Situmeang melaksanakan briefing guna persiapan pelaksanaan kegiatan patroli keamanan diwilayah Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak, Kabupaten Puncak yang dicurigai terdapat honai milik Kalenak Murib.

Selanjutnya, terpantau satu orang yang diindikasi merupakan anggota dari Kelompok Kalenak Murib dengan membawa satu pucuk senjata laras panjang jenis AK-47 keluar dari salah satu Honai mengetahui keberadaan dari posisi Tim Patroli Keamanan, selanjutnya mengeluarkan tembakan.

Kemudian, pada saat Tim Patroli Keamanan mengeluarkan tembakan ganggu gusar terpantau empat orang laki-laki melarikan diri menuju belakang honai dengan membawa 2 pucuk senjata laras panjang jenis AK-47 dan Mouser sambil melakukan tembakan balasan kepada Tim Patroli Keamanan.

Akibatnya,  terjadi kontak tembak, selanjutnya empat orang tersebut terpantau melarikan diri menuju aliran sungai Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak.

Pada Jumat 3 Maret Pukul  07.30 WIT, Tim Patroli Keamanan melaksanakan penyisiran dan pembersihan di seputaran Kampung Pamebut, Distrik Yugumuak namun tidak memperoleh haljol dari sasaran yang melarikan diri.

Selanjutnya Tim menemukan adanya korban Terina Murib yang mengalami luka tembak pada bagian dada sebelah kanan bawah ketiak dan dinyatakan meninggal dunia.

Personel Satgas Kodim Yonif R 303/SSM kemudian mengevakuasi Jenazah Terina Murib menuju Puskesmas Sinak, pada saat tim evakuasi sampai di Kampung Nigilome.

Secara tiba-tiba dihadang oleh Kelompok Kalenak Murib dan mendapat aksi gangguan tembakan ke arah Tim Evakuasi yang mengakibatkan Praka Junardi mengalami luka tembak pada bagian dada kanan bagian atas tembus punggung, selanjutnya tim evakuasi membalas tembakan ke arah gangguan tembakan sehingga kembali terjadi kontak tembak.

Tim evakuasi yang membawa Praka Junardi tiba di Puskesmas Sinak, Kampung Gigobak, Kabupaten Puncak, selanjutnya dilaksanakan penanganan lebih lanjut oleh Tim Medis Satgas Kodim Yonif R 303/SSM dan Puskesmas Sinak dan dinyatakan meninggal dunia.

Meninggalnya, Praka Junardi dibenarkan kerabat dekatnya Muhlis. Menurutnya mayat korban sementara dalam perjalanan untuk dikebumikan di kampung halamannya.

"Menurut info sudah di perjalanan. Almarhum ini baik sekali, dan menjadi panutan bagi keluarga," ungkapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diserang Kelompok Separatis Teroris Puncak Papua, Anggota TNI Asal Lapri Bone Gugur Tertembak di Bagian Dada

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan