Iklan

Persaingan Juara Makin Berat: Pelatih Persija Jakarta Pilih Tiru Cara Bernardo Tavares Hadapi Laga Berat di PSM Makassar

timurkota.com_official
Minggu, Februari 26, 2023 | 10:51 AM WIB Last Updated 2023-02-26T04:03:45Z

Wiwink-Bola, Minggu 26 Februari 04:40 WIB

Thomas Doll


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mencoba menerapkan cara yang sama dengan Bernardo Tavares di PSM Makassar.


Thomas Doll meminta kepada pemainnya untuk tidak berfokus pada gelar juara. Ia meminta agar pemain fokus pada pertandingan terdekat. 

Cara ini telah lama diterapkan PSM Makassar sepanjang BRI Liga 1 musim ini. Bernardo Tavares bahkan meminta agar manajemen dan suporter tak menarget Pasukan Ramang gelar juara.

"Kami selalu mempersiapkan tim untuk menghadapi pertandingan terdekat. Terkait dengan target tentu kami tak mau pemain dibebani target juara, sekarang kami telah melampaui target. Dan pemain saya minta tampil santai di sisa pertandingan," ungkap Bernardo Tavares.

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengomentari peluang timnya menjuarai Liga 1 2022-2023 menjelang laga melawan Madura United.

Selanjutnya pada pekan ke-27, Persija akan melakoni laga tandang ke markas Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Minggu (26/2/2023).

Hasil laga tersebut sangat krusial bagi Persija, mengingat mereka bersaing di papan atas klasemen untuk memperebutkan gelar juara bersama PSM dan Persib.

Saat ini, Macan Kemayoran berada di urutan tiga besar dengan perolehan 50 poin dari 25 laga.

Mereka berjarak dua poin dari Persib di posisi kedua (52 poin dari 25 laga) dan enam poin dari PSM Makassar di puncak klasemen (56 poin dari 26 laga).

Melihat peluang juara dari kondisi tersebut, Thomas Doll tak ingin sesumbar banyak hal lebih dulu.

Ia merasa gelar juara merupakan sebuah gambaran besar yang berada di luar kendalinya.

Hal itu tak lepas dari gelar juara dipengaruhi oleh hasil pertandingan tim lainnya, terutama PSM Makassar dan Persib Bandung.

Namun, bukan berarti Thomas Doll menyerah dalam perburuan gelar juara.

Juru taktik asal Jerman itu menegaskan bahwa ia lebih memilih untuk fokus menghadapi laga demi laga yang dilakoni Persija.

Dengan fokus menghadapi laga demi laga untuk meraih kemenangan, gelar juara akan semakin terbuka lebar dengan sendirinya.

"Sekarang kami menghormati semua lawan," kata Thomas Doll dikutip BolaSport.com dari laman resmi Persija.

"(Kami) tidak akan berbicara mengenai memenangkan liga musim ini."

"Karena itu semua di luar kendali saya," ujarnya.

Adapun terkait pertandingan tandang ke markas Madura United, Doll mengatakan bahwa ini merupakan laga yang menantang.

Pasalnya, timnya harus melakukan perjalanan panjang ke Pamekasan.

"Untuk laga berikutnya kami akan melawan Madura United, di mana kami harus menempuh waktu satu setengah jam dengan pesawat dan tiga jam dengan bus."

"Sekarang kami fokus melawan Madura United," ucap Thomas Doll.

"Bukan memikirkan apakah kami bisa memenangkan liga musim ini tanpa pemain tertentu," ujarnya mengulangi pernyataan terkait memenangi Liga 1 2022-2023.

Di sisi lain, Madura United justru belum menemukan konsistensi seperti putaran pertama musim ini.

Madura United membuka laga pertama di Liga 1 2022-2023 dengan kemenangan pesta gol atas Barito Putera dengan skor 8-0 (23/7/2022).

Hingga mereka meraih 10 kemenangan, 3 imbang, dan 4 kekalahan yang membawanya bertengger di posisi ketiga klasemen pada putaran pertama musim ini.

Namun pada putaran kedua di awal 2023 ini, tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu telah menderita 5 kekalahan, dan hanya meraih dua kemenangan serta dua imbang.

Adapun dalam dua laga terakhir, Beto Goncalves dkk gagal meraih kemenangan.

Mereka imbang 1-1 melawan Persita (15/2/2023) dan dicukur Bhayangkara FC dengan skor 0-4 (20/2/2023).

Hal itu membuat Madura United saat ini menduduki peringkat enam klasemen Liga 1 dengan nilai 41 dari 26 pertandingan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persaingan Juara Makin Berat: Pelatih Persija Jakarta Pilih Tiru Cara Bernardo Tavares Hadapi Laga Berat di PSM Makassar

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan