Iklan

Gelar Seminar yang Dihadiri Ketua STIA Prima Bone, Mahasiswa KKLP di Desa Walimpong Programkan Pengembangan UMKM

timurkota.com_official
Kamis, Februari 23, 2023 | 12:45 PM WIB Last Updated 2023-02-23T05:45:43Z

Wiwink-Pendidikan, Kamis 23 Februari 04:40 WIB

Ketua STIA Prima Bone didampingi dosen pembimbing bersama dengan mahasiswa KKLP Desa Walimpong



TIMURKOTA.COM, BENGO- Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Prima Bone kelompok satu melaksanakan seminar Program Kerja di Desa Walimpong, Kecamatan Bengo, Rabu (22/02/23).


Seminar Program kerja dimulai dengan pemaparan program kerja yang dipimpin, Koordinator Desa Walimpong, Ridwan H. Dalam pemaparannya, terdapat beberapa program kerja telah mereka usung berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan.

Salah satu program yang mendapat apresiasi dari pemerintah desa yakni pengembangan UMKM di desa. Program non fisik ini dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa.

Ketua panitia pelaksana KKLP STIA Prima Bone Angkatan XXII, Dr. Syarifuddin yusmar, M.Ag menyampaikan bahwa program KKLP hal wajib bagi mahasiswa sebelum dinyatakan lulus dan menyandang status sarjana.

"Ini merupakan hal wajib, olehnya itu kami berharap agar mahasiswa betul-betul melaksanakan pengabdian sebaik mungkin, dan semua program kerja dapat dilaksanakan dengan tuntas," terangnya.

Kepala Desa Walimpong, Akbar mengatakan, pihaknya telah memiliki bahan yang punya potensi dipasarkan. Namun selama ini masih ada beberapa kendala. 

"Sehingga dengan adanya adik-adik mahasiswa kami berharap UMKM ini dapat digerakkan dengan maksimal. Karena bahan kami ada yakni gula semut dan gula aren," tuturnya.

Dua gula tersebut menurut, Akbar punya keunggula dan sulit ditemukan dengan kualiatas sama di kecamatan lain. 

"Sehingga dalam memasarkan memang punya potensi besar. Kendala kami selama ini karena warga masih minim edukasi dan dorongan untuk menjalankan usaha," tutupnya.

Kemudian di akhir kegiatan, Prof. Dr. Dra. Hj A. Cahaya M.Si menyampaikan terimakasih kepada pemerintah dan seluruh warga Desa Walimpong atas keikhlasan mereka dalam membimbing mahasiswa.

"Olehnya itu, kami menyampaikan bahwa akan memprioritaskan anak-anak dari Kecamatan Bengo dan khusus untuk Walimpong jika ada yang ingin melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan bea siswa di STIA Prima Bone," ungkapnya.

Sekadar diketahui untuk tahun 2023 STIA Prima akan menyiapkan sedikitnya 200 kuoata Bea siswa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Seminar yang Dihadiri Ketua STIA Prima Bone, Mahasiswa KKLP di Desa Walimpong Programkan Pengembangan UMKM

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan