Iklan

EKJ UPT SMAN 1 Bone Dalami Materi Jurnalis Melalui Diklat

timurkota.com_official
Sabtu, Februari 18, 2023 | 5:13 PM WIB Last Updated 2023-02-18T10:13:30Z

Wiwink-Pendidikan, Sabtu 18 Februari 04:40 WIB

Kepala Studio SBB, Zainal S.Sos, M.Si saat memaparkan materi jurnalistik


TIMURKOTA.COM, BONE- Ekstra Kulikuler  Jurnalis (EKJ) UPT SMAN 1 Bone memperdalam materi jurnalistik dengan menggelar Diklat Jurnalis, Sabtu (18/02/23) 

Dalam diklat ini panitia pelaksana menghadirkan pemateri, Zainal S.Sos, M.Si yang merupakan Kepala Studio SBB.  Dalam pemaparannya, Zainal menjelaskan beberapa hal terkait dengan peran media.

Termasuk menjelaskan fungsi media yang memiliki peran penting diberbagai bidang termasuk perkembangan daerah di Kabupaten Bone.

"Fungsi media ada tiga, pertama sebagai pendidikan, kedua hiburan dan terakhir adalah kontrol sosial. Dari tiga fungsi yang harus dijalankan, menunjukkan bahwa seorang jurnalis harus memiliki kemampuan memahami banyak cabang ilmu," ungkapnya di hadapan puluhan peserta.


Ia melanjutkan, bahwa dasar-dasar jurnalis harus didalami sejak dini. Karena pada dasarnya jurnalis tidak lahir begitu saja, harus melalui tahapan.

"Meski pun tidak berprofesi sebagai jurnalis profesional. Namun memahami kerja-kerja jurnalis akan memudahkan kita dalam menatap masa depan. Artinya, ketika sudah memahami dasar-dasar jurnalis berarti mental sudah tidak diragukan lagi," ungkapnya.

Masih Zaenal melanjutkan, seorang jurnalis ketika melakukan wawancara dengan narasumber punya mental yang bagus, kemudian paling penting adalah selalu mensejajarkan dirinya dengan narasumber yang dihadapi.

"Kalau seorang jurnalis mewawancarai seorang pemimpin, misalnya bupati. Maka secara otomatis posisi dia sejajar dengan bupati, artinya orang yang diwawancarai adalah mitra kerja, bukan bawahan dan atasan," tutup akademisi muda ini.

Diklat ini akan berlangsung dua hari dengan menghadirkan beberapan narasumber dari Wartawan Senior di Kabupaten Bone. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • EKJ UPT SMAN 1 Bone Dalami Materi Jurnalis Melalui Diklat

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan