Iklan

72 Pengidap HIV Baru di Bone Terungkap dalam Dialog Rekan Indonesia

timurkota.com_official
Kamis, Desember 01, 2022 | 11:09 PM WIB Last Updated 2022-12-01T16:09:50Z

Wiwink-Daerah, Kamis 01 Desember 13:03 WIB

Zainal S.Sos, M.Si bersama dua narasumber dalam dialog Hadi AIDS Sedunia 2022

TIMURKOTA.COM, BONE- Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, drg Yusuf Tolo membeberkan sejumlah fakta terkait dengan perkembangan penularan HIV dalam dialog yang digelar Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia di Cafe Mr. BR, Jl dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Watampone, Kamis (01/12/22) malam.


Tampil sebagai narasumber, Yusuf bersama dengan Abidin perwakilan dari Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bone sepakat menyebut bahwa penularan HIV di Kabupaten Bone bagaikan penomena gunung es.

"Dari puluhan pengidap ditemukan bisa jadi itu adalah permukaan. Seperti gunung es, ada bongkahan besar yang bahkan bisa sampai ribuan namun tidak terdeteksi," ungkap Yusuf.

Diskusi yang dipandu Moderator, Zainal S. Sos, M.Si berlangsung menarik setelah  beberapa perwakilan peserta melayangkan pertanyaan kepada narasumber terkait dengan penularan HIV.

"Penularan virus HIV ini secara langsung melalui cairan dan pembuluh darah. Yang paling banyak terjadi penularan adalah dari hubungan tidak normal, seperti sesama jenis, dan seks bebas," lanjutnya.

drg Yusuf kemudian mengatakan, langkah yang perlu dilakukan adalah memberi edukasi kepada masyarakat terkait dengan bahaya HIV. Kemudian paling penting edukasi kepada penderita untuk berobat.

"Karena masih ada penderita di Bone sebenarnya tidak mau berobat. Ini masalah, karena HIV akan cepat berubah menjadi AIDS ketika tidak ditekan dengan  obat. Pada fase AIDS maka kekebalan tubuh akan habis, jadi semua penyakit bebas masuk ke dalam tubuh dan pada akhirnya akan menyebabkan kematian," tukasnya.

Sementara perwakilan dari Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bone, Abidin mengatakan, langkah yang dilakukan adalah edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat yang dianggap pekerjaannya bersentuhan langsung dengan pengidap HIV.

"Kami lakukan sosialisasi, termasuk ke para PSK. Namun kendala yang kami hadapi adalah minimnya kesadaran dari mereka. Terkadang telah disampikan berulang kali namun pengaruh menyimpan itu masih saja dilakukan," ungkapnya.

Dari 72 kasus baru di Kabupaten Bone sepanjang Januari-November 2022, 10 orang diantaranya perempuan, selebihnya adalah laki-laki. Kemudian angka kematian mencapai 12 orang.

Dialog dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2022 dibuka langsung oleh Ketua Rekan Indonesia, Zainal S.Sos, M.Si, kemudian dihadiri peserta dari Relawan Berani Donor Darah, mahasiswa, jurnalis dan juga beberapa akademisi dari Kampus STIA Prima Bone mengusung tema 'Akhiri Ketidaksetaraan, Akhiri AIDS, Akhiri Pandemi'.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 72 Pengidap HIV Baru di Bone Terungkap dalam Dialog Rekan Indonesia

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan