Iklan

7 Fakta Kemenangan PSM Makassar Atas PSIS Semarang, Nomor 5 Pembuktian Kenzo Lebih Baik dari Marukawa

timurkota.com_official
Selasa, Desember 20, 2022 | 3:53 AM WIB Last Updated 2022-12-19T21:04:09Z

Wiwink-Bola, Selasa 20 Desember 20:09 WIB 

Pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak Kenzo Nambu ke gawang PSIS Semarang (foto: instagram @psm_makassar)


TIMURKOTA.COM, YOGYAKARTA- Duel sengit baru saja tersaji dalam pertandingan PSM Makassar melawan PSIS Semarang di pekan ke-15 BRI Liga 1 2022.

Duel yang berakhir dengan kemenangan PSM Makassar 2-0 atas tim Mahesa Jenar berlangsung dengan ketat dan keras sepanjang pertandingan.

Banyaknya benturan di lapangan mengakibatkan beberapa pemain harus mengakhiri pertandingan lebih cepat lantaran mengalami cedara. Kendati diwarnai banyak benturan keras antar pemain. 

Laga ini tetap dianggap menarik, pasalnya kedua tim menerapkan permainan menyerang dengan mengandalkan kecepatan pemain.

Berikut timurkota.com merangkum 7 fakta menarik pertandingan antara PSM Makassar melawan PSIS Semarang:

1. Panggung Bagi Pemain Muda

Reza Arya Pratama (foto: instagram @rezaaryapratama30)

Laga ini layak disebut sebagai panggung bagi kalangan pemain muda. Kedua pelatih, baik Bernardo Tavares di kubu PSM Makassar maupun Ian Andrew Gillan sama-sama memainkan pemain mudanya.

Khusus PSM Makassar langsung menurunkan beberapa pemain akademi sejak menit awal. Dua diantaranya Muhammad Dzaky dan Reza Arya Pratama.

Keduanya tampil gemilang, Reza mampu menggagalkan beberapa peluang emas lawan. Sementara Dzaky beberapa kali merepotkan pertahanan PSIS Semarang melalui tusukan dari sektor sayap kanan.

2. Keputusan Wasit Menuai Sorotan 

Wiljan Pluim korban keputusan wasit (foto: instagram @psm_makassar)

Tanpa alasan yang jelas wasit, Dwi Susilo tiba-tiba mengeluarkan kartu kuning untuk, Wiljan Pluim saat PSM Makassar mengahadapi PSIS Semarang, Senin (19/12/22) Pukul 18.00 WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta itu diwarnai banyak keputusan wasit yang merugikan kedua tim. 

Salah satunya, adalah kartu kuning bagi Wiljan Pluim. Tak ada dalam tayangan ulang terkait dengan pelanggaran Pluim. Namun secara tiba-tiba ada penyampaian bahwa kapten tim itu diganjar kartu.

Dengan demikian, maka Pluim telah menerima dua kartu kuning. Pasalnya saat melawan, Madura United ia juga menerima kartu. Itu artinya, jika Pluim kembali menerima satu kartu kuning lagi dipastikan akan kembali absen satu pertandingan.

Berikut regulasi terkait dengan  larangan bertanding karena akumulasi kartu kuning terdapat di dalam Pasal 57 ayat 3.

Pemain yang memperoleh akumulasi empat kartu kuning dalam 4 laga berbedaselama berlangsungnya BRI Liga 1, tidak diperkenankan bermain 1 kali pertandingan pada laga berikutnya setelah akumulasi tercapai sesuai dengan Pasal 57 ayat 3.

Aturan larangan satu pertandingan juga berlaku untuk setiap akumulasi 3 kartu kuning berikutnya dalam 3 pertandingan yang berbeda selama berlangsungnya BRI Liga 1.

3. Pelatih PSIS Kritik Wasit

Pelatih PSIS Semarang, Ian Andrew Gillian (foto: instagram @psis_official

Usai pertandingan Ian Andrew Gillian menyoroti kinerja wasit atas terjadinya beberapa insiden pelanggaran yang dianggap merugikan timnya.

Ia juga menilai Pemain PSM Makassar berupaya mengulur-ulur waktu setelah unggul pada babak kedua. Ia juga menilai dari segi permainan timnya unggul atas lawan.

"Pertandingan yang sangat berat, ditambah dengan pelanggaran keras yang luput dari wasit. Anda sendiri melihat tadi pemain lawan banyak mengulur-ulur waktu setelah unggul," ungkap usai pertandingan. 

4. Kembalinya Dzaky Jadi Berkah 

Muhammad Dzaky pemain muda PSM Makassar berupaya melewati hadangan bek lawan (foto: instagram @psm_makassar)

PSM Makassar mendapat tambahan pemain cepat pada posisi sayap kanan. Muhammad Dzaky yang sebelumnya bergabung dengan timnas telah kembali.

Ia tak terpilih masuk dalam 23 pemain yang akan dibawa ke Piala AFF 2022. Dzaky bahkan kemungkinan besar akan dimainkan sejak menit awal mengganti Rizky Eka Pratama.

"Dzaky telah kembali dan sudah ikut dalam latihan. Kalau soal dimainkan atau tidak silahkan tanyakan ke pelatih," ungkap Media Officer PSM Makassar, Sulaeman Abd Karim

Dalam laga PSM Makassar melawan PSIS Semarang, Dzaky tampil gemilang dengan menciptakan beberapa peluang melalui pergerakan di sektor sayap

5. Pembuktian Kenzo Nambu Lebih Baik dari Marukawa

Kenzo Nambu merayaka gol yang dicetak di gawang PSIS Semarang (foto: instagram @liga1match)

Pertandingan ini seakan menjadi pembuktian bahwa winger asal Jepang, Kenzo Nambu lebih baik dari rekan senegaranya, Taise Marukawa. 

Marukawa merupakan pemain pertama asal Jepang yang meledak dengan perimainan menawan ketika muncul di Indonesia. Kala itu, ia membela Persebaya Surabaya sebelum awal musim ini dia memilih hijrah ke PSIS Semarang.

Dalam pertandingan semalam, Marukawa tak dapat berkutik menghadapi pengawalan pemain-pemain muda PSM Makassar Ia bahkan tercatat hanya tiga kali melepaskan tembakan ke arah gawang, satu tepat sasaran namun ditepis Reza Arya Prataman, kemudian dua lainnya melenceng jauh dari sasaran.

Sementara, Kenzo Nambu tampil gemilang bagi timnya. Ia bahkan mencetak brace dalam laga ini. Menit ke-6 babak pertama, Kenzo mencetak gol melalui sontekan kaki menerima umpan dari hasil sepak pojok Yance Sayuri. 

Gol keduanya kemudian lahir pada menit ke-90, berawal dari umpang Everton dari sisi sayap kanan lawan. Bola sempat dikontrol Pluim lalu jatuh ke kaki Kenzo. 

Tanpa menunggu lama, Mantan Top Skor Liga Thailand ini melayangkan tembakan keras terukur yang gagal diantisipasi, Wahyu Tri Nugroho kiper PSIS Semarang. 

6. Pelatih PSM Makassar Rindukan Dukungan Suporter

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares (foto: instagram @psm_makassar)

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares mengatakan, kemenangan diraih timnya serasa ada yang kurang. Menurutnya, kehadiran suporter secara langsung sangat dirindukan tim.

Ia menilai kehadiran pendukung, akan menambah semangat pemain dalam bertanding.

"Serasa ada yang kurang, karena suporter kami tak hadir langsung. Kami sangat merindukan akan hal itu," tukasnya usai pertandingan.

7. Pasukan Ramang Kokoh di Puncak Klasemen Semantara

Foto klasemen sementara BRI Liga 1 2022 pekan ke-16

Kemenangan PSM Makassar atas PSIS Semarang membawa tim berjuluk Pasukan Ramang kokoh di puncak klasemen sementara dengan poin 33 dari hasil 15 kali pertandingan (minus laga tunda melawan Barito Putera).

Perolehan poin Kenzo Nambu dkk itu tak dapat disusul tim pesaing yang pada pekan ke-16 mengalami kekalahan. Pesain terdekat,Borneo FC mengoleksi poin 31 dari 16 pertandinga. Di posisi tiga disusul, Bali United dengan 30 poin. 

Kemudian Madura United di posisi empat dengan koleksi 29 poin. Madura menjadi ancaman bagi PSM Makassar pasalnya, mereka baru akan bertanding hari ini. Jika meraih kemenangan mereka akan menyamai perolehan poin PSM Makassar.

Simak di sini: Wiljan Pluim Kembali Terancam Sanksi Larangan Bermain Usai PSM Kalahkan PSIS

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 7 Fakta Kemenangan PSM Makassar Atas PSIS Semarang, Nomor 5 Pembuktian Kenzo Lebih Baik dari Marukawa

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan